Selasa

SelasaT22.06

5 JENIS INVESTASI PALING MENGUNTUNGKAN UNTUK MASA DEPAN

Investasi terbaik

Sebagai generasi milenial, aku ingin mencari usaha atau bisnis, tapi yang ga ribet, dan bisa saya kerjakan dari smartphone ini. Nah, setelah aku baca-baca, ada setidaknya 5 jenis investasi dengan profit yang menguntungkan untuk masa depan. Baca hingga akhir artikel, karena aku akan share dengan detail.

Kita semua tidak pernah tau, apakah kondisi keuangan kita semakin baik di masa depan, atau justru sebaliknya? Tak pernah ada yang tahu. Oleh karena itu, sebagai generasi milenial yang memandang kedepan, kita bisa mengelola investasi dengan menyisihkan uang yang kita punya, baik dari gaji, juga bisa dari jatah orang tua.

Namun, harus cerdas, pakai konsep 5:3:2, yang dominan untuk keperluan utama, trus jajan, dan terakhir untuk diinvestasikan. Apa saja investasi untuk pemuda yang rekomended?

INVESTASI DENGAN RETURN TERBAIK

1. DEPOSITO BERJANGKA

Investasi jenis ini seperti halnya kita menabung di bank, hanya saja memiliki jangka waktu tertentu untuk bisa diambil. Nah, keuntungan investasi ini, yakni resikonya rendah, dan bunga yang lebih besar daripada tabungan biasanya, namun sebaiknya kalian menyetorkan dalam jumlah yang besar, untuk hasil yang maksimal.

Untuk deposito berjangka, waktu yang dibutuhkan itu tergantung kesepakatan kalian dan bank, bisa 1 bulan, 2 bulan, dan seterusnya. Jika kalian tertarik untuk berinvestasi deposito berjangka, bisa langsung datang ke kantor bank terdekat, untuk menanyakan mekanisme pendaftaran, karena kebijakan setiap bank beda tentunya.

INVESTASI TERBAIK UNTUK PELAJAR 

2. VALAS / VALUTA ASING

Selanjutnya investasi valuta asing atau valas. Investasi ini menekankan kepada nilai mata uang asing untuk kemudian dibeli dan dijual ketika harga mata uang asing tersebut naik. Keuntungan investasi jenis ini, kita bisa meningkatkan profit dengan menyimpannya dalam kurs dollar misalnya, dan menjadi aset jika sewaktu-waktu nilai rupiah anjlok. Namun, tolong diingat, bahwa investasi jenis ini memiliki resikonya sendiri, karena naik atau turunnya kurs valuta asing itu berdasarkan atas banyak hal, bisa karena politik, sosial, ekonomi, dan lainnya.

Cara berinvestasinya sendiri, bisa melalui money exchanger atau bank. Aku rekomendasikan banget untuk investasi valuta asing di bank karena resmi dan terpercaya. Oh iya, karena investasi valas ini termasuk investasi yang fluktuatif, maka sebaiknya gunakan dana dingin (uang yang tidak terpakai), bukan dana tabungan, apalagi dana utama.

3. REKSADANA

Investasi reksadana sangat membantu generasi milenial seperti aku. Jadi, reksadana itu sendiri himpunan dana dari masyarakat yang dikelola oleh manajer investasi profesional. Sekarang juga kita dipermudah dengan adanya aplikasi reksadana seperti bibit dan ajaib, sehingga kita bisa memantau secara real time grafik pertumbuhan investasi di portofolio yang dipilih.

Untuk resikonya sendiri, beragam. Ada banyak jenis investasi reksadana yang ada saat ini, ada reksadana pasar uang, reksadana obligasi, reksadana saham, dan reksadana syariah. So, pilihlah yang sesuai dengan tujuan Investasi kalian.

4. SAHAM

Selanjutnya ada investasi saham. Dalam dunia bisnis, saham cukup diperhatikan karena merupakan investasi sekaligus sebagai passive income yang menguntungkan bagi pemiliknya. Saham sendiri adalah bukti kepemilikan kita terhadap suatu perseroan, atau sebuah perusahaan dan kita bisa mendapat keuntungan dari kenaikan harga saham tersebut.

Sama dengan beberapa investasi sebelumnya, investasi saham merupakan investasi yang paling menggiurkan untuk saya, namun harus memiliki pengetahuan yang luas, untuk masuk di dalamnya. Karena ada kemungkinan resiko capital loss (penurunan harga) dan likuidasi (bangkrut) namun tenang, jika kalian paham ilmunya, maka mampu melihat secara jeli peluang yang bagus. Untuk cara berinvestasi saham, kalian bisa mendaftar di perusahaan sekuritas

5. EMAS

Di Indonesia sendiri, investasi emas sangat diperhitungkan, karena selain resikonya rendah, juga harganya yang cenderung naik dari masa ke masa. Nah untuk investasi emas sendiri, bisa dengan emas secara fisik, maupun investasi emas secara digital (non-fisik) yang dikelola oleh berbagai macam aplikasi untuk investasi emas, seperti aplikasi pengadaian, e-mas, tamasia, dan lain sebagainya.

Begitulah ulasan 5 jenis investasi terbaik untuk passive income. Kesimpulannya, berbagai instrumen investasi, memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, hanya kita-lah yang cerdas untuk memilih peluang itu. Semoga dapat membantu teman-teman untuk mendapatkan return maksimal.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi