Rabu

RabuT08.41

Ketahui Bahaya Penyakit Diabetes dan Ciri-cirinya

Source: halodoc

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang sering dijumpai di Indonesia, penyakit ini ditandai dengan adanya kenaikan kadar gula (glukosa) dalam darah yang diakibatkan karena berkurangnya kerja pankreas dalam memproduksi insulin dalam tubuh. Glukosa merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai energy utama untuk sel manusia.

Pada penderita diabetes sel sel yang berfungsi untuk menyerap glukosa dalam darah tidak berfungsi secara optimal, yang mengakibatkan beberapa macam gangguan organ tubuh yang lain. Apabila tidak segera diatasi penderita diabetes akan mengalami komplikasi penyakit yang akan membahayakan tubuh penderita berikut dilengkapi ciri-ciri diabetes.

Jenis-jenis Diabetes

Pada penderita diabetes ada tipe yang dibedakan menurut karakternya: yang pertama diabetes tipe 1 atau biasa disebut Diabetes Melitus. diabetes ini merupakan penyakit yang menyerang sistem kekbalan tubuh yang mengakibatkan hancurnya sel-sel pankreas yang berfungsi insulin dalam tubuh. Akibatnya kadar glukosa dalam darah meningkat yang berlanjut dengan rusaknya organ-organ tubuh manusia.

Selanjutnya adalah diabetes tipe 2 atau diabetes insipidus. Diabetes tipe ini sering dijumpai pada penderita diabetes pada umumnya. Penyebab dari diabetes ini adalah sel-sel tubuh yang menurun cara kerjanya dalam pembuatan insulin. Pada kondisi ini insulin yang telah diproduksi tidak dapat dipergunakan dengan baik sebab rusaknya sel yang berimbas dari naiknya kadar gula dalam darah.

Gejala Awal Penyakit Diabetes  


Gejala yang dialami oleh penderita diabetes tipe 1 mempunyai ciri penyebaran penyakit sangat cepat daripada tipe 2 yang membutuhkan waktu lebih sedikit. Sedangkan diabetes tipe 2 waktu yang digunakan terkesan cukup lama jadi jarang orang yang menyadarinya, serta diabetes tipe 2 mempunyai gejala yang tidak spesifik adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah sebagai berikut:

Sering haus (Dehirasi)

Buang ari keciil secara tidak wajar, terlebih pada malam hari sebab hal ini terjadi gejala awal timbulnya penyakit diabetes 
Menurunnya berat badan, penurunan berat badan biasanya hal yang lumrah bagi sebagian orang akan tetapi akan nampak berbeda bagi penderita penyakit diabetes, seseorang yang mempunyai indikasi diabetes biasanya mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Hal disebabkan glukosa yang tidak dapat diserap oleh tubuh secara optimal 

Massa otot yang berkurang

Pandangan sering kabur, kadar glukosa dalam darah yang meningkat mengakibatkan cairan pada pembuluh darah yang mengalir ke mata terbatasi hal ini apabila dibiarkan akan menyebabkan lensa mata berubah bentuk dan yang paling parah yaitu kebuataan
Lamanya penyembuhan luka, hal ini adalah bentuk dari berkurangnya kekebalan tubuh dan sistem imun yang tidak normal, terlebih penderita mengalami luka terbuka akan mengalami lamanya penyembuhan luka akibat naiknya tekanan gula darah dalam tubuh.

Sering mengalami infeksi, pada penderita diabetes biasanya akan rentan terkena infeksi jamur. Terlebih wanita, biasanya terjadi pada bagian mulut dan vagina  
Sering mati rasa (kesemutan) hal ini diakibatkan gejala lanjutan yang dialami oleh penderita diabetes

Adapun gejala lain yang ditimbulkan pada penderita diabetes berikut ini:

Gatal-gatal
Mulut kering
Impotensi 
Terdapat bercak hitam pada daerah tertentu, misalnya leher, ketiak, sekitar kemaluan
Ada bebarapa orang yang menagalami fase pre-diabetes, dalam artian penderita mengalami kenaikan glukosa diatas normal, namun belum termasuk dalam kategori diabetes. Pada kondisi ini jika penderita tidak ditangani secara optimal maka kemungkinan besar penderita dapat masuk kategori diabetes tipe 2.

Faktor-faktor Penyebab Diabetes

 
Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi terserang penyakit diabetes ini antara lain:

Memiliki keluarga yang mempunyai riwayat diabetes tipe 1
Terkena infeksi virus
Beberapa orang yang mempunyai kulit putih lebih dominan terkena diabetes tipe 1 daripada orang yang mempunyai kulit sawo matang dan sebagainya.
Diabetes tipe 1 ini sering ditemui pada rentang usia 4-7 tahun dan 10-14 tahun
Berbeda dengan yang dialami penderita diabetes tipe 2, penderita diabetes tipe 2 akan mengalami kondisi berikut ini:
Berat badan yang berlebih
Memiliki keluarga yang mempunyai riwayat diabetes tipe 2 
Kurang aktif
Usia 
Penderita tekanan darah tinggi (hipertensi)
Memiliki kadar kolesterol yang tidak normal
Pada wanita, yang terkhusus ibu hamil akan lebih mudah terkena diabtes tipe dua jika ibu hamil tersebut menderita diabetes gestasional. Pada kasus lain wanita yang memiliki riwayat penyakit tertentu akan lebih mudah terkena diabetes tipe 2 .

Diagnosis Diabetes 

Adapun gejala diabetes pada tipe 1 mempunyai ciri yaitu mempunyai ciri yaitu muncul secara tiba-tiba. Berbeda dengan diabetes tipe 2 yang mempunyai gejala yang bertahap. Maka dari itu pengecekan secara berkala sangat disarankan bagi orang yang memiliki keluarga riwayat diabetes, hal ini akan meminimalisir munculnya penyakit diabetes pada tubuh. Adapun beberapa orang yang dianjurkan periksa antara lain:
Mempunyai umur di atas 45 tahun
Wanita hamil yang mengalami diabetes gestasional
Memiliki indeks massa tubuh di atas 25
Penderita yang divonis prediabetes
Komplikasi Diabetes 
Beberapa komplikasi yang akan menyerang akibat diabetes tipe 1 dan 2 adalah:

Gagal ginjal
Penyakit jantung
Stroke 
Gangguan penglihatan
Depresi 
Neuropati diabetik
Pencegahan Diabetes 
Setiap penyakit pasti dapat dicegah terjadinya, adapun beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah diabetes antara lain adalah:

Menerapkan budaya 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, juga konsumsi makanan yang alami dan bernutrisi, karena mampu menjadi antioksidan dan bisa mengurangi resiko berbagai penyakit, antara lain diabetes dan penyakit kanker otak

Mengatur berat badan agar ideal. 
Berolahraga
Menjalani pengecekan gula darah secara berkala 

Mungkin cukup sekian yang bisa ditulis dalam artikel ini, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi