Kamis

KamisT23.28

Cepat dan mudah! Ini dia 10 Tips jual beli mobil bekas jakarta

jual beli mobil bekas Jakarta
Source caramudi

Mau jual beli mobil bekas Jakarta tapi masih minim pengalaman? Atau sekedar ingin tau seluk beluk bisnis jual-beli mobil mulai dari dalamnya? Mungkin artikel dari Mobil88 bisa menjadi solusinya. Jual beli mokas memang susah-susah gampang, terlebih mobil yang akan dibeli tidak tahu sama sekali asal muasalnya.

Memang sangat penting seharusnya pembeli atau penjual saling terbuka dan jujur terhadap barang yang akan dijualnya, lagipula syarat-syarat yang menjadi sahnya jual beli mobil harus diperhatikan, mulai dari surat-surat mobil, pembeli harus mengetahui segala pengetahuan tentang mobil yang akan dibeli.

Mulai dari merk mobil, tahun mobil dibuat, spek mesin, riwayat penggunaan dan lain sebagainya. Sebagai penjual juga harus melayani pembeli dengan sangat ramah serta terbuka pada pembeli agar tidak ada rasa dirugikan antar masing-masing pihak.
Unsur-unsur lain yang harus dijelaskan oleh penjual adalah kekurangan mobil mulai dari aspek mesin sampai body luarnya sekalipun sebab kejujuran sangat diutamakan dalam bisnis jual beli apapun. Terlebih agar pembeli mempunyai rasa puas terhadap mobil yang dibeli.berikut ada beberapa tips untuk penjual agar dapat menjual mobil secara cepat dan aman:

1. Keadaan Mobil Terawat

Dalam jual beli mobil aspek utamanya adalah kondisi barang/mobil yang dijual. Mulai dari terawatt dalam hal mesin, body yang bersih serta kaki yang sehat. Sebab pada dasarnya pembeli menginginkan yang terbaik bagi calon mobil yang akan dibeli tersebut.

2. Surat-surat Mobil Lengkap

Lalu tidak lupa menyiapkan surat-surat yang ada pada mobil yang akan dijual. Mulai dari kelengkapan  BPKB, STNK, faktur dan resi pendukung yang lain. Jangan sampai menawarkan kepada pembeli mobil bodong (tidak memiliki surat-surat) yang mengakibatkan resiko pada pembeli tersebut.

3. Jatuh Tempo Pajak yang Berlaku

Selain itu pembeli juga harus mengecek perihal jatuh tempo pajak yang ada STNK mobil tersebut, apakah masih lama atau sudah dekat dengan tempo pembayaran pajak. Hal ini sanagt berpengaruh pada harga jual mobil yang ditawarkan apabila mobil mempunyai masa jatuh tempo yang panjang kegiatan negosiasi tidak begitu bermasalah, begitupun sebaliknya.

4. Pemasaran Pada Media yang Terpercaya

Salah satu media yang dapat dimanfaatkan oleh penjual aadalah memasarkan mobil pada situs yang terpercaya. Langkah selanjutnya foto mobil dengan posisi terbaik serta tunjukkan eksterior dan interior mobil yang dpat menarik minat pembeli.

5. Jujur Pada Kondisi Mobil yang Dijual

 Bukan rahasia umum kesuksesan seorang pebisnis berlatar belakang dengan modal kejujuran. Termasuk pada bisnis jual beli mobil ini, pihak penjual harus mengatakan apa adanya tentang kondisi apaun yang ada pada mobil tersebut mulai dari kekurangan sampai kelebihannya.

Ketika suatu bisnis jual beli diisi dengan hal-hal yang berbau kebohongan, kesuksesan dalam menjalani bisnis tidak akan berjalan dengan seestinya. Terlebih kejujuran merupakan modal awal penjual untuk memperoleh pelanggan dalam bisnis yang dijalankan.

6. Harga yang Sesuai Dengan Pasaran

Harga merupakan faktor pendukung dalam hal bisnis, apabila pembeli mempunyai rasa nyaman serta kecocokan pada barang yang dijual maka harga berapapun akan dikeluarkan oleh pembeli demi memperoleh barang yang diinginkan.

Selain itu harga yang sesuai pasaran akan membuat mobil yang dijual dapat bersaing dengan penjual yang memasarkan mobil dengan harga yang lebih tinggi daripada harga pasarannya. Selanjutnya pastikan kondisi mobil sesuai dengan harga yang ditawarkan kepada pembeli mobil tersebut.

7. Mengajak Mencoba Mobil Bersama

Apabila sudah mendapat pembeli alangkah lebih baiknya penjual menawarkan test drive untuk mengecek keadaan serta kondisi mobil yang dipakai, tetapi jangan sekali-kali menawarkan test drive sendiri kepada calon pembeli, hal ini bertujuan berhati-hati dalam melakukan bisnis jual beli kepada calon pembeli.

8. Menjaga kebersihan mobil

Kebersihan merupakan faktor penting dalam bisnis ini, kebersihan tak terlepas dari luar (eksterior) saja namun sisi dalam(interior) juga perlu diperhatikan dalam melakukan bisnis jual beli mobil tersebut. Lapisan eksterior terdiri dari cat bodi mobi, kaki-kaki, bumper, kolong mobil serta kaca dan wiper.

Pada sisi dalam (interior) sebaiknya juga dibersihkan, sebab biasanya banyak kotoran mulai dari debu, bekas jejak kaki, pasir, bau tidak sedap serta ornament pendukung yang ada pada bagian dalam mobil. Selanjutnya memberi wewangian pada interior mobil agar menimbulkan kesan nyaman ketika berkendara.

9. Menunjukkan Aksesoris yang Diberikan pada Mobil

Menunjukkan pemasangan variasi yang diberikan memberikan nilai tambah bagi penjual untuk segera menjual mobil tersebut, sebab dengan adanya variasi yang diberikan diharapkan meningkatkan nilai jual mobil tersebut.

Akan tetapi pemberian variasi juga akan menimbulkan efek biasa, sebab setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda. Lalu pastikan juga variasi yang sudah terpasang tidak membahayakan orang lain serta melanggar peraturan lalu lintas yang ada.

10. Prioritaskan Pembelian dengan Sistem Tatap Muka 

Tips terakhir ketika melakukan bisnis mobil adalah usahakan melakukan transaksi jual beli dengan sistem tatap muka, hal ini memudahkan pihak penjual dan pembeli dalam bertransaksi jual beli mobil. Akan lebih aman lagi pembeli mengecek secara langsung ke rumah penjual untuk memastikan mobil yang akan dibeli.

Selain itu dengan cara ini dalam hal rasa aman dan nyaman akan terasa ketika mengecek mobil yang akan dibeli terlebih dengan cara ini terhindar dari unsur penipuan yang sekarang sudah marak terjadi. Mungkin cukup sekian artikel yang bisa dijelaskan. Semoga bermanfaat, Terima kasih. 

Related Posts

2 komentar:

  1. tipe mobil juga jadi sorotan, terkait cc yang menyesuaikan kantong. misal bmw harga bekas murah kan tapi bahan bakar sama spare partnya mahal

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi