Rabu

RabuT09.58

Begini 9 Trik Rahasia Sukses Bisnis Afiliasi Tanpa Modal

Sukses Bisnis Online Afiliasi 


Sebagai generasi milenial, kita tentu akrab dengan dunia fintech, serta hampir kegiatan kita tidak terlepas dari dunia Internet dan teknologi. Kemudahan seperti ini juga dapat kita temukan pada sektor bisnis. Seperti yang kita ketahui, bisnis merupakan hal yang sangat penting dalam dunia milenial saat ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi sukses dalam berbisnis. Salah satunya dengan menjalankan program bisnis afiliasi.

Apa Itu bisnis afiliasi?

Afiliasi adalah cara mendapatkan pemasukan dengan mendaftar di situs-situs yang membuka kesempatan berafiliasi, lalu kita akan dibayar setiap terjadi pembelian melalui Link unik kita. Jadi, secara mudahnya, kita berbisnis tanpa stok barang, serta mendapat komisi setiap penjualan. Komisi yang didapat pun beragam.

Belajar Bisnis Online Afiliasi

Baru-Baru ini saya mendapat banyak pertanyaan seputar tips sukses bisnis afiliasi. Kegelisahan tersebut muncul setelah melimpahnya fenomena perihal maraknya bisnis afiliasi yang sekarang mulai digandrungi berbagai kalangan. Apalagi berbagai keuntungan kian ditawarkan pihaknya.

Bisnis afiliasi begitu banyak digandrungi bukan karena komisinya saja yang terbilang cukup besar, melainkan karena kemudahannya. Terlebih lagi bisnis marketing melalui media internet mampu menarik minat pelanggan jauh lebuh mudah. Sehingga pantas saja berbagai kalangan mulai menekuninya.

Saya sendiri mengenal bisnis afiliasi di awal belajar ngeblog, sekitar waktu itu kelas 2 SMP, saat itu tahun 2015. Namun baru fokus bisnis Online khususnya afiliasi 1 Tahun belakangan. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjadi sukses dalam berbisnis afiliasi. Mari kupas bersama.

1. Daftar di Beberapa Situs Afiliasi Pilihan 

E-commerce dan marketplace belakangan ini banyak menyediakan program afiliasi untuk memberikan tambahan penghasilan untuk teman-teman. Tips agar kita mendapatkan penghasilan maksimal, tentu dengan join di beberapa situs penyedia afiliasi. Saya sudah menuliskan 6 afiliasi terbaik yang menyediakan program afiliasi untuk teman-teman. 

Untuk tipsnya sendiri, kalian bisa memilih situs marketplace mana yang potensial. Dalam artian, pilihlah yang memiliki komisi yang menguntungkan, serta performa bagus di mata masyarakat pada umumnya. 

Peluang Bisnis Online Afiliasi Terbaik 2020

Sumber : liputan6
2. Fokus Pada Satu Niche Paling Populer

Salah satu faktor kunci penting kesuksesan bisnis afiliasi adalah fokus pada niche paling populer. Hal tersebut bahkan sudah saya rasakan sendiri karena menentukan titik kejayaan usaha ini. Upaya memilih niche yang paling populer nantinya akan berdampak baik untuk program afiliate marketing.

Tidak hanya itu, selain berkosentrasi pada satu niche paling populer kalian juga harus senantiasa berinovasi dalam upaya promosi. Apabila hal ini terus menerus dilakukan maka akan menghasilkan keuntungan besar, dibandingkan harus menjual segala bentuk maupun jenis jasa maupun produk.

Oleh sebab itu, sangat saya sarankan agar kalian mulai menentukan target yang akan mengunjungi website atau blog. Pastikan untuk menyesuaikan niche yang akan kalian ambil senada dengan pengunjung hingga tema inti blog kalian. Meningkatkan Pemasaran

3. Jangan Terlalu Fokus Mendapatkan Komisi Saja

Sekalipun kalian memiliki tujuan utama berupa uang dalam menjalankan komisi ini, namun saya sarankan jangan terlalu terfokus pada hal tersebut. Mengapa? karena kunci kesuksesan dari bisnis afiliasi adalah kenyamanan dan pemenuhan kebutuhan pembaca akan informasi.
Lantas bagaimana cara memenuhinya? maka kalian harus mencari produk dan pengalaman dari orang-orang yang pernah menggunakannya. Hal ini penting untuk meningkatkan dan menanamkan kepercayaan pembaca yang nantinya menjadi pembeli.

Tidak hanya itu, perlu kalian ketahui juga bahwa ketika khalayak membaca ulasan suatu produk, setidaknya mereka membutuhkan pertimbangan dari orang lain. Hal ini biasa dilakukan guna menghindari upaya penipuan atau pemalsuan review.

4. Usahakan Pelajari SEO

Perlu kalian ketahui tips sukses bisnis afiliasi yang amat penting adalah harus fokus pada SEO. Mengapa? sebab SEO adalah kunci penting agar website atau blog kalian bisa muncul di laman pertama google, sehingga lebih memiliki kemungkinan besar di klik oleh khalayak.

Lalu bagaimana langkah awal untuk bisa mengoptimalkan SEO? kalian harus melalukan riset keyword terlebih dahulu. Pasca itu jangan lupa membuat konten yang bersifat mereview produk sesuai program afiliasi yang kalian pilih. Jangan sampai pembahasan keluar topik inti, ya?
Source: groupon
5. Pahami Target Audience

Ketika membuat sebuah blog atau website, pastikan untuk menentukan target pembaca. Upayakan agar selalu memahami kebutuhan audience. Biasanya ketika orang mengunjungi blog dan kurang memahami perihal produk, mereka akan menanyakan melalui kolom komentar atau email pribadi.

Apabila mendapati pertanyaan dari audience jangan segan-segan menjawabnya dengan jujur, karena hal tersebut dapat menjadi pemicu peningkatan target penjualan. Serta hindari kesalahan target, misalnya ketika kalian mempromosikan fashion wanita maka hindari promosi ke kalangan pria.

Demi mendapatkan audience berlebih lagi kalian bisa memanfaatkan media sosial, seperti facebook, twitter maupun instagram. Berikan ulasan singkat semenarik mungkin dan jangan lupa mencantumkan link yang mengarah ke blog atau website kalian, agar mereka bisa membaca lebih detail.
Source: yummiiee
6. Buat Review Personal dan Menarik

Jika kalian belum pernah menggunakan produk tersebut maka bukan berarti tidak mereviewnya, melainkan gunakan trik rewrite. Namun pastikan mencari dan menggunakan sumber terpercaya dan sesuai dengan pembahasan inti.

Sekalipun program afiliasi sering kali dianggap pekerjaan sampingan, akan tetapi faktanya banyak orang sukses walau hanya menjalankan bisnis ini. Tulis dan jabarkan pola review produk yang menarik, menggunakan bahasa komunikatif dan jangan lupa membubuhkan gambar pendukung.

7. Gunakan Gaya Bahasa Call To Action

Selalu ingat bahwa kalian memiliki tujuan menarik perhatian orang agar menggunakan kode referal pada program afiliate. Keberadaan kode tersebut sangat berperan penting bagi pihak perusahaan selaku penyedia afiliasi, karena bisa mengidentifikasi orang membeli melalui website kalian.

Oleh karenanya untuk memberikan perintah kepada audience atau pengujung website atau blog kalian memakai kode referal, maka gunakan gaya bahasa CTA. Call To Action merupakan perintah atau pengujung untuk melakukan suatu tindakan. Upaya tersebu dapat kalian lakukan dengan mencantumkan gambar pendukung atau teks singkat bersifat persuasif.

8. Gunakan Gambar Pendukung yang Menarik 

Media pendukung seperti gambar, infografis, hingga banner promo sangat efektif untuk meningkatkan angka penjualan. Pengalaman saya pribadi, bahkan klik hingga mencapai ribuan untuk 1 kelas produk saja. Apalagi kalau kalian menggunakan gambar yang sangat bagus serta potensial, pasti akan ada peningkatan yang signifikan.

9. Manfaatkan Media Blog untuk Memaksimalkan Pendapatan

Nah, yang terakhir tips rahasia yang paling banyak direquest bagi affiliate marketer kebanyakan. Banyak yang belum tau, kalau blog ternyata media yang paling bagus untuk berbisnis afiliasi. Mengapa? Karena seperti yang saya jelaskan di awal, keberhasilan seorang affiliate marketer dapat dilihat dari sejauh mana dia mampu mempengaruhi orang lain untuk membeli suatu produk.

Kalau dengan blog, kelebihan yang pertama, tentu saja kita bisa lebih profesional. Apalagi dengan nama dan brand sendiri, yang khusus untuk mengulas suatu produk, maka kita bisa lebih mudah mencapai target penjualan. Kedua, kita bisa lebih mudah menulis, karena platform blog memang cukup bagus untuk mendapatkan calon customer.

Bagaimana cara membuat blog yang bagus? 

Nah, untuk blog yang bagus kita bisa menggunakan layanan dari MasterWeb, di mana kita bisa beli hosting plus keperluan blog lainnya di sana. Lengkap banget. Aku rekomendasikan MasterWeb untuk kalian, karena MasterWeb merupakan penyedia Hosting Murah Indonesia, jadi cukup fleksibel untuk dompet pelajar seperti aku.

Kalau sudah bikin blog profesional dengan hosting bisnis terbaik dari MasterWeb, itu artinya kita hanya perlu konsisten untuk mengupdate konten review produk, serta menyisipkan Link unik kita agar nanti kita bisa dapat komisi yang menarik.

Dari beberapa tips sukses bisnis afiliasi di atas, sangat saya sarankan agar kalian mengikutinya secara runtut mulai awal hingga akhir. Mengapa? karena nantinya dapat mempengaruhi komisi atau hasil akhirnya. Oleh sebab itu, jangan menyerah, selalu berusaha dan berdoa yaa?

Related Posts

2 komentar:

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi