Jumat

JumatT12.08

Website atau Marketplace? Mana yang Lebih Baik untuk Berjualan Online?

Jual beli online di Website Pribadi
Source: pluang

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?


Revolusi industri 4.0 mendominasi setiap sektor kehidupan manusia. Tak luput di dalamnya, penjual online dapat meraup keuntungan dengan trend Internet yang meningkat dari masa ke masa. Lalu, bagaimana penjualan yang tepat? Apakah kita mendompleng dengan marketplace atau membuat website sendiri? 

Sebagai pelaku bisnis ada baiknya kalian mengetahui bahwa ternyata ada banyak kelebihan berjualan online dengan website pribadi. Kiat tersebut saat ini telah banyak dilakukan oleh para owner di seluruh Indonesia maupun negara lainnya.

Terlebih lagi dalam menjajaki dunia bisnis online, selain modal yang dikeluarkan relatif sedikit proses penjualannya pun sangat mudah. Sehingga tidak mengherankan lagi apabila sekarang ini usaha bisnis online bisa dilakukan oleh semua kalangan, baik tua maupun muda.


Menurut saya pribadi, kedua opsi tersebut (website VS Marketplace) adalah pilihan. Logikanya, kalian harus fokus pada 1 media berjualan untuk mendapatkan profit yang maksimal. 

Marketplace jual beli online saat ini cukup banyak, sesuai sektor dan kelasnya masing-masing. Hal positif yang didapat jika kalian join di marketplace untuk berdagang tentu traffic dan pengunjung yang cukup ramai, sehingga tidak perlu capek-capek untuk mendatangkan pembeli, tinggal mengupgrade kelebihan toko kita dibanding toko lain. 

Namun, ketika dikaji kembali, kita bisa menghasilkan peluang bisnis yang lebih besar jika berjualan dengan website pribadi. 

Kelebihan Berjualan Online Dengan Website Pribadi


Sekalipun bisnis online terlihat sangat mudah dilakukan dan bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar, faktanya masih banyak yang kesulitan perihal pengelolaannya. Jika kalian termasuk diantara mereka yang masih merasa bingung dan ragu, sebaiknya coba menggunakan website pribadi.

Perlu kalian ketahui bahwa saat ini berbagai kelebihan berjualan online dengan website pribadi bisa dirasakan. Sehingga pemilik bisnis tidak perlu merasa kebingungan dalam mempromosikan maupun melakukan penjualan terhadap dagangannya. Lantas apa saja kelebihannya? simak ulasan berikut ini:

1. Terlihat Profesional dan Terpercaya

Keberadaan website pribadi ternyata mampu menjadikan nama toko online kalian menjadi terlihat lebih profesional. Seperti yang kita ketahui bahwa produk-produk branded pasti mempunyai alamat website sendiri. Hal ini dimunculkan agar pembeli atau masyarakat mudah mengakses dan mencari informasi.

Tidak hanya itu, apabila kalian berjualan online dengan menggunakan website pribadi maka khalayak semakin mudah percaya. Pasalnya google selalu memberikan akses keamanan yang ketat kepada setiap pemilik website, sehingga kecil kemungkinan penipuan.

2. Lebih Mudah dan Cepat Dalam Mengelola Produk

Saat ini keberadaan website menjadi senjata jitu bagi setiap orang untuk mengetahui sesuai, baik yang bersifat pribadi maupun bisnis. Bahkan tidak jarang dari mereka menjadikan website sebagai sarana berbelanja online karena dianggap lebih terpercaya dan terjamin kualitasnya.

Menanggapi hal tersebut jelas saja jika kalian memiliki toko online dan membuat website pribadi maka pelanggana akan semakin mudah berdatangan. Apalagi jika disertai ulasan singkat perihal produk yang dijual dengan menerapkan kaidah penulisan SEO.

3. Memiliki Kontrol Penuh Terhadap Situs Online Shop

Kelebihan berikutnya dari penggunaan website pribadi untuk berjualan online adalah kalian dapat memiliki kontrol penuh terhadap situs. Sehingga kalian bisa lebih berkreasi perihal pemostingan, pengaturan tata letak hingga deskripsi produknya.

Bahkan kalian juga bisa memasang katalog harga sesuai dengan kehendak pribadi. Berbeda halnya ketika kalian mengandalkan promosi melalui marketplace, di mana di dalamnya cenderung terdapat banyak peraturan yang harus dipenuhi.

4. Mampu Menyimpan Database Pengujung
Immuniweb

Berjualan online menggunakan website pribadi ternyata dapat membantu kalian dalam menyimpan database pengujung. Hal ini berupa seperti asal negara pengunjung, jenis browser, IP adress hingga page url yang memiliki persentase tersering di klik.

Tidak hanya itu, jika ada pengunjung yang tertarik dan memutuskan membeli produk kalian melalui website maka secara otomatis alamat email bisa tersimpan. Sehingga apabila di kemudian hari terdapat komplain atau repeat order bisa kalian lacak secara otomatis.

Alamat email sangat penting dalam melakukan transaksi jual beli melalui website, pasalnya dengan demikian kalian bisa menjamin keamanan saat mengirim barang. Jika terjadi tindak penipuan kalian juga bisa dengan mudah melaporkannya kepada pihak berwajib karena bisa diketahui lokasi terkini dari pemilik email tersebut.

5. Dapat Menentukan Nama Domain Sendiri
Brandlume

Setiap pemilik bisnis online shop pasti memiliki nama toko sendiri bukan? hal tersebut bahkan bisa kalian wujudkan apabila menggunakan website pribadi. Seperti misalnya, Jingga Shop maka nama domain yang bisa kalian buat adalah jinggashop.id atau lain sebagainya.

Untuk bisa membuat domain sendiri kalian bisa meminta bantuan penyedia layanan domain. Harganya sangat beragam dan kalian dapat memilihnya sendiri sesuai dengan kemampuan. Jika sudah berhasil mendapatkan domain maka maksimalkan pengelolaan website agar traffic pengunjung semakin meningkat.

6. Semakin Dikenal Banyak Orang
Winetseven

Sekalipun sekarang ini pemilik online shop sudah banyak betebaran akan tetapi tidak sedikit dari mereka yang kesulitan dalam mendapatkan pelanggan. Hal tersebut bisa dikarenakan jangkauan promosinya masih stagnan di satu lokasi atau bisa jadi kurang informatif dalam memberikan ulasan.

Agar produk dan keberadaan toko online kalian semakin mudah dikenal orang, ada baiknya jika terlebih dahulu melakukan riset. Berkacalah pada website bisnis lain yang sudah booming, seperti misalnya eiger, elzatta dan lain sebagainya.

Setelah itu pelajari tata letak produk, katalog harga hingga tampilan websitenya. Hal ini perlu diperhatikan guna menarik perhatian pengunjung saat baru mengklik website kalian. Usahakan tidak menggunakan template yang terlalu berwarna atau norak karena bisa membuat pengunjung jengah dan bosan.

Mas Faisol, saya tertarik untuk membuat situs bisnis untuk produk-produk saya sendiri, bagaimana saya harus memulainya?

Dalam membuat website untuk bisnis kita sendiri, langkah pertama kali yang harus kita lakukan adalah memilih penyedia layanan keperluan situs terbaik. Mengapa harus memilih? Karena, ini yang akan mempengaruhi bagaimana kinerja situs kedepannya.

Saya sendiri merekomendasikan layanan dari Rumahweb, karena semenjak tahun 2017, blog www.faisol.id ini telah diparkir di Rumahweb dan alhamdulillah lancar terus, dan kinerja yang maksimal. Selain itu, customer servicenya humble, dan telaten membantu mengkonfigurasikan domain saya.

Oh iya, tahun pertama, saya mendapatkan domain blog ini secara gratis, karena banyak promo, giveaway, serta diskon-diskon menarik yang selalu diupdate di sosial media Rumahweb. Dan alhamdulillah saya dapat 1. Sampai sekarang, tetap merekomendasikan Rumahweb untuk bisnis kalian.

Memulai membuat website bisnis di Rumahweb, kita bisa memilih domain yang sesuai dengan brand yang ingin kita bangun, pastikan unik, dan menarik, serta gampang diingat. Untuk harga domain di Rumahweb pun bersahabat, karena itulah sering disebut sebagai penyedia Domain murah di Indonesia.

Selanjutnya, bisa menggunakan layanan hosting Rumahweb, pilihlah yang sesuai dengan budget dan kepentingan bisnis kalian.

Untuk tata caranya, di Rumahweb telah ditulis dengan jelas, bagaimana proses konfigurasi domain dan hosting, jika masih kebingungan, jangan ragu untuk menghubungi customer service karena kalian akan dibantu oleh kakak-kakak yang ramah.

Kesimpulannya, website VS marketplace adalah pilihan. Kalian harus memilih salah satu untuk kemudian fokus pada pengembangannya. Bagi saya pribadi, memilih membangun website untuk bisnis sendiri merupakan pilihan yang tepat, mengingat banyaknya benefit atau manfaat yang diperoleh. Bagaimana dengan kalian?


Related Posts

4 komentar:

  1. Berarti website ini secara tidak langsung sangat potensial di masa depan ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, melihat dari banyak manfaatnya, lebih cocok untuk build website sendiri karena sesuai dengan atmosfir bisnis di Indonesia

      Hapus
  2. Ini review hosting ya mas. Saya dianter kesini dari belalangcerewet.com yang mereview blogger asal Jember, jadi saya penasaran dan kesini. Maju terus mas semoga makin sukses.

    Untuk tulisan ini, kalau saya pribadi lebih memilih marketplace untuk saat ini, karena potensi pasar lebih luas dibanding web pribadi. Tapi semoga kedepan akan lain.

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi