Sabtu

SabtuT22.12

Peluang Usaha Ternak Ikan Hias Untung Hingga Jutaan Rupiah

Bisnis Ikan Hias

Saat ini peluang bisnis ikan hias, terutama bisnis ikan hias cupang ternyata mampu mendatangkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Tentu saja harus dikelola dengan baik dan memperhatikan pola perawatannya, agar ikan hias yang dipelihara tidak mati, sehingga bisnis terus berjalan.

Cara Memulai Bisnis Ikan Hias 2021

Sekalipun terlihat mudah, ternyata bisnis ikan hias yang tidak dikelola dengan baik bisa menyebabkan kerugian besar. Oleh karena itu, apabila kalian memang benar ingin menjadi pebisnis dibidang ini, sebaiknya ketahui dulu tentang cara memulai bisnis ikan hias. Untuk lebih jelas, simak ulasan berikut:

Kenali dan Pahami Jenis-Jenis Ikan Hias

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum memulai bisnis ikan hias adalah mengenal dan juga memahami perihal aneka jenis dari ikan tersebut. Mengapa seorang pelaku bisnis ikan hias harus memahami jenis-jenisnya? agar mampu menentukan pilihan dan fokus pada satu jenis ikan terlebih dahulu.

Apabila sudah berhasil dengan satu jenis ikan hias, maka barulah menambah perluasan bisnis dengan menjual ikan hias yang lain. Upaya mengenal dan memahi jenis-jenis ikan hias ini juga nantinya dapat membantu kalian berkomunikasi dengan pembeli yang bertanya-tanya.

Usaha Ikan Hias Air Tawar Menjanjikan


Mempelajari Segala Hal Yang Berkaitan Dengan Ikan Hias

Sebelum memulai bisnis ikan hias, ternyata ada banyak peralatan yang sebaiknya diketahui dan dipersiapkan terlebih dahulu. Upaya ini dilakukan guna memperlancar usaha ikan hias yang nantinya akan dijalankan. Lalu apa saja peralatan itu?

Beberapa diantaranya seperti aquarium, filter, jaring, pompa air hingga aksesoris untuk memperindah pemandangan. Semua itu tentu memiliki fungsi dan peran tersendiri bagi kelangsungan hidup ikan. Semua itu tentu akan paham apabila kalian mempelajarinya, baik dari internet maupun buku panduan.

Pilih Jenis Ikan Hias Yang Paling Mudah Dibudidaya

Perlu diketahui juga bahwa ternyata ikan hias memiliki jenis yang amat beragam, seperti tipe air yang digunakan untuk bertahan hidup, tawar atau laut. Apabila kalian tidak bisa membedakan keduanya sebagai dasar bisnis maka jelas saja ikan hias tersebut tidak bisa hidup.

Apabila modalnya masih sedikit maka disarankan agar terlebih dahulu memilih ikan hias yang hidup di air tawar, seperti cupang, koi dan masih banyak lagi. Jika modalnya sudah terkumpul dan ingin mengembangkan usaha menjadi lebih maju, silahkan membudidayakan ikan hias air laut.

Cari Bibit Yang Berkualitas

Demi menghasilkan ikan hias yang cantik dan berkualitas, maka bibitnya juga harus unggul. Untuk bisa mendapatkan bibit berkualitasm maka kalian bisa terlebih dahulu bertanya kepada para orang berpengalaman atau mencari informasi dari pusat penjualan.

Apabila sedari awal bibit yang kalian gunakan berkualitas, maka hasil anakannya pasti bisa laku keras dan mampu dijual dengan harga mahal. Oleh sebab itu, jangan terlalu memotong biaya modal untuk membeli bibit agar hasilnya memuaskan.

Pahami Teknik Perjodohan

Setelah memutuskan jenis dan mendapatkan bibit ikan hias yang berkualitas, kini saatnya kalian mempelajari teknik perjodohannya. Mengapa? karena tentu saja agar ikan hias tersebut semakin banyak dan pantas untuk dibudidaya.

Teknik perjodohan sebaiknya kalian pelajari dan pahami dengan benar agar hasil anakannya juga berkualitas. Pasalnya, bagian ini merupakan poin terpenting dalam menjalankan bisnis ikan hias agar menghasilkan untung jutaan rupiah.

Promosikan Bisnis Ikan Hias

Setelah berhasil melakukan semuanya, kini kalian juga perlu melakukan promosi demi memperluas jaringan pemasaran. Cara promosi yang paling cepat mendatangkan pembeli adalah melalui kanal online, seperti marketplace di facebook.


Kelima cara memulai bisnis ikan hias di atas bisa segera kalian terapkan di rumah maupun di lahan khusus. Namun, sangat disarankan agar terlebih dahulu membudidayakannya secara sederhana agar apabila gagal, kerugiannya tidak terlalu besar.

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Ikan Hias Agar Untung Jutaan

Setelah mengetahui cara memulai bisnis ikan hias di atas, selanjutnya kalian juga perlu mempelajari kiat sukses menjalankan bisnisnya agar meraup untung jutaan. Kiranya daripada berlama-lama dan semakin penasaran, simak ulasan di bawah ini:

Tentukan Tempat Untuk Memulai Bisnis

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menentukan tempat yang sesuai untuk memulai bisnis. Pastikan lokasinya mudah dijangkau oleh masyarakat luas agar pembeli tidak kesusahan saat mencari lapak jual ikan hias kalian.

Memahami Pangsa Pasar Ikan Hias

Selain menentukan lokasi untuk membuat lahan dan berjualan, kalian juga harus memahami pangsa pasarnya. Mengapa? karena mengingat ikan hias ini bisa saja disukai oleh semua kalangan, baik tua maupun muda. Apalagi jika harganya terbilang murah.

Berikan Layanan Semaksimal Mungkin

Poin penting yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan pebisnis ikan hias adalah kurangnya upaya dalam memberikan layanan. Padahal apabila kalian berperan sebagai pembeli, tentu lebih suka bukan dengan penjual yang ramah dan memberikan pelayanan maksimal?

Sesuaikan Modal Dengan Jenis Ikan Hias Yang Akan Dijadikan Bisnis

Kiat penting yang harus benar-benar diperhatikan adalah sesuaikan modal dengan jenis ikan hias yang akan dijadikan bisnis. Mengapa? jangan sampai memaksakan modal demi mengejar untung besar, padahal kalian masih belum memahami cara budidayanya dengan baik.

Jalin Relasi Sebaik Mungkin

Terakhir, kiat bisnis ikan hias yang bisa kalian lakukan agar mendatangkan keuntungan hingga jutaan rupiah adalah menjalin relasi sebaik mungkin. Apabila kalian sudah memiliki pemasok tetap, maka sekalipun hanya tidur saja, uang sudah mengalir masuk ke rekening kalian.

Sekian ulasan singkat tentang peluang bisnis ikan hias yang mampu mendatangkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Pastikan memahami dulu dan belajar perihal cara budidayanya, agar ketika mengeluarkan modal dalam jumlah besar, tidak merugi atau bahkan gulung tikar. Terima kasih dan selamat berbisnis!


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi