Kamis

KamisT07.47

Manfaat Mentega Untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Sejauh ini sebagian besar orang menganggap bahwa mengkonsumsi butter tidak baik bagi tubuh. Padahal ada banyak sekali manfaat mentega untuk kesehatan yang jarang diketahui. Bahkan tidak jarang dari mereka enggan mengkonsumsi segala bentuk makanan yang mengandung mentega. Juga dapat mengetahui Perbedaan Butter dan Mentega 

Mentega Apakah Berbahaya Bagi Tubuh?
Source: sehatq

Bahan makanan yang seringkali dijadikan pelengkap dan banyak ditemui pada proses pengolahan junk food tidak lain adalah mentega. Rasanya yang nikmat dan sedap ternyata sering dikatakan sebagai pemicu kegemukan, obesitas dan mendatangkan kolestrol bagi sebagian besar khalayak. 

Mengapa demikian? pasalnya di dalam mentega mengandung lemak tinggi.
Padahal, sebagaimana dilansir dari beberapa sumber buku dan website tentang kesehatan, ternyata mentega tidak selamanya dianggap sebagai makanan yang mendatangkan penyakit. Hal tersebut tentu saja buka dilihat dari merek atau jenisnya, melainkan takaran dan porsi yang sesuai untuk dikonsumsi.

Selain itu juga, salah satu sumber mengatakan bahwa lemak yang semakin banyak dikonsumsi maka akan lebih banyak pula dalam mempengaruhi kesehatan. Sehingga, apabila kalian hendak mengkonsumsi mentega, alangkah baiknya membatasi porsi dan takaran daripada harus sibuk memilah dan memilih merk.

Perlu diketahui juga bahwa ternyata mentega kerap kali dijadikan sebagai alternatif untuk mencegah berbagai macam penyakit. Meski demikian masih banyak pihak yang menampik. Atau juga kalian menganggap hal yang sama?

Berbagai Manfaat Mentega Untuk Kesehatan


Lalu, apakah ada manfaat mentega untuk kesehatan? Tentu saja ada. Bagi kalian yang mungkin masih meragukan hal tersebut, baiknya menyimak terlebih dahulu ulasan singkat di bawah ini, agar tidak tergesa mengklaim macam-macam:

1. Memperbaiki Kerusakan Pada Sel Tubuh


Mentega ternyata mengandung salah satu zat gizi mikro yang amat penting untuk kesehatan manusia? Apakah itu? yakni antioksidan karoten. Bagi kalian yang belum tahu apa itu antioksidan karoten, baiknya terlebih dahulu membaca ulasan dari berbagai sumber.

Antioksidan karoten banyak menjadi komposisi berbagai makanan, mengapa? pasalnya mengandung vitamin yang mampu mendukung pertumbuhan sel, melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi hingga merangsang perbaikan sel tubuh yang rusak. Selain itu juga, mentega yang dikonsumsi sesuai takaran dan porsi yang pas ternata dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mendorong produksi limfosit.

2. Membantu Memperlancar Pencernaan


Bagi kalian yang sering kali mengalami gangguan pencernaan, maka ada baiknya untuk mengkonsumsi mentega. Mengapa? karena di dalamnya mengandung asam lemak butirat yang amat dibutuhkan oleh usus. Hal tersebut bahkan telah ditunjukkan oleh sebuah penelitian dari kedokteran.
Asam tersebut tentu memiliki efek positif bagi saluran cerna, bahkan asam lemak pendek ini dapat membantu menjaga permukaan usus agar tetap sehat serta mencegah Irritable Bowel Syndrom alias semacam penyakit pada saluran cerna.

3. Mampu Menjaga Kesehatan Tulang


Apabila dikonsumsi dalam jumlah sedang, ternyata mentega memiliki manfaat untuk kesehatan yang mirip dengan susu. Mengingat pada dasarnya pembuatan mentega juga berbahan campuran susu, sehingga kandungan kalsium, zink, cuprum hingga selenium terdapat dalam mentega.
Oleh sebab itulah mentega yang dikonsumsi dengan takaran dan porsi sedang dapat menjaga kesehatan tulang dari osteoporosis, struk dan masih banyak lagi. Sehingga banyak orang yang mengkonsumsi mentega diiringi sambil minum susu. Lantas, apakah kalian ingin mencobanya?

4. Mencegah Kanker


Apakah benar mentega dapat mencegah penyakit kanker pada manusia? Tentu saja bisa, pasalnya mentega mengandung semacam zat anti kanker dan mampu menghambat sel-sel karsinogenik atau lebih mudanya dalam dunia kedokteran disebut sebagai PTPRG.

Bahkan sangat baik dikonsumsi secara berkelanjutan bagi para wanita karena dapat mencegah terjadinya kanker payudara. Berbagai asam lemak yang terkandung di dalamnya sebaiknya jangan dimasak terlalu lama atau terlalu cepat, sebab dapat mengurangi kandungan gizinya.

5. Mencegah Penyakit Jantung


Tahukah kalian bahwa mentega mengandung lestin? Kandungan tersebut ternyata dapat membantu kerja kelenjar adrenal serta tiroid serta memiliki peran penting bagi sistem kerja jantung dan pembuluh darah, agar bekerja dengan normal.

Kalian juga harus mengetahui bahwa mentega mengandung selenium serta Vitamin E yang dapat mengurangi terjadinya stroke pada usia lanjut. Apalagi saat ini banyak penelitian menyebutkan bahwa stroke bisa menyerang dan menjangkiti siapa saja, baik tua maupun muda.

6. Membantu Proses Pertumbuhan dan Menambah Berat Badan


Mengapa sebagian orang di perkotaan besar lebih suka meminum susu di samping makan roti isi mentega? karena ternyata butter mengandung banyak lemak dan mampu membuat orang lebih cepat merasa kenyang.Tidak hanya itu, bahkan dengan mengkonsumsi mentega rutin setiap pagi maka kalian akan terus merasa bertenaga saat beraktifitas pagi.

Lantas apakah lemak di dalamnya tidak berbahaya untuk tubuh? Tentu saja tidak, kenapa? karena lemak pada butter akan bertumpuk dengan jaringan lemak tubuh sehingga mudah dicerna oleh organ pencernaan. Maka oleh sebab itu, bagi kalian yang ingin mempercepat pertumbuhan dan menambah berat badan silahkan mengkonsumsi mentega secara rutin ya?.

7. Sumber Asam Lemak Sehat


Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, bahwa asal lemak sehat yang terkandung di dalam mentega mampu menguatkan sistem imunitas tubuh. Hal tersebut tentu saja membuat tubuh terhindar dari berbagai serangan penyakit dan juga baik untuk kesehatan otak, kulit maupun mata.

Itulah berbagai manfaat mentega untuk kesehatan yang harus kalian ketahui. Selain beberapa di atas, ternyata masih banyak lagi yang lainnya. Bagaimana? apakah masih ragu dalam mengkonsumsi mentega? Pastinya tetap jaga porsi dan jangan sampai terlalu banyak, ya?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi