Sabtu

SabtuT08.21

Cara Transfer GoPay Ke Dana Untuk Pemula

Tutorial Transfer Gopay ke Dana


Pada era digital ini semua bidang tidak lepas dari peran serta teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bantuan teknologi pun semua pekerjaan dan aktivitas dapat dilakukan dengan instan, mudah, dan cepat. Termasuk belanja, memesan makanan, dan melakukan transfer bisa dilakukan melalui smartphone.

Ada beberapa aplikasi yang saat ini seringkali disebut sebagai dompet elektronik. Dimana dapat melakukan pembayaran atau transfer secara online melalui smartphone. Beberapa e-wallet tersebut diantaranya yaitu GoPay dan DANA.

Apabila kalian ingin mengisi saldo DANA dari GoPay, maka dapat menerapkan cara transfer GoPay ke DANA untuk pemula yang akan di bahas pada artikel ini. Cara ini sangatlah mudah untuk diikuti jadi bagi yang masih belum pernah melakukannya tidak perlu khawatir.

Cara Transfer GoPay Ke Dana Untuk Pemula

Bingung bagaimana cara mengisi saldo DANA? Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Salah satunya ialah dengan mentransfer saldo GoPay ke DANA. Tentunya cara ini dapat dilakukan apabila kalian mempunyai saldo pada aplikasi Gojek.

Jika belum pernah melakukan transfer dari aplikasi Gojek maka dapat mengikuti cara pada artikel ini. Berikut merupakan langkah-langkah dalam mentransfer saldo GoPay ke DANA yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat:

Pastikan Akun Gojek Sudah Diupgrade Ke Premium


Sebelum mulai mentransfer saldo, langkah pertama yang perlu dilakukan ialah memastikan terlebih dahulu bahwa akun Gojek sudah diupgrade ke premium. Caranya yaitu dengan menverifikasi kartu identitas memakai KTP. Jika belum  diupgrade maka segeralah untuk mengupgradenya.

Mungkin timbul pertanyaan dibenak kalian apakah aplikasi DANA juga perlu diupgrade ke premium? Jawabannya ialah tidak. Namun, bila ingin mengupgradenya juga maka itu akan lebih baik.

Membuat Virtual Akun DANA

Setelah aplikasi Gojek sudah siap digunakan untuk transfer, maka cara transfer GoPay ke DANA untuk pemula selanjutnya ialah membuat virtual akun DANA. Virtual akun ini nanti akan digunakan untuk menerima transferan GoPay.

Caranya yaitu: pertama, masukklah ke dalam akun DANA lalu klik “isi saldo”. Kedua, pilih banknya (disarankan untuk memilih bank BRI). Ketiga, setelah memilih Bank BRI, maka sekarang perlu mengcopy kode virtual akun DANA dengan cara klik “salin kode”.

Masuk Ke Aplikasi Gojek

Setelah kode virtual akun DANA sudah didapatkan, maka langkah berikutnya kalian perlu membuka kembali aplikasi Gojek milik kalian. Jika sudah membukanya, maka silahkan ikuti langkah di bawah ini:

Silahkan pilih menu “lainnya” pada aplikasi Gojek kalian. Kemudian klik “tarik”. Jika sudah maka kalian akan dibawa ke halaman baru, silahkan klik “Tambahkan bank lain” 

Setelah berubah ke tampilan yang baru maka silahkan masukkan “nama bank” (nama bank harus sesuai dengan virtual akun yang telah dibuat tadi). Misalnya tadi Bank BRI, maka masukkan nama bank tersebut.

Berikutnya untuk “kode bank” biarkan saja seperti itu tidak perlu mengubahnya. Kemudian untuk “nama pemilik rekening” silahkan mengisinya sesuai dengan nama pemilik akun DANA.

Lalu untuk pilihan menu “nomor rekening” silahkan kalian memasukkan kode virtual akun yang sebelumnya sudah didapatkan tadi pada kolom “nomor rekening”. Masukkan kode tersebut dengan benar.

Jika sudah, maka langkah yang perlu dilakukan berikutnya yaitu silahkan kalian klik tanda centang. Setelah itu, jangan lupa kalian juga harus mengklik tombol “simpan”.

Setelah itu kalian akan dibawa menuju ke halaman sebelumnya. Silahkan pilih nomor rekening tujuan transfer yang sebelumnya sudah kalian masukkan tadi. Kalian harus betul-betul memperhatikan poin ini supaya nantinya tidak terjadi kesalahan transfer yang tentu dapat merugikan.

Langkah selanjutnya yaitu silahkan untuk mengisi jumlah penarikan sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya saja kalian ingin mentransfer Rp.100.000,- maka isilah dengan jumlah tersebut. Perlu diketahui juga bahwa minimal jumlah transfer ialah Rp. 50.000,-

Jika sudah mengisi nominal transfer tersebut dan sudah meneliti dengan benar, maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya yaitu silahkan klik menu “Tarik”.


Apabila sudah mengklik “Tarik”, maka akan muncul tampilan halaman konfirmasi. Nah, disini seluruh data-data yang telah kalian isi sebelumnya tadi akan muncul. Pastikan bahwa datanya sudah benar dan sesuai dengan yang telah kalian isi.

Apabila ada data yang salah atau mungkin sedikit keliru, maka kalian bisa memperbaikinya terlebih dahulu. Jika sudah betul dan sesuai, silahkan klik menu “Konfirmasi”.

Setelah mengklik “Konfirmasi”, maka pasti akan diminta memasukkan PIN. Silahkan kalian masukkan 6 digit PIN GoPay perhatikan benar-benar penulisannya agar tidak salah.

Jika PIN sudah dimasukkan, maka GoPay akan mulai memproses permintaan kalian. Tunggu beberapa saat karena GoPay akan mengirimkan notifikasi bahwa transfer kalian sudah berhasil diproses.

Note: ada sedikit kelemahan bila menggunakan bank BRI untuk membuat virtual akun DANA. Kelemahannya yaitu proses pembuatan virtual akun hanya dapat diakukan pada jam 1 siang sampai jam setengah 10 malam saja. Apabila lewat dari jam itu, maka tidak bisa memakai bank BRI untuk membuat virtual akun.

Itulah tadi penjelasan mengenai langkah-langkah dan cara transfer GoPay ke DANA bagi pemula. Tentunya cara ini sangat mudah dilakukan dan cocok untuk orang yang belum pernah melakukan transfer dari GoPay ke DANA sebelumnya.

Ada keuntungan yang akan didapatkan jika transfer saldo DANA. Keuntungannya yaitu transfer saldo DANA dapat dilakukan secara gratis tidak dipungut biaya admin sepeserpun. Namun, dangan ketentuan maksimal melakukan transaksi 10 kali dalam satu bulan. Jika sudah lebih, maka tentu akan dikenai biaya admin.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi