Jumat

JumatT11.01

Pengalaman Pribadi Mengakses IDN App

Review Aplikasi IDN

Tak bisa dipungkiri, membaca adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, terlebih jika kita membaca tentang topik yang memang kita sukai, pasti semangat membaca hingga akhir artikel. Ya, apalagi kini kita bisa membaca secara online, bahkan setiap hari, membaca dengan sistem daring menjadi sebuah trend dan keharusan tersendiri bagi kalangan netizen, termasuk saya pribadi.

Nah, saya pribadi tertarik dengan topik keuangan, hukum, dan juga artikel yang unik dan menarik. Saya bahkan bisa menghabiskan banyak artikel yang habis dibaca sekali duduk. Segila itu saya dengan membaca. 

Well, hobi yang positif seperti ini memang harus ditopang dengan "jembatan" yang kuat pula. Ya, kini saya tak perlu lagi susah-susah mencari informasi, karena saat ini saya telah memanfaatkan aplikasi baca berita IDN App yang memiliki berbagai manfaat dan kelebihan dalam mencari informasi. 

Penggila informasi pasti tak heran dengan IDN App, yang menjadi gerbang informasi dari berbagai kategori. Nah, di kesempatan kali ini, saya akan menceritakan dan mengulas aplikasi dengan tagline "The Voice of Millennials and Gen Z" ini. 

Yang saya suka dari IDN App adalah tampilan newsfeed yang simpel dan jelas. Newsfeed dengan navigasi scroll akan tersaji pada saat kalian membuka aplikasi ini. Fitur ini adalah salah satu keunggulan IDN App yang memudahkan agar kita tidak perlu klik untuk memperoleh berita selanjutnya. Kita juga tidak perlu takut ketinggalan berita terbaru, karena  di aplikasi IDN App semua berita tersaji.

Untuk Interfacenya sendiri, aplikasi ini sudah responsive, dan cukup ringan menurut saya, dengan warna yang serasi dan eye-catching gitu. 

Ada beberapa pilihan section yang tersedia di bagian atas, tentunya memiliki fungsi berbeda-beda yang dapat mempermudah dalam mengakses berita. Apakah kalian sudah tahu fungsi dari setiap Section itu? Jika belum, inilah fungsi dari section tersebut.

•Semua : merupakan berita dan artikel pilihan dari redaksi IDN Times;
•Untukmu : dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan artikel dari topik yang kalian pilih;
•Event : akan ada event menulis dan lainnya yang dapat kalian ikuti;
•Terbaru : informasi terkini yang dapat/ingin kalian ketahui;
•Topik : berisi kanal-kanal yang ada di IDN Times, mulai dari Hype hingga Opinion;
•Populer : semua berita yang sedang ramai dan trending di IDN Times;
•Unik : Berisi informasi menarik yang akan menambah pengetahuan dan menghibur bagi kalian;

Tujuan pembagian section tersebut, agar kalian menjadi semakin mudah untuk mengakses berita yang ingin kalian ketahui atau pun yang kalian suka. Jika kalian ingin membaca Hard news kalian dapat masuk ke laman terbaru dan semua. Begitu pun dengan yang lainnya dapat kalian cari sesuai dengan fungsi laman tersebut.

Salah satu keunggulanlainnya yang ada di aplikasi IDN Times, kalian dapat memilih topik sesuai dengan yang kalian sukai. Tentunya itu akan membuat kalian mendapatkan banyak informasi mengenai topik tersebut. Kalian juga dapat menggantinya jika tiba-tiba preferensi kalian berubah. Cukup menggantinya dengan klik laman topik, kemudian klik ikon di pojok kanan atas.

Fitur membaca artikel yang beragam

Ada beberapa fitur tambahan yang akan memudahkan kalian dalam mengakses dan membaca artikel di IDN Times. Pertama, kalian kalian dapat menyimpan artikel untuk dibaca lain waktu, yaitu dengan mengklik ikon di pojok kanan bawah. Jika kalian ingin mengaksesnya kembali, cukup kalian membukanya di bagian profil.

Kedua, untuk kalian yang memiliki topik spesifik yang ingin kalian baca. Cukup kalian mengetikkannya di kolom pencaharian, semua artikel yang berhubungan dengan keyboard akan muncul di sana. IDN App juga memiliki fitur yang menampilkan history baca, tetapi fitur ini terbatas hanya untuk sepuluh artikel terakhir saja.

Terakhir, kalian dapat mengikuti penulis favorit kalian. Agar mendapatkan notifikasi setiap kerja membuat artikel terbaru. Jadi kalian tidak perlu takut lagi ketinggalan artikel terbarunya.

Sama seperti media sosial lainnya. IDN App pun kini memiliki akses night mode. Jadi, bagi kalian yang menyukai fitur ini dapat menggunakannya di IDN App. Tentunya membuat pengalaman membaca kalian di IDN App  akan menjadi lebih nyaman.

Fitur night mode berbeda dengan day mode. Latar belakang hitam dengan tulisan berwarna putih dapat membuat kalian betah saat membaca. Ditambah, desainnya tampilannya yang menarik dengan akses merah di beberapa tempat.

Salah satu keunggulan IDN App yang patut di acungi jempol. Tidak ada ikan yang mengganggu kalian saat membaca di IDN App. Fitur ini dibuat agar kalian semakin nyaman saat membaca artikel di IDN App. Tidaknya itu, IDN App tidak menyedot banyak kuota yang akan membuat kalian menjadi semakin nyaman untuk membaca artikel lainnya.

IDN APP

Bukan hanya membaca kalian pun dapat menulis artikel kalian sendiri. Sebelum itu, kalian akan registrasi terlebih dahulu. Kemudian, cukup klik ikon pensil di tengah aplikasi, maka kalian akan masuk ke laman resmi community writer.

Fitur-fitur penulisannya pun sangat mudah dioperasikan, serta struktur artikel yang sudah tersedi. Membuat kalian semakin mudah lagi dalam membuat artilel. Kalian cukup mengisi di kolom-kolom yang sudah tersedia.

Dengan menulis di IDN App kalian berkesempatan untuk mengumpulkan poin. Semakin banyak views yang di dapat semakin banyak poin yang akan kalian miliki. Poin-poin yang kalian kumpulkan itu dapat kalian tukar menjadi uang. 

Hadirnya fitur reedem poin ini, untuk mempermudah para community writer dalam Redeem dan klaim poin. Sebelumnya, redeem dan klaim poin biasa dilakukan melalui email. Namun sekarang, para community writer dapat melakukannya melalui IDN App. Cukup masuk ke profil kemudian klik Redeem. Setelah itu, admin akan memprosesnya agar uang itu masuk kedalam rekening kalian.

Itulah review singkat mengenai IDN Times/ IDN App berdasarkan pengalaman penulis dalam mengaksesnya. Aplikasi ini sangat cocok bagi kalian kalian yang menyamai berbagai macam berita. Navigasi scrollnya smooth, tampilan minimalis, tetapi menarik, serta banyak fitur yang dapat memudahkan kalian dalam membaca.


Related Posts

13 komentar:

  1. Mantap mas...panjang juga artikelnya...aplikasi berita baru yah?

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah akses versi mobile di ponsel, Sol. tapi memang IDN ini portalnya bagus, aku sering buka versi website. Lengkap berita terkini dan artikel tips yang beragam temanya. Sekarang bisa dibuka lewat app, tambah keren. Makin memudahkan pembaca. Mau nulis juga bisa ya, melatih keterampilan menulis dan lama-lama bisa jadi duit deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Exactly.. Artikelnya aku baca menarik-menarik mas, banyak informasi yang menarik. Dan lagi, bener bisa nulis di sana sebagai latihan menulis di portal-portal news, dapet uang lagi hehehe

      Hapus
  3. Wah aku baru tahu ada aplikasinya, soalnya aq klo baca lewat web nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, saya pun baru tahu ada aplikasinya. So far, bagus fitur-fiturnya, rekomended lah

      Hapus
  4. Keren kak bisa nih dapet penghasilan dari nulis di idn app

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, bisa jadi penghasilan tambahan

      Hapus
  5. Jenis bacaan / tulisannya apa ini, berita kah atau ada bacaan non fiksi seperti novel?

    BalasHapus
  6. Baru tahu kalau sekarang sudah ada aplikasi IDN TIMES. Kalau aku sering banget cari berita seputar drama Korea di website IDN TIMES.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, informasi di sana menarik" hehehe

      Hapus
  7. Saya pribadipun rasanya emang nyaman banget baca artikel di IDN times, gak keganggu sama iklan hihi

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi