Sabtu

SabtuT10.03

10 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Yang Tepat

 

Tips Agar Ibu Hamil Sehat
source: beritasatu

 Saat-saat kehamilan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh kedua pasangan suami istri yang mendambakan buah hati. Perlu diketahui bagi ibu hamil harus tetap menjaga kesehatan dirinya, sebab tidak lain kesehatan sang ibu akan berdampak langsung dengan kondisi sang bayi tersebut. Oleh sebab itu kesehatan sang ibu harus diperhatikan secara benar terlebih tenyang pola makan dan olahraga agar terhindar dari penyakit kehamilan, salah satunya plasenta previa. Berikut ada beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil yang tepat agar tidak salah dengan apa yang dilakukan di setiap waktunya

 1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi 

Source: tribunnews

Makanan bergizi merupakan makanan yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang otak dan badan janin yang ada dalam kandungan. Terlebih makanan yang mempunyai nilai gizi tinggi dapat mengurangi resiko janin lahir dalam kondisi cacat dan mengurangi resiko penyakit yang lain. Mengkonsumsi makanan bergizi bisa di dapatkan dengan pemenuhan kadar protein, vitamin C, kalsium, zat besi, lemak sehat, asam folat, dan zinc. Serta ada beberapa makanan yang perlu dihidari oleh ibu hamil seperti ikan tuna, telur mentah, jeroan, kafein, alkohol, serta junk food. Bisa juga dengan mengonsumsi madu karena sehat untuk tubuh. Baca manfaat madu : Manfaat Madu yang belum diketahui banyak orang

2. Minum Vitamin Prenatal 

Meminum vitamin prenatal akan sangat berguna untuk kesehatan serta kecerdasan janin terlebih untuk ibu hamil tersebut. Nutrisi tambahan yang didapat membuat beberapa vitamin serta mineral dalam tubuh yang dibutuhkan oleh ibu dan janin. Beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah asam folat, asam folat akan sangat dibutuhkan mulai dari fase awal kehamilan sampai fase 12 minggu pertama kehamilan. Hal ini apabila diterapkan akan meperkecil resiko cacat kehamilan pada janin. 

3. Olahraga Ringan 

Olahraga sangat disarankan untuk ibu yang sedang mengandung, akan tetapi perlu diingat bahwa olahraga yang dibolehkan untuk ibu hamil hanya olahraga ringan. Intensitas waktu yang dibutuhkan hanya 30 menit dalam sehari akan membuat ibu hamil lebih fresh dan sang janin tumbuh sehat. Bebarapa olahraga yang disarankan untuk ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan mulai dari jalan- jalan kecil, berenang, melakukan senam yoga serta jogging. Akan tetapi apabila melakukan aktifitas olahraga sebaiknya mempertanyakan kepada dokter akan kondisi kehamilan agar tidak menimbulkan efek negative. 

4. Meninggalkan Kebiasaan Buruk 

Gaya hidup yang tidak sehat merupakan suatu hal yang harus ditinggalkan oleh ibu yang sedang mengalami proses masa kehamilan. Beberapa hal buruk yang perlu ditinggalakan oleh ibu yang sedang hamil mulai dari merokok serta mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Melakukan kebiasaan buruk tersebut akan sangat berpengaruh pada kesehatan ibu dan anak apabila dilakukan, sebab hal tersebut mengakibatkan efek yang buruk bagi organ dalam tubuh. Pada janin juga akan merasakan efek yang tidak lain bisa meningkatkan janin lahir dalam kondisi cacat. 

5. Melakukan Pemeriksaan Prenatal

 Pemeriksaan dilakukan yang disarankan adalah pemeriksaan prenatal secara rutin kepada dokter agar dapat dipantau kesehatan serta perkembangan yang dialami janin yang ada dalam kandungan. Fungsi terpenting dalam pemeriksaan prenatal adalah guna meminimalisir gangguan yang ada dalam janin dan bisa ditangani secara akurat oleh dokter yang berpengalaman. 

6. Minum Air Putih 

Tips menjaga kesehatan ibu hamil yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi air putih secara teratur. Cairan yang di butuhkan ketika proses kehamilan akan sangat berpengaruh juga dalam tumbuh dan kembang anak. Sebab dengan mengkonsumsi air putih secara teratur akan menurnkan resiko dehidrasi serta penyakit yang lain. Takaran air yang sudah disarankan oleh dokter adalah mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari atau bisa juga diselingi dengan minum susu kehamilan yang disarankan. 

7. Tidur Yang Cukup 

Tidur yang cukup merupakan beberapa aspek penting yang harus didapatkan oleh sang ibu. Terlebih dalam fase ini sang ibu akan mengalami kurang nyenyak dalam tidur, kurang nyaman dalam merebahkan badan serta tekanan yang ada dalam hati. Beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil diatas biasanya akan sangat membantu akan tetapi pola tidur serta kenyamanan dalam tidur akan sangat dibutuhkan terlebih ibu hamil. Posisi badan yang disarankan adalah dengan tidur merebahkan tubuh kearah kiri serta menambahkan beberpa bantal pada kaki, perut bawah serta punggung. 

8. Menghindari Stress 

Pada saat masa kehamilan seperti ini biasanya sang ibu akan sering dilanda stress yang berkecamuk dalam hati dan pikiran. Sang suamipun harus turut andil dalam membantu menetralisir stress yang dialami sang ibu pada masa kehamilannya. Terlebih dengan adanya tips menjaga kesehatan ibu hamil ini akan sangat membantu mencetak suami siaga yang akan tetap ada jika diperlukan oleh sang istri. Apabila mengalami stress yang berkelanjutan lebih baik menceritakan apa yang dirasakan ke suami serta melakukan kegiatan yang menyenangkan atau bisa juga melakukan yoga. 

9. Menjaga Berat Badan 

Menjaga berat badan merupakan suatu tantangan tersendiri bagi ibu hamil. Biasanya sang ibu akan sering melakukan senam, yoga, makan makanan yang bergizi serta menghindariasupan lemak berlebih. Akan tetapi perlu diingat menjaga berat badan harus diimbangi dengan kebutuhan vitamin serta mineral yang cukup agar kondisi ibu dan janin sehat serta terhindar dari penyakit apapun. 

10. Mendapatkan Vaksin Kehamilan Yang Dianjurkan 

Yang terakhir adalah mendapatkan vaksin kehamilan, ada beberapa vaksin yang yang disarankan untuk ibu hamil agar kesehatan ibu dan bayi terjaga. Mulai dari suntikan Vaksin DDT, vaksin influenza serta suntikan Vaksin penyakit Hepatitis B yang semunya berguna untuk meminimalisir kesehatan sang ibu dan sang janin yang dikandung. 

Demikian 10 tips menjaga kesehatan ibu hamil yang tepat serta dapat memberikan beberapa saran yang dapat membantu ibu hamil pada masa kehamilannya. Untuk mengecek kesehatan dan berkonsultasi kandungan, kalian bisa mengakses platform halodoc, yang mana di dalamnya langsung ditangani oleh para ahli di bidangnya masing-masing. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi