Kamis

KamisT06.37

Peluang Bisnis Usaha Katering Omset Jutaan Rupiah

Ada banyak usaha yang terdampak akibat dari covid-19. Hal ini membuat banyak orang beralih untuk menjadi pengusaha untuk terus menjalani kehidupan. Salah satu usaha yang dilirik banyak orang adalah katering. Ya, katering merupakan usaha yang terus ada sejak lama. Ada banyak orang yang membutuhkan jasa katering, sehingga tidak heran jika banyak orang yang memulai bisnis ini. 

Bisnis ini juga menjanjikan banyak keuntungan. Bayangkan saja, setiap orang membutuhkan makan. Dan kebanyakan dari mereka, terutama yang di kota besar, tidak punya banyak waktu untuk membuat itu semua. Di situlah peran pebisnis katering dibutuhkan. 

Jenis usaha katering sendiri ada beberapa macam. Dan jika dikelola dengan baik, maka akan bisa menghasilkan omzet hingga keuntungan yang sangat besar, bahkan hingga jutaan rupiah. Walau begitu, bukan berarti kita perlu untuk menguasai semua jenis usaha katering. Sebaiknya, kita menguasai satu jenis usaha saja, dan berkonsentrasi penuh untuk mengembangkannya. Karena saat kita berusaha untuk memenuhi segala jenis permintaan katering, maka kita sendiri yang akan kesulitan. 

Jika kita fokus akan satu jenis usaha katering, maka kita akan bisa membangun pelanggan, selain juga menjaga kualitas masakan yang kita sajikan dengan kualitas yang baik. Sebelum memulai usaha katering, berikut ini adalah beberapa jenis katering yang bisa kita lakukan. 

Katering Rumah Sakit 

Jenis katering ini adalah yang tersulit. Bagaimana tidak, untuk bisa memenuhi kebutuhan rumah sakit, kita perlu tahu nilai takaran gizi setiap masakan dan makanan yang kita sajikan. Selain itu, kita juga perlu mengetahui apakah rumah sakit membutuhkan katering, karena biasanya ada rumah sakit yang memang sudah menyediakan katering sendiri. 

Untuk memulai usaha katering rumah sakit kita biasanya perlu memiliki seorang ahli gizi sehingga bisa membuat makanan yang sesuai dengan gizi. Tapi selebihnya, tidak ada yang berbeda dari jenis katering lainnya. Kita hanya perlu membuat makanan dan minuman yang berkualitas untuk pelanggan. 

Katering Pesta 

Jenis katering pesta biasanya adalah yang paling banyak dicari orang. Hal ini karena katering pesta sendiri memiliki pasar yang besar. Pesta pernikahan, pesta lamaran, pengajian, syukuran, ulang tahun, dan acara lainnya memerlukan katering pesta. Biasanya katering pesta juga harus memiliki pelayan yang menyajikan makanan, bahkan hingga tim kebersihan sendiri agar acara pesta tetap terjaga kebersihannya. Karenanya, jenis katering ini biasanya memang jenis yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan katering lainnya. 

Katering Khusus 

Katering khusus hampir mirip dengan jenis katering rumah sakit. Biasanya memiliki pasar para orang-orang yang perlu mengkonsumsi makanan yang gizinya sesuai. Pengidap diabetes, darah tinggi, dan kolesterol yang harus menjaga pola makan biasanya menggunakan jasa katering ini. Seiring perkembangannya, kini katering khusus tidak melulu untuk orang tua atau yang mengidap penyakit. Kini katering khusus juga hadir untuk mereka yang ingin menjaga pola hidup sehat. Dengan menyajikan makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. 

Katering Transportasi 

Katering transportasi biasa kita temui di agen travel pariwisata, kapal, atau bus luar kota antar provinsi yang seringkali memakan waktu tempuh lama. Kita menyediakan makanan untuk para penumpang transportasi tersebut. Biasanya disesuaikan dengan jumlah penumpangnya. Kereta Api dulu menggunakan jasa ini. Hanya saja saat ini katering kereta api sudah melakukannya sendiri atau in-house. 

Katering Perusahaan 

Jenis katering perusahaan juga kini mulai banyak dibutuhkan. Dengan semakin berkembangnya perusahaan, biasanya mereka akan melakukan beragam acara atau kegiatan. Dan di sanalah kebutuhan katering perusahaan dibutuhkan. Tidak hanya itu, ada beberapa perusahaan yang juga menyediakan makan siang untuk karyawannya. Maka di sinilah jenis katering perusahaan dibutuhkan. Setiap hari kerja mereka perlu untuk menyajikan makanan untuk karyawan perusahaan tersebut.

Related Posts

1 komentar:

  1. usaha katering menurut aku menjanjikan,apalagi disaat seperti sekarang ini, bisnis nya pun bisa dibuat online dengan menjadi mitra ojol. karena kebutuhan primer seperti makan ini adalah kebutuhan utama manusia

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi