Jumat

JumatT13.16

Makanan Pengganti Nasi untuk Kamu yang Sedang Berdiet

Diet Karbohidrat Terbaik
Source: tribunnews

Karbohidrat ditemukan di hampir semua makanan dan memainkan peran penting dalam berfungsinya sistem kekebalan tubuh, pembuahan, pembekuan darah, dan perkembangan manusia. Namun demikian, bila berlebihan mengonsumsi karbohidrat berpotensi menimbulkan penyakit serius seperti diabetes tipe-2. Maka sebab itu, penting untuk mengetahui makanan pengganti nasi yang memiliki jumlah karbohidrat yang tidak terlalu tinggi. 

Brokoli si hijau pengganti nasi

Diet Karbohidrat yang Baik
Source: foodnews.news


Brokoli adalah sayuran hijau andalan bagi kamu yang sedang berdiet. Brokoli memiliki zat yang penting untuk kebaikan tubuh kamu. Perlu kamu ketahui, diet bukan berarti tidak mengonsumsi sama sekali suatu zat. Tentu saja tubuh kita tetap membutuhkan keseimbangan, namun jumlah zat tertentu perlu dikurangi seperti karbohidrat. Itulah makanya banyak sekali pejuang diet yang mencari alternatif makanan pengganti nasi, seperti brokoli ini. Nasi memang terkenal dengan jumlah karbohidrat yang besar. 

Konsumsi brokoli membuat kamu tetap mendapatkan karbohidrat yang cukup. Brokoli mengandung karbohidrat yang bersumber dari serat dan gula. Kandungan total karbohidrat brokoli tentu saja lebih rendah dari nasi.Selain karbohidrat, kamu juga akan mendapatkan protein nabati, vitamin, dan mineral dan omega-3. 

Coba konsumsi brokoli dengan cara dicincang kecil-kecil agar lebih mudah untuk dikombinasi dengan makanan lainnya. Memakannya sedikit demi sedikit membuatmu akan merasa kenyang lebih lama. Untuk baca-baca artikelku tentang diet sehat, langsung aja baca >> Tips Diet Sehat untuk Turunkan Berat Badan <<

Beberapa jenis kacang sebagai makanan pengganti nasi 

Semua kacang akan sangat baik untuk pengganti nasi. Pada dasarnya hampir semua kacang mengandung kombinasi asam lemak omega-3, protein, dan serat yang membantu merasa kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan. Kacang almond, misalnya, selain menjadi camilan, kacang almond juga dapat dijadikan sebagai susu, sehingga kamu tidak akan bosan mengonsumsinya. 

Banyak sekali cara mengonsumsi kacang ini, bisa hanya sebagai camilan sehat, atau dijadikan bahan dasar pembuatan kue dan makanan. Kacang hijau contohnya, yang sangat cocok untuk dijadikan bubur. Kacang merah yang sangat cocok dijadikan bahan tambahan kue atau es. Menambah energi dan mempertahankan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi kacang adalah pilihan yang tepat. Pastikan kamu selalu mengonsumsi kacang dalam jumlah yang tepat. 

Buah-buah sumber energi alternatif selain nasi 

Beberapa buah-buahan, ternyata juga mengandung banyak karbohidrat, loh. Jenis buah yang mengandung karbohidrat adalah jenis buah yang memiliki kandungan gula cukup tinggi. Berikut adalah buah yang bisa menggantikan nasi: 

1. Mangga 

Kamu hanya perlu mengonsumsi 1 buah mangga untuk menjawab kebutuhan karbohidrat harian. Untuk satu mangga sendiri memiliki karbohidrat sebesar 40 gram. 

2. Pisang 

Pisang adalah buah manis lainnya, yang memiliki kandungan gula cukup tinggi. Dalam satu buah pisang matang, kamu akan mendapatkan karbohidrat sebesar 30 gram. 

3. Apel 

Buah manis satu ini adalah favorit banyak orang. Apel memiliki 25 gram karbohidrat dalam satu porsinya. Makan apel di pagi hari sebelum berolahraga dianjurkan untuk menambah energi. 

4. Buah kering 

Buah kering memang terkadang mengandung banyak gula karena proses pengolahannya. Dalam 100 gram buah kering terdapat 70-90 gram karbohidrat. Perlu kehati-hatian dalam memilihnya sebagai makanan pendamping diet. Kamu perlu lebih cermat untuk mengonsumsinya.

5. Nanas 

Buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi ini memiliki jumlah karbohidrat sebanyak 22 gram dalam satu cangkirnya. Kamu bisa mengonsumsi nanas sebagai bubur, smoothies, jus, dan salad. 

Buah apa yang rendah karbohidrat? 

Raspberry, blackberry, dan stroberi adalah pilihan terbaik, dengan jumlah karbohidrat bersih sekitar 5 atau 6 gram per 100 gram. Selain itu, mungkin plum atau beberapa buah ceri. 

Buah apa yang terbaik untuk dimakan untuk menurunkan berat badan? 

O Tidak ada pilihan yang bagus. Mungkin lebih baik untuk menjaga asupan buah tetap rendah jika ingin menurunkan berat badan dengan diet rendah karbohidrat. 

Informasi tambahan: 

Konsumsi karbohidrat yang berlebihan, terutama karbohidrat olahan seperti gula atau sirup jagung, dapat menyebabkan obesitas, diabetes tipe-2, dan kanker. Makanan berkarbohidrat tinggi yang tidak sehat, antara lain pancake, pretzel lembut, produk roti, sereal siap makan, milkshake, es krim, sereal batangan, kue, pai, muffin, buah-buahan kalengan yang dimaniskan, minuman manis, jus buah, keripik jagung, keripik kentang, dan permen. Makanan tinggi karbohidrat yang sehat meliputi biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, buah- buahan segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Nilai harian (% DV) untuk karbohidrat adalah 300 gram. 

Hal yang perlu kamu tahu adalah kamu tidak boleh berlebihan untuk mengurangi karbohidrat. Diet karbohidrat jangka panjang dapat menyebabkan tulang keropos, tubuh kekurangan mineral dan vitamin, serta menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Makan berimbang adalah diet sehat yang sesungguhnya. Jangan lupa untuk rajin berolahraga minimal 15 menit sehari.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi