Jumat

JumatT08.57

Peran Penting Logistik dalam Perkembangan E-Commerce di Indonesia

 

Source: bisnis.com

Industri e-commerce di indonesia sekarang ini memang tengah maju dengan pesat. Sehingga jelas saja keberadaan logistik memiliki peran penting yang memudahkan pengiriman barang dari Sabang sampai Merauke. Apalagi saat ini orang cenderung menyukai segala hal yang simple dan serba mudah demi mempersingkat waktu. Oleh sebab itu, artikel di bawah ini akan mengulasnya secara singkat apa itu logistik yakni lebih tepatnya peran logistik dalam perkembangan e-commerce di Indonesia. 

Selayang Pandang Mengenai Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia 

Bagi perusahaan yang bergerak dibidang bisnis e-commerce mengakui bahwa perkembangan bisnis tersebut semakin melaju dengan pesat. Apalagi seiring kemajuan teknologi yang memudahkan jalinan kerja sama dengan berbagai perusahaan maupun penyedia jasa logistik. Sebuah laporan diakses oleh Ken Research di Jurnalmaritim berjudul Logistik dan Pergudangan Indonesia, menyatakan bahwa perkembangan pasar logistik begitu cepat. 

Perkiraannya yakni mencapai 7,9% dalam satu tahun ke depan yakni tepat pada 2021. Bahkan, Freight Forwading menjadi sebuah segmen dengan pertumbuhan tercepat yang diperkirakan. Tidak hanya itu, bahkan dalam data lain disebutkan bahwa nantinya pada tahun 2021 bisnis e-commerce di Indonesia akan semakin meningkat daripada tahun sebelumnya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Pasalnya semakin lama maka kebutuhan manusia akan kebutuhan terus meningkat. 

Selain itu juga dalam data lain disebutkan bahwa e-commerce di Indonesia sudah terlihat kemajuan dan prospek menjanjikannya sejak tahun 2018 lalu, Apalagi saat pasar bebas diberlakukan di Indonesia, semua produk dari luar negeri mulai dari harga murah sampai kualitas terbaik masuk. Sehingga tidak dapat ditampikkan apabila masyarakat Indonesia yang gemar berbelanja dan mengikuti trend lebih memilih berbelanja secara daring.

 Maka, sebagai masyarakat yang hidup di era industri 4.0 memang sudah selayaknya memanfaat segala kemudahan yang disediakan, salah satunya adalah jasa logistik. Inilah Pentingnya Jasa Logistik dalam Perkembangan E-Commerce di Indonesia Kemajuan bisnis e-commerce di Indonesia yang terus meningkat tidak lain disebabkan karena peralihan tren belanja offline ke belanja daring (online). Apalagi faktanya belanja secara online cenderung lebih mudah dan hemat. Lantas apa pentingnya logistik dalam fenomena tersebut? 

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini: 

1. Memudahkan Pengiriman Barang 

Nah, sekarang ini berbagai barang bagus dari berbagai wilayah bisa dengan mudah didapatkan. Baik barang tersebut bervolume maupun tidak. Apalagi jasa logistik yang sekarang menjamur sudah beraneka ragam, mulai dari jalur darat hingga laut.Mau sebanyak apapun barang yang dibeli tentu tidak perlu khawatir soal bagaimana mengambilnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila melakukan survey perihal jasa logistik yang akan dijadikan pilihan untuk mengirim barang agar selamat sampai kota tujuan. Caranya bagaimana? yakni bisa mencarinya di google terlebih dahulu. 

2. Menghemat Biaya Transportasi 

Peran penting logistik dalam perkembangan e-commerce di Indonesia berikutnya adalah untuk menghemat biaya transportasi. Apabila sebelum merebaknya jasa logistik seperti sekarang, orang harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar biaya transportasi. Belum lagi jika jaraknya jauh, seperti misalnya luar provinsi sampai antar pulau. Mengapa dikatakan demikian? 

Pasalnya dengan menggunakan jasa logistik, siapapun bisa menunggu kedatangan barang sampai di depan rumah, atau mengambil di penyedia jasa terdekat dengan tempat tinggal. Biaya kirimnya pun sangat terjangkau, yakni sekitar Rp. 8000,00 sampai Rp. 200.000,00 saja. Untuk lebih jelasnya bisa cek langsung di website cek ongkos kirim. 

3. Mengefektifkan Waktu 

Membeli atau mengambil barang yang dikehendaki di luar kota saja menyita waktu, apalagi jika barangnya di luar pulau maupun luar negeri. Apalagi jika pekerjaan tidak ada hentinya dan sangat sulit mengambil waktu cuti, pasti akan kesusahan. Sehingga belum sempat datang untuk membeli barangnya, tiba-tiba sesuatu yang diinginkan sudah habis terjual. Tentu akan sedih dan stres bukan? Oleh karena itu, demi mengefektifkan waktu hadirlah jasa logistik yang saat ini banyak menawarkan jaminan barang cepat sampai bahkan dalam kurun waktu sehari saja. Namun, tentu hal tersebut mempengaruhi besaran biaya kirimnya. 

4. Memudahkan Pekerjaan 

Selain menjadikan waktu lebih efekti dalam berbelanja, peran penting logistik lainnya adalah memudahkan pekerjaan, terlebih lagi bagi penjual online. Kesibukan merekap orderan, packing hingga melakukan pengiriman tentu saja sudah sangat merepotkan. Oleh karena itu jasa logistik hadir di tengah-tengah hiruk pikuk masyarakat demi memudahkan segalanya. Apalagi sekarang tidak sedikit jasa logistik yang suka rela membantu para penjual online untuk mengambil dan mengantar barang sampai di depan rumah. Sehingga para ibu rumah tangga tidak perlu repot meninggalkan pekerjaan rumah maupun anak-anak demi mengantarkan barang ke kantor logistik.

5. Menjaga Kualitas Barang Tetap Aman 

Selama ini peran penting logistik dalam perkembangan e-commerce yang jarang diketahui oleh orang salah satunya adalah menjaga kualitas barang tetap aman. Bahkan barang yang berbahan dasar kaca maupun mudah pecah bisa dijamin keselamatannya oleh pihak logistik. Beda halnya ketika membawa barang yang dibeli menuju kota A ke kota B, misalnya. Selain rentan diperjalanan juga tidak akan ada yang menanggung biaya ganti rugi apabila terjadi kerusakan. Oleh karenanya tidak dapat dipungkiri bahwa jasa logistik mampu memudahkan berjalannya alur jual beli secara online di seluruh Indonesia hingga seluruh dunia. 

Nah, SERA di bawah naungan brand SELOG hadir untuk keperluan jasa logistik masyarakat, yang memiliki banyak layanan, diantaranya contract logistics, shipping services, shipping agency, freight forwarding, warehouse and yard management, courier services, tentu akan mempermudah jasa pengiriman masyarakat Indonesia. 

Sekian ulasan mengenai peran penting logistik dalam perkembangan e-commerce di Indonesia. Semoga dapat dijadikan kajian untuk memperluas wawasan dan semakin bijak dalam menjalankan tren belanja daring. Semoga bermanfaatm ya? Terima kasih!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi