Jumat

JumatT06.25

Perjalanan Ngeblogku: Dari Anak SMP Biasa Jadi Blogger yang Berpenghasilan

Halo guys, kesempatan kali ini, aku akan berbagi pengalaman kepada kalian semua, tentang bagaimana perjalanan ngeblogku selama ini, karena sebagian besar teman-teman ingin bertanya tentang apa kesibukan aku, kok sepertinya asik banget, ngerjain hobi, juga bisa dapet penghasilan gitu.

Okay, pertama kali mengenal blog sejak kelas 2 SMP, saat itu kebetulan ada workshop gratis yang disediakan oleh pihak sekolah, dengan tema blog, jadi aku sempatkan untuk hadir. Di sana, aku mempelajari banyak hal baru, seperti menulis secara online, hingga cerita-cerita blogger keren yang mendapatkan penghasilan dari blog itu sendiri. Well, jadinya aku tertarik kan.

Di workshop itu juga, aku diajari bagaimana langkah-langkah membuat blog untuk pemula. Aku catat poin demi poinnya. Lalu, mencobanya dengan meminjam laptop teman satu asrama (maklum, saat itu aku tidak memiliki laptop, jadi sebatas meminjam saja). Aktivitas itu semakin bikin candu, aku tertarik mengutak-atik blog, gemes pengen mempercantik blog, mencari template yang bagus, tak lupa mengisinya dengan artikel yang bagus juga, ya, sepertinya ini menarik banget, pikirku.

Sampai aku memutuskan ngumpulin duit buat beli buku bacaan bertema blogging. Ya, aku beli buku "BLOGGING: HAVE FUN AND GET THE MONEY" karya mbak Carolina Ratri. Aku baca-baca terus, aku pahami setiap istilah baru. Eh asik juga ternyata. Yang paling aku suka, dalam buku tersebut ya tentu pembahasan tentang cara me-monetize blog. Tipsnya, ya pertama blognya harus ber-domain dulu, jadi blog yang awalnya berdomain ngikut blogspot menjadi berakhiran TLD (Top Level Domain), jadi aku beli dong.

Memang, keren gitu kan, awalnya namablog.blogspot.com jadi www.faisol.id jadi semacam ada brand sendiri. Dan setelah membeli domain, dan kualitas blog ikut naik, eh semakin banyak juga dong, tawaran kerja sama. Alhamdulillah

Kalau ditanya, mengapa aku memutuskan untuk terjun di dunia blogging ini? Jawabannya cukup simpel, karena aku ingin memanfaatkan apa yang aku bisa. Menulis, membuat desain grafis, adalah beberapa hal yang aku bisa, dan terus aku kembangkan untuk menghasilkan manfaat hingga saat ini. 

Ya bayangkan saja, ketika kamu berbagi ilmu, lalu dibaca orang banyak, pasti banyak orang terbantu, bukan? Belum lagi manfaat tambahan bisa dapet penghasilan dari menulis di blog, lho. Untuk yang ingin membaca lengkap tentang alasanku menjadi lifestyle blogger, bisa baca langsung: 7 Alasan Memilih Menjadi Lifestyle Blogger

Ngomong-ngomong tentang dapat penghasilan dari ngeblog, sebenarnya dari mana penghasilan itu didapat? Well, blog itu ibarat media, kawan. Jadi di sini kita menulis sesuatu untuk dibaca oleh semua orang dari berbagai kalangan, cuman bedanya kalau media itu memiliki organisasi atau badan khusus, sedangkan blog dimiliki pribadi atau bersifat independen.

Metode mendapatkan penghasilan pun bisa dibilang mirip. Jadi, biasanya ada pengiklan dari perusahaan-perusahaan baik multinasional maupun swasta, yang menghubungi email kita, untuk mengajak kerja sama. Aku sudah menulis dengan lengkap bagaimana cara dapet uang dari blog, ada banyak banget caranya, langsung aja baca : Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

Nah, ini.. Banyak yang bertanya "Faisol, aku ingin ngeblog juga, apa yang harus aku lakukan?" Pertama kali kalian harus punya blog dulu dong, caranya cukup daftar di Blogger.com setelah itu, tinggal bikin alamat blog, lalu bisa deh buat nulis-nulis apa yang kita mau.

Untuk yang niatnya jadi lebih profesional, seperti yang aku ceritain di atas, kalian bisa banget ngumpulin uang untuk membeli domain seperti aku. Ya, bisa lah, sehari nabung 2 ribu, atau 3 ribu, sebulan bisa buat beli domain. Domain harganya bervariasi, tergantung eksistensinya, kalau .com biasanya 100 ribuan/tahun, kalau aku kan pakai .id itu 190 ribuan/tahun. Jadi beda-beda tergantung penyedia dan eksistensi domain. Kalau yang ingin lebih pro lagi, bisa gunakan hosting, jadi blog kita di-host secara mandiri oleh server yang disediakan. Ini harganya pun bervariasi, mulai dari Rp.9.900/bulan lho. 

Kalian coba deh, menggunakan layanan dari Masterweb, karena di sana, kalian bisa dapet harga domain maupun hosting yang cukup murah. Menariknya lagi, kalau daftar di masterweb, kita bisa dapet saldo gratis senilai Rp. 50.000 lho. 

WOW.. Beneran dapat saldo gratis senilai Rp. 50.000

Bagaimana cara mendapatkan saldo gratis di masterweb senilai Rp. 50.000? Begini caranya 

  • Mudah banget caranya, tinggal >> DAFTAR DI SINI <<
  • Klik daftar di pojok atas
  • Isi data diri yang sesuai
  • Verifikasi Email 
  • Kamu akan mendapat notifikasi saldo gratis Rp. 50.000, dan bisa langsung Beli domain maupun hosting untuk blog kamu. Mudah, kan? 

Oh iya, misal kalian kesusahan  nih, cara aktifin domain maupun hosting bagaimana, kalian ga perlu pusing, cukup tanya customer service Masterweb, karena pelayanannya ramah dan fast respon. Pokoknya kalian bakal terbantu deh. 

Setelah domain dan hosting sudah ada, langkah selanjutnya adalah menjaga konsistensi. Teruslah semangat menulis, membangun hubungan, juga sering-seringlah join grup blogger, karena di dalamnya banyak sekali manfaat dan job yang beterbangan. Manfaatkan, guys.

Dan yang gaboleh dilewatkan, jangan lupa follow ig masterweb di @masterwebnetwork karena banyak banget promo, juga tips-tips ngeblog yang berguna deh untuk upgrade skill ngeblog kalian. Difollow lho, ya

Demikian artikel ini, aku berharap kalian dapat mengambil manfaat. Intinya, jangan pernah takut untuk menjadi profesional. Menulislah, membuat desainlah dengan bersungguh-sungguh, maka kalian akan dihargai sebagai seorang profesional. Makasih sudah membaca sharing-sharingku kali ini. See you again.. 

Related Posts

6 komentar:

  1. Teknologi semakin canggih. Dunia digital semakin berkembang. Sudah saatnya kita mengasah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu. Kalo bisa nulis, ya asah dengan cara mengelola blog. Lalu lanjut improve skill lainnya, kayak bikin infografis, dan lain sebagainya.

    Hebat, SMP udah bisa nulis. Zaman saya, SMP masih nongkrong bae , hehehe... Beda zaman, beda teknologi ya SOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, bener, saling berlomba-lomba dalam kebaikan, semangat mas

      Hapus
  2. BTW, merk laptopnya ABISHOT ?? MERK anyar tah?? Gagal fokus sama sapunya 🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadohhh mode cerminnya bikin galfok wkwk. Hem, sapunya pengen eksis juga mas

      Hapus
  3. Isoooollll,aq gagal fokus gagal fokus sama sapunya. rajin amat ya kamu update blog sambil nyempetin nyapu.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap bebersih saat ngapain aja, termasuk sebelum Ngeblog mbak, hehehe, nyempetin nyapu alhamdulillah haha

      Hapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi