Kamis

KamisT06.00

Peluang Usaha Makanan Online yang Menguntungkan

Peluang Bisnis Makanan Online
Sumber: https://i.imgur.com/YOOAqd5.jpg

Karena adanya pandemi, banyak warung maupun resto yang dipaksa tutup oleh keadaan dan hanya bisa terima orderan untuk dibawa pulang. Akhirnya transaksi online makanan naik drastis selama pandemi. Beberapa warung makanan dan resto sendiri sudah mengandalkan usaha makanan online sebelum pandemi. Di artikel sebelumnya bisa dijadikan referensi bisnis online menguntungkan, baca di Peluang Bisnis Kue Kering Omset Hingga Jutaan Rupiah 

Sebenarnya tanpa adanya pandemi, pemesanan makanan online naik setiap tahunnya. Ditambah dengan maraknya aplikasi ojek online yang juga membuka jasa antar makanan, order makanan online menjadi booming.

Dengan semakin mudahnya konsumen memesan makanan online, tidak hanya melalui aplikasi ojek online, tetapi juga menjual melalui sosial media, kesempatan untuk membuka usaha makanan online darimana saja semakin besar. Adanya pandemi semakin memperbesar peluang usaha makanan online.

Usaha makanan apa yang bisa dibuat online ?

  • Frozen Food

Bermacam-macam frozen food sudah banyak dibuat oleh pabrikan dan dijual di supermarket-supermarket besar maupun kecil. Tetapi apabila diperhatikan dengan seksama, target market frozen food pabrikan rata-rata untuk kelas menengah ke atas. Yang dijual di supermarket rata-rata frozen food yang umum seperti bakso, sosis, nugget yang target marketnya menengah atas atau frozen food import.

Selain itu, masih banyak frozen food yang macamnya tidak dijual di supermarket. Frozen food seperti tortilla, kebab, cireng, pastel atau beberapa macam makanan tradisional yang bisa difrozen tidak dijual di supermarket-supermarket, karena pabrik tidak membuatnya.

Celah ini bisa dimasuki usaha rumahan atau UKM untuk Usaha Makanan Online. Membuat frozen food dengan target market konsumen menengah ke bawah atau membuat frozen food yang tidak dijual di supermarket, tetapi banyak orang suka, misalnya kebab atau bahan kebab, makanan tradisional yang bisa dibuat frozen seperti sosis solo, risoles, kulit pangsit dan sebagainya. Keuntungan frozen food untuk usaha makanan online, makanan tidak basi dalam 1 atau 2 hari karena tahan lama meski harus dimasukkan ke dalam freezer.

  • Makanan Siap Saji

Sejak adanya aplikasi ojek online, menjual makanan siap saji semakin mudah. Bahkan tanpa memiliki tempat usaha yang berada di pinggir jalan, bisa memulai usaha makanan siap saji dari rumahnya.

Penting untuk dipikirkan cara penyimpanan makanannya, pada saat ada order datang, makanan yang dipesan tetap hangat untuk makanan hangat atau tetap dingin, misalnya untuk minuman. Apabila usaha makanan online dilakukan di rumah saja, tanpa ada penjualan offline misalnya karena lokasi di rumah dan tidak di pinggir jalanan umum, sebaiknya dipikirkan jual makanan siap saji yang bisa disimpan dan tidak mudah basi. Atau baru dimasak ketika dipesan.

Misalnya jual juice buah-buahan, nasi goreng, mie ayam, yang baru dibuat ketika ada order masuk ke penjual. Dengan begitu, penyimpanan makanan lebih mudah. Kalian bisa membaca artikelku Cara Sukses Berbisnis Makanan Cepat Saji

  • Makanan Kemasan

Alternatif makanan yang bisa dijadikan produk untuk usaha makanan online adalah makanan yang dikemas dan tahan lama. Makanan kemasan ini bisa berupa makanan kering atau makanan yang diolah lama dan disimpan dalam kemasan kedap udara sehingga tahan lama.

Makanan kemasan bisa beraneka macam. Snack untuk camilan atau lauk kering seperti abon, bisa dijadikan produk makanan kemasan siap makan. Selain itu aneka sambal, minuman yang disimpan secara kedap udara bisa jadi alternatif makanan kemasan.

Keuntungan yang pasti adalah tahan lama sehingga area penjualan bisa menjangkau lebih jauh daripada makanan siap saji. Selain itu, tidak membutuhkan cara khusus untuk penyimpanannya seperti pada frozen food, sehingga harga jual bisa lebih murah.

  • Katering

Usaha makanan katering sudah lama ada dan banyak dicari bahkan sebelum masa booming internet. Katering banyak dibutuhkan di acara-acara yang mengumpulkan orang banyak sehingga membutuhkan jumlah makanan yang banyak. Selain itu katering juga dibutuhkan untuk orang-orang yang  membutuhkan makanan spesifik, misalnya makanan diet, makanan untuk penderita sakit tertentu.

Kelebihan dari katering tentu saja karena makanan ini adalah makanan pesanan. Apabila ada pemesan yang membutuhkan pada tanggal sekian, baru makanan ini disiapkan. Pemilik usaha katering tidak membuang makanan karena basi akibat tidak laku bila penjualan makanan sistem katering ini.

***

Menyiapkan Kemasan Usaha Makanan Online


Kemasan sangat penting untuk usaha makanan online. Karena sebelum mencoba rasa makanan, konsumen tertarik membeli karena tampilannya. Kemasan yang dimaksud dalam usaha makanan online bukan hanya bungkus makanannya, tetapi juga penampilannya secara online. Persiapan yang harus dilakukan :


Foto Produk Makanan

Memotret makanan agar terlihat menarik, membutuhkan trik-trik. Trik foto makanan saat ini banyak dijumpai di Youtube maupun sosial media lain. Konsumen tertarik membeli makanan online pertama kali karena foto.

Bungkus Makanan

Seperti resto-resto besar, usaha makanan online sebaiknya juga memikirkan kemasan yang baik untuk produknya. Membuat merek dikenal penting untuk kelangsungan usaha secara jangka panjang.

Buatlah logo yang mudah dikenali dan logo beserta kontak tempat usaha bisa disablon atau dibuat stiker di bungkus makanan. Cukup buat dari banyak template logo keren di internet, seperti Canva.

Buat Lapak Online

Seperti halnya membuat warung makanan atau resto, membuat lapak jualan online yang merupakan toko atau resto online makanan. Lapak online bisa dibuat di sosial media Instagram, Facebook, marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Tokopedia dan juga Aplikasi ojek online yang menyediakan jasa antar makanan seperti Gojek dan Grab.

Bila ada dana dan kemampuan teknis, membuat etalase online berupa website juga bisa dilakukan.

Yang terpenting di lapak online harus menarik foto makanannya, nama lapak, logonya dan kontak yang bisa dihubungi konsumen.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi