Senin

SeninT06.28

Kenali Pengertian dan Jenis-jenis Digital Marketing

Bisnis online merupakan salah satu sektor usaha yang saat ini sangat digemari oleh setiap lapisan pebisnis di Indonesia yang memanfaatkan berbagai bentuk jenis digital marketing untuk mempromosikan bisnis, produk atau jasa yang ditawarkan. 

Secara sederhana, bisnis online adalah kegiatan bisnis yang pelaksanaannya dibantu oleh sarana-sarana online atau dengan bantuan internet. Digemarinya bisnis online dikarenakan dalam kegiatan pemasaran ataupun penjualan, bisnis online dibantu oleh digital marketing yang hemat biaya. Selain hemat biaya digital marketing juga sangat digemari anak muda, yang di Indonesia sendiri memiliki jumlah populasi terbanyak saat ini. Maka dari itu, baik itu dari tingkat umkm hingga tingkat perusahaan pun, saat ini banyak melakukan kegiatan pemasaran menggunakan bantuan teknologi digital. 

Pengertian Digital Marketing 

Sebelum memahami secara mendalam terkait pengertian dan jenis digital marketing secara umum untuk pemasaran produk secara online. Maka hal pertama yang ingin saya tanyakan kepada anda semua adalah, apakah anda pernah membeli suatu produk karena melihat iklan produk tersebut? Lalu, pernahkah anda membeli produk karena produk tersebut berada diatas mesin pencarian? Apakah anda merasa lebih yakin pada suatu produk, apabila produk tersebut memiliki video review-nya? 

Jika anda pernah membeli produk dikarenakan iklan, lalu karena halaman websitenya berada di atas mesin pencarian dan tambah yakin karena ada video reviewnya. Maka anda dapat dipastikan merupakan salah satu orang yang mendapat pengaruh dari adanya digital marketing. Lalu sebenarnya apa sih yang didefinisikan oleh digital marketing tersebut? 

Definisi digital marketing adalah seala jenis bentuk pemasaran atau marketing yang dilakukan dengan bantuan teknologi digital. Teknologi digital saat ini, lebih kami pahami dengan internet. Banyaknya yang menggemari digital marketing, karena hemat biaya dan juga mudah diakses oleh setiap orang, dimanapun dan kapanpun. 

Jenis-jenis Digital Marketing yang Perlu Diketahui Pebisnis 

Digital marketing memiliki perkembangan yang sangat pesat. Terutama dengan adanya masa pandemic ini, dimana mobilitas terbatas maka digital marketing menjadi salah satu opsi pilihan. Adapun digital marketing memiliki beberapa jenis yaitu:

1. Content Marketing 

Content marketing didefinisikan sebagai strategi marketing dengan menggunakan sarana sebuah konten. Adapun konten yang dapat menarik pelanggan, adalah konten yang menarik, relevan dan juga stabil dalam pembuatannya. Adapun konten yang dimiliki ini akan di upload kepada aplikasi-aplikasi pembantu seperti Podcast, Youtube, dan Website. 

2. Search Engine Optimization (SEO) 

Search Engine Optimization (SEO) adalah perangkat yang digunakan untuk mengoptimalisasi halaman website yang anda miliki, agar dapat berada di atas mesin pencarian. Hal ini bertujuan agar, konsumen dapat dengan mudah menemukan halaman website anda. Sehingga konsumen akan mempunyai kepercayaan lebih untuk membeli produk yang anda miliki. Salah satu jenis media digital marketing terbaik untuk promosi bisnis, produk atau jasa jangka panjang ini tidak cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil yang instan. 

Karena optimasi SEO website bukanlah perkara yang mudah, ada lebih dari 200 faktor yang harus dipahami salah salahnya ialah faktor optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage website. Selain itu, Anda juga harus memilih layanan SEO service yang profesional dan tepat seperti Studi SEO Indonesia, yang telah berpengalaman lebih dari 3 tahun melayani jasa SEO website. 

3. Search Engine Marketing (SEM) 

Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu jenis strategi marketing yang ada pada zaman teknologi digital saat ini. Adapun fungsi Search Engine Marketing (SEM)  adalah untuk membuat visibilitas atas website yang dimiliki. Jadi dengan adanya visitabilitas tersebut pada jenis digital marketing terpopuler ini, kami sebagai konsumen akan lebih mudah dalam mencari website anda. 

4. Social Media Marketing (SMM) 

Setiap orang yang saat ini sudah dapat mengakses internet, sebagian besar tentu memiliki social medianya sendiri. Salah satu fungsi dari social media, adalah mengenalkan dan memasarkan prosuk bisnis. Pekerjaan baru dengan adanya Social Media Marketing (SMM) ini adalah profesi selebgram. 

5. Pay-Per-Click Advertising (PPC) 

Tahu dengan google adwords? Google adwords adalah salah satu media yang digunakan untuk menggunakan strategi marketing berupan Pay – Per – Click Advertising (PPC). Dengan adanya Pay Per Click Advertising (PPC), pengiklan akan membayar setiap klik iklan yang ada pada iklan yang anda buat. Dan ini termasuk strategi marketing yang banyak digunakan. 

6. Affiliate Marketing 

Affiliate marketing merupakan salah satu strategi marketing yang banyak digunakan oleh pebisnis online. Dimana mereka melakukan iklan dengan berafiliasi dengan yang lain, salah satunya adalah berafiliasi dengan blogger. Sehingga sebagai blogger dapat memiliki pemasukan passive income atas affiliate marketing ini. 

7. Email Marketing 

Menggunakan aplikasi email dalam melakukan pemasaran, membuat pebisnis dapat menjadi lebih dekat dengan konsumennya, selain itu, bentuk digital marketing via email ini masih cukup efektif untuk pemasaran produk atau jasa. Hal tersebut dikarenakan pada email marketing kita dapat memperkenalkan produk yang dimiliki, diskon ataupun promo dari bisnis yang ada. Tentu saja dengan tetap meminta izin dari pelanggan, agar tidak dianggap spamming. 

8. Instant Messaging Marketing 

Instant Mesagging Marketing adalah menggunakan sarana pesan online atau instan untuk melakukan strategi pemsaran. Hal ini banyak digunakan, terutama untuk mengajak temen terdekat agar membeli produk yang anda miliki. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan dalam instant mesagging marketing ini adalah WhatsApp, Line, WeChat, Telegram, dan aplikasi lainnya. Radio Advertising Meskipun terdengar sudah ketinggalan jaman, radio ternyata tetap memiliki peminatnya tersendiri. Hal ini dapat terlihat dengan semakin tersesuaikannya konten yang ada di radio, sehingga menarik anak muda menjadi peminat barunya. Oleh karena itu, periklanan di radio pun menjadi salah satu strategi dari kegiatan pemasaran. 

9. Television Advertising 

Salah satu jenis digital marketing yang memiliki periode terlama dan ketahanannya sudah teruji, adalah pemasangan iklan yang dilakukan di televisi. Hal ini menjadi strategi marketing yang ampuh, karena sebagian dari kami yang merupakan calon konsumen, memiliki kecendrungan visual. Dengan kata lain tertarik dengan produk yang ditampilkan secara visual, yang dapat dipandang mata. 

Marketing merupakan ujung tombak dari penjualan. Hal ini dikarenakan dengan adanya marketing, anda sebagai pebisnis dapat membaca pasar dan menyajikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar. Selain itu, dengan adanya marketing pula, pasar dapat dibentuk dan penjualan dapat ditingkatkan. Strategi marketing dilakukan dengan tujuan agar penjualan dapat meningkat. 

Dalam melakukan sebuah strategi, maka harus disesuaikan terlebih dahulu dengan keadaan pasar. Jika saat ini pasar lebih di dominasi oleh anak muda, maka strategi yang digunakan pun harus sesuai untuk menarik anak muda menjadi pelanggan dari perusahaan yang anda miliki. 

Hal ini lah yang membuat strategi digital marketing menjadi sangat diminati. Dikarenakan perkembangan tekonologi digital, terkhusus internet yang sangat pesat. Sehingga membuat setiap sektor juga harus menyesuaikan dengan perkembangan digital yang tinggi. Selain itu digital marketing juga sangat memudahkan, baik itu bagi pebisnis maupun pelanggan. 

Di sisi pebisnis, biaya yang dikeluarkan tidak akan terlalu besar dengan benefit yang didapatkan. Selain itu, digital marketing yang dilakukan pun dapat menjadi investasi jangka panjang bagi perusahaan tersebut. Adapun bagi pelanggan atau konsumen, dengan perkembangan digital ini dapat memudahkan pelanggan dalam menemukan produk yang ingin dibeli, untuk promosi, mungkin masih banyak macam-macam digital marketing yang tepat untuk bisnis atau perusahaan Anda. 

Selain itu, mereka juga tidak harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga, karena telah banyak platform–platform online shop yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain memudahkan, juga dapat mengehemat pengeluaran, karena banyaknya promo yang ditawarkan. Namun, kita tetap harus menjadi pemakai bijak. 

Dari semua jenis digital marketing menurut para ahli yang sudah kami sebutkan di atas, mana yang paling Anda suka dan pilih sebagai media promosi online terbaik untuk bisnis, produk atau jasa Anda?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi