Sabtu

SabtuT22.08

Mengunjungi Politeknik Negeri Jember, Kampus Vokasi Unggulan di Jember

 Halo teman-teman. 

Pendidikan adalah jembatan kita menuju kesuksesan. Begitu kata pepatah orang tua saya. Benar sekali, melakukan pekerjaan apapun, itu membutuhkan keahlian khusus di bidangnya sehingga pengetahuan itu sangat diperlukan. Contohnya saja, dalam budidaya ikan, jika tak paham tata cara membudidayakannya, pasti kemungkinan besar malah jadi rugi, begitu pula dalam pekerjaan-pekerjaan yang lain. 

Apalagi kita sekarang berada di dunia yang mengedepankan kemampuan dan daya saing yang mumpuni dalam dunia kerja, tentu langkah awal yang harus diperhatikan betul adalah memilih kampus yang cocok sebagai tempat belajar. Yang terpenting kita harus memilih sesuai dengan passion atau ketertarikan kita pada bidang tertentu. Karena dunia kerja butuh orang-orang expert di bidangnya masing-masing. 

Jika kalian tertarik pada peternakan, maka fokuslah di bidang peternakan. Jangan sampai kita salah memilih jurusan, lalu "banting setir" saat di tengah jalan. Bahaya sekali. Maka dari itu, coba saya berikan referensi kampus yang menyediakan banyak jurusan terbaik, bervariasi, terakreditasi, dan menghasilkan bibit-bibit alumnus yang unggul. Di kampus manakah itu? 

POLIJE : Kampus Vokasi Unggulan Mencetak Alumnus Profesional 

Polije Jember

Yup, benar. Politeknik Negeri Jember atau yang akrab disebut "POLIJE" ini adalah salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasional berupa program pendidikan yang mengarah pada skill. Selain itu, Politeknik Negeri Jember memberikan pendidikan yang mengarah pada tingkat keahlian, standar kompetensi spesifik dan keterampilan. Sehingga mahasiswanya benar-benar dilatih untuk siap tempur di dunia kerja, bahkan mempersiapkan untuk menjadi stakeholder. Hal paling penting adalah semua mahasiswanya dipersiapkan agar memiliki tingkat kemandirian tinggi dalam berkarya dan berwirausaha.

Uniknya, kampus ini bahkan memiliki nama Tri Dharma Perguruan Tinggi sebab menyediakan tiga program. Mulanya kampus ini bernama Politeknik Pertanian Universitas Jember sejak berdiri pada tahun 1987, dengan pendampingan konsultan dari ENAREC serta Asian Development Bank. Selanjutnya, kampus ini mandiri secara pengelolaannya menjadi Politeknik Pertanian Negeri Jember pada tahun 1998 dan melakukan pengembangan bidang keilmuan diluar bidang Pertanian pada tahun 2002 dan berubah nama menjadi Politeknik Negeri Jember (POLIJE). Tentu saja semua itu diiringi dengan peningkatan kualitas kampus yang mumpuni.

Sesuai misi polije, menjadi Politeknik Unggul tingat Asia pada tahun 2035, Polije yang kini telah memasuki perguruan tinggi vokasi bertaraf nasional, dengan mengadakan kerja sama dengan negara Asean, dan Asia. Seperti China, Korea, Taiwan, Thailand, Malaysia dan negara"lain untuk mewujudkan misinya tersebut.

Pengembangan Perguruan Tinggi Vokasi di Indonesia saat ini lebih fokus dan terarah, dengan dibentuknya Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang terpisah dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang membina Perguruan Tinggi Akademik seperti Universitas dan Institut. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Vokasi Negeri (PTVN), POLIJE dalam mencetak tenaga terampil dan profesional maka dari itu kerja sama dan support dengan berbagai program hibah kompetisi yang dimenangkan baik Program Penguatan Perguruan Tinggi Vokasi (P3TV) dari Ditjen Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi maupun empat Program Penguatan dari Direktorat Kemitraan dan Penyelaraan DUDI (Mitras DUDI) yang menghubungkan dengan industry, dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA) sesuai dengan tagline "Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia" 

POLIJE sendiri memiliki jargon SIP yang merupakan singkatan dari Smart, Inovatif, dan Profesional memiliki visi luar biasa yakni Menjadi Politeknik Unggul di Asia Tahun 2035. Hal ini tentu ditopang dengan kemampuan fasilitas penunjang serta tenaga pendidik yang profesional dihadirkan dalam proses belajar mengajar di Politeknik Negeri Jember. 

Perbedaan yang sangat mendasar antara PT akademik (Universitas dan Institut) dan PT vokasi (Politeknik) termasuk didalamnya POLIJE, adalah sistem pembelajarannya lebih menitik beratkan pada aspek praktikum, sehingga menghasilkan lulusan yang mempunyai tingkat ketrampilan dan daya saing. Proporsi pelaksanaan praktikumnya sebesar 60 persen dan teorinya 40 persen, sehingga pelaksanaan perkuliahan hampir seharian, mulai kuliah di kelas langsung dilanjutkan praktik baik di Laboratorium, Lapang maupun Bengkel.

Seperti Apa POLIJE dari Dekat?

Pendaftaran Politeknik Negeri Jember

Nah, kebetulan nih, kemarin saya diundang dalam acara Visit Campus 2020 yang diselenggarakan POLIJE. Jadi acara ini menjawab banyak pertanyaan saya tentang seperti apa POLIJE yang sesungguhnya. Oh iya, kebetulan ada 3 kelompok yang diundang dalam acara ini, yakni dari Blogger, youtuber, dan selebgram untuk meramaikan acara ini. Pokoknya kalian harus baca sampai akhir, karena seru banget. Hehehe

Foto saya saat berada di kebun inovasi

Well, memang kampus ini super lengkap (saya jujur, ga bohong) fasilitas penunjang pun lengkap. Ada 22 TeFa atau (Teaching Factory) yaitu tempat produksi dwifungsi, bisa difungsikan sebagai tempat memproduksi juga bisa sebagai fasilitas belajar mengajar langsung dengan praktek. Nah, hari pertama, setelah registrasi peserta, kami diajak mengeksplor spot pertama yakni Kebun Inovasi. Dengan lahan seluas 8000m² menjadi tempat praktikum mahasiswa tentunya dengan mengikuti jadwal panen. Menariknya lagi, di sini ditanam banyak jenis tanaman hortikultura yang memiliki nilai ekonomis dalam jangka waktu yang panjang seperti Jeruk, Nanas Madu, dan Semangka serta  Melon dengan berbagai varitas dan masing banyak lagi.

Setelah puas berfoto sana-sini, kami langsung bergegas ke spot kedua, yakni TeFa Smart Green House. Sesuai namanya, di TeFa ini, penanaman yang dilakukan di TeFa Smart Green House ini sudah bertransformasi dari yang semula konvensional farming menjadi Smart Farming dengan disisipkan teknologi canggih secara otomatis. Sehingga hasilnya pun bisa dibilang produk unggulan, kami saja mencoba buah melon dari TeFa mart Green House ini, rasanya manis banget, dan buahnya segar.

TeFa ketiga yang ga kalah serunya adalah TeFa Kultur Jaringan. Meskipun saya nggak pinter-pinter amat di bidang biologi dan sejenisnya, tapi di TeFa Kultur Jaringan ini, saya dapat wawasan baru. Ya, metode ini mampu menghasilkan banyak bibit bunga dalam waktu yang singkat. Jadi, dari 1 tanaman mampu dikembangkan hingga puluhan bahkan ratusan bibit baru. Keren ya. Dan bisa bernilai ekonomis juga, jadi sebagian hasilnya diperjual belikan, sebagian lagi diteliti oleh mahasiswa, sebagian lagi dilanjutkan ke kebun tanaman.

TeFa terakhir untuk hari pertama, kami diajak mengeksplor TeFa Kopi. Di sini, diperlihatkan bagaimana tata cara mengolah kopi, hingga menjadi kopi yang siap untuk dipasarkan. Dulunya, tempat ini hanyalah laboratorium untuk praktikum saja, namun POLIJE menyulapnya menjadi Teaching Factory yang mampu menghasilkan produk kopi terbaik dalam industri.

Itu TeFa yang kami kunjungi saat hari pertama. Bagaimana hari kedua? Wah hari kedua kita lebih heboh lagi nih. Mau tau kita mengunjungi tempat apa saja? Simak di bawah ini.

Nah, ceritanya udah di hari kedua nih. Tau nggak kita ke mana? Kita ke TeFa Feedlot, guys. Jadi TeFa Feedlot ini semacam peternakan gitu loh, tapi lebih kepada "penggemukan ternak". Ada sapi dengan berbagai macam jenis, ada domba dan kambing juga. Nah hewan-hewan ternak di sini dikelompokkan berdasarkan bangsa sapi, umur, serta kesehatan dan bobotnya untuk nanti diberi pakan yang sesuai. Saya pun "nyempetin" foto dengan sapi di sini. Sehat-sehat loh sapinya, berarti mereka bahagia ya. Ya jelas lah, di sini yang mengelola kan para expert yang  ahli di bidangnya. Bahagia dong.

Bertemu dengan hewan-hewan ternak yang lucu dan menggemaskan memanglah epic, kami dari rombongan pun bermain-main dan mengajak mereka ngobrol seakan-akan tahu bahasa mereka, sampai saatnya, kami dikumpulkan untuk mengunjungi TeFa Coffee & Bakery. (Dalam hati bilang "Yess" kehidupan hahaha) di TeFa Coffee & Bakery ini, saya lihat-lihat bagaimana proses pembuatan dan pengolahan Bakery dong, menarik banget. Tempatnya higenis, dan diproduksi dengan menerapkan protokol yang ada.

Karena hari itu adalah hari Jumat, kami break sejenak untuk sholat Jumat. Lalu lanjut ke destinasi selanjutnya, kita menuju Rembangan. Di perjalanan, kami juga mampir di  New Resto Kemuning yang dikelola oleh POLIJE, dan berkesempatan mencicipi hidangan yang enak.

 Setelah itu langsung menuju TeFa Bunga Potong. Sesuai namanya, di sini banyak terdapat bunga hias yang beraneka ragam, mulai dari Anggrek, Begonia, Aglonema serta bunga potong Krisan, yang mana bunga potong merupakan salah satu komoditas yang memiliki prospek bagus untuk usaha di masa depan. Dan tanamannya cantik-cantik banget, warnanya juga indah.

Seru banget ga sih? Nah, ini baru 2 hari. Apalagi kalau kalian kuliah di sini? Pas di jurusan yang kalian sukai? Kalian akan jadi orang yang bahagia deh dalam belajar. Karena atmosfir belajarnya di sini bagus, jadi kalian bisa paham gimana dunia industri yang sesungguhnya. Oh iya, mengenai jurusan di POLIJE, aku kasih tau ya.. 

Inilah Beberapa Jurusan yang Dimiliki Politeknik Negeri Jember

Kampus ini memang sering kali menjadi sorotan para calon mahasiswa baru lantaran POLIJE memiliki beberapa jurusan unggulan. Penasaran? Untuk itu, sebaiknya kalian mengetahui lebih dulu beberapa jurusannya. Berikut ini diantaranya:

  • Produksi Pertanian

Bagi kalian yang suka bercocok tanam maka Produksi Pertanian adalah jurusan yang cocok dijadikan pilihan di POLIJE. Pasalnya, jurusan ini masih memiliki beberapa cabang diantaranya ada enam. Apa saja itu, berikut ini beberapa diantaranya:

Produksi Tanaman Hortikultura (Diploma III)

Produksi Tanaman Perkebunan (Diploma III)

Budidaya Tanaman Perkebunan (Sarjana Terapan)

Teknik Produksi Benih (Sarjana Terapan)

Teknologi Produksi Tanaman Pangan (Sarjana Terapan)

Pengelolaan Perkebunan Kopi (Sarjana Terapan)

  • Peternakan

Selain jurusan produksi pertanian yang fokus pada hasil akhirnya, Politeknik Negeri Jember juga menyediakan jurusan Peternakan. Meskipun cabangnya tidak sebanyak program studi Produksi Pertanian, namun jurusan peternakan ini masih memiliki dua program studi. Apa saja? yakni Produksi Ternak (Diploma III) dan Manajemen Bisnis Unggas (Sarjana Terapan).

  • Teknologi Pertanian

Berbeda halnya dengan jurusan Produksi pertanian, ternyata POLIJE sudah memisahkan ilmu produksi dengan teknologi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya jurusan Teknologi pertanian yang di dalamnya mencakup tiga keilmuan khusus. Ketiga keilmuan tersebut adalah Prodi Keteknikan Pertanian (Diploma III), Teknologi Rekayasa Pangan (Sarjana Terpan) dan Teknologi Industri Pangan (Diploma III).

  • Manajemen Agribisnis

Ingin menjadi seorang manajer ataupun ahli akutansi di lingkungan kerja nanti? Maka jurusan Manajemen Agribisnis yang ada di POLIJE ini bisa dijadikan opsi. Manajemen Agribisnis sendiri mencakup tiga fokus bahasan yakni Prodi Manajemen Agribisnis (Diploma III), Manajemen Agroindustri (Sarjana Terapan) dan Akuntansi Sektor Publik (Sarjana Terapan).

  • Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata

Kurang berminat bekerja di lingkungan sawah maupun perkarangan? Jangan khawatir dan putus asa. Politeknik Neger Jember bahkan menyediakan salah satu jurusan paling diidam-idamkan mahasiswa baru. Apakah itu? yaitu jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata. Namun sayangnya, bahasa yang disediakan oleh kampus ini masih dalam lingkup prodi Bahasa Inggris Terapan (Diploma III) saja. Pada prodi Bahasa Inggris Terapan juga diberikan muatan bidang khusus meliputi : Bahasa Inggris for Banking, Bahasa Inggris for Tourism dan lain sebagainya.

  • Teknologi Informasi

Era industri 4.0 seperti sekarang ini memang menuntut masyarakat untuk melek media. Oleh karena itu dibutuhkan seorang ahli Teknologi Informasi guna memaksimalkan peran di masyarakat. Nah, ternyata Politeknik Negeri Jember juga memiliki jurusan tersebut. Program STudinya ada tiga, yakni Teknik Komputer (Diploma III), Manajemen Informatika (Diploma III) dan Teknik Informatika (Sarjana Terapan).

  • Teknik

Menyukai bidang otomotif dan kelak ingin memiliki bengkel atau showroom pribadi? Maka, salah satu jurusan yang ada di POLIJE ini patut kalian tempuh. Jurusan Teknik yang ada di POLIJE memiliki tiga program studi yang semuanya jenjang pendidikan Sarjana Terapan , yaitu Teknik Energi Terbarukan, Teknologi Rekayasa Mekatronika dan Mesin Otomotif.

  • Kesehatan

Jurusan kesehatan yang ada di POLIJE ini juga disediakan bagi mahasiswanya yang kelak ingin menjadi bagian medis mulai menjadi Ahli Gizi dan Konsultan Gizi maupun Ahli Perekam Medis yang mendesain sistem informasi perekam medis yang akurat. Meski jurusan hanya memiliki dua cabang peminatan berupa Rekam Medik dan Gizi Klinik yang semuanya jenjangnya Sarjana Terapan, akan tetapi akreditasinya sudah memenuhi syarat. Oleh karena itu, kalian tidak perlu khawatir dan bingung lagi.

  • Kelas Internasional

POLIJE juga sudah membuka kelas internasional dengan program gelar ganda (double degree). Dengan Changzhaou Institute of  Mechatronic Technology China (Bidang Manajemen Informatika dan Computer Network) bagi prodi Manajemen Informatika serta dengan Management and Science University Malaysia untuk prodi Manajemen Agroindustri dan Teknik Informatika, bahkan bisa sampai program Magister Fast Track.

POLIJE juga menyelenggarakan program pertukaran mahasiswa selama satu semester dengan system transfer kredit atau menempuk sejumlah mata kuliahnya di perguruan tinggi mitra di luar negeri, meliputi : dengan Jiangsu Agri-animal Husbandary Vocational College  (JAHVC) China (Bidang Food Technology, Horticulture dan Animal Science), dengan Rajamangala University of Technology Tanyabury (RMUTT) Thailand (Bidang Food Technology, Horticulture dan Animal Science) (Bidang Food Technology, Horticulture dan Animal Science) dan dengan Kyungpook National University (KNU) Korea (Bidang Food Technology dan Information Technology). 

Nah, bagaimana teman? Sudah ada gambaran seperti apa kampus idaman kalian? Jika ketertarikan kalian di bidang-bidang di atas, maka Politeknik Negeri Jember adalah jawabannya. Karena kampus POLIJE memiliki banyak kelebihan, seperti yang saya jelaskan di atas, adanya TeFa (Teaching Factory) yang membuat kita belajar secara langsung bagaimana dunia industri itu, dan kesemuanya telah terintegrasi dengan beberapa Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA). Salam.

Related Posts

14 komentar:

  1. Bunga-bunga di TeFa Bunga Potong nya cantik-cantik ya ^^ betah banget main kesana. Semoga kapan-kapan bisa mampir lagi yes :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cantik banget bunga-bunga di sana ya mbak, amin semoga suatu saat bisa mampir lagi. Hehehe

      Hapus
  2. Keren nih pembahasannya. Unik dengan gaya bahasa kekinian.

    Penasaran, apakah ini ikut lomba lagi Dik?

    BalasHapus
  3. emang ya, pertaniannya polije lebih bagus daripada kampusku, hahaha...
    kenapa aku mengakui sih, haha

    BalasHapus
  4. Ini pas banget direkomen ke adek2 kelasmu ya Sol, terutama yg punya cita2 terjun ke dunia industri atau wirausaha. Kapan2 kita maen lagi ke TeFa nya ah, hehe. Btw, font blog mu ini kusukaa, bagus Sol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku rekomendasiin hehehe... Boleh kapan-kapan maen ke TeFa nya Polije lagi. Hahahaha masih banyak yang belum kita kunjungi yah hehehe. Fontnya kek diary gitu mbak hahaha... I love it so much. Thanks mbak prita

      Hapus
  5. ingin pindah kampus tapi udah semester 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa direkomendasikan ke adik kelasnya hehehehe siapa tau ada yang butuh rekomendasi kampus Politeknik atau jurusan vokasi terbaik di Jawa Timur, Jember

      Hapus
  6. Seru banget yaa dek kunjungannya di Polije, banyak program unggulannya yang sangat dibutuhkan saat ini di dunia kerja atau berwirausaha. Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas. Bisa buat temen-temen yang butuh rekomendasi kuliah di mana, bisa memilih Polije karena termasuk kampus Vokasi terbaik di Jawa timur

      Hapus
  7. Fakultas+jurusannya banyak ya...bisa ngasih banyak pilihan ke calon mahasiswa baru ya Sol...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa milih sesuai jurusan vokasi yang diinginkan

      Hapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi