Jumat

JumatT09.24

Sukses Bisnis Pet Shop, Ini Kuncinya

 

Membuka sebuah bisnis adalah perkara yang gampang-gampang susah. Walau begitu, semua usaha akan bisa sukses jika dijalani dengan tekun dan tahu beragam kuncinya. Salah satu bisnis yang bisa dikerjakan adalah mengawali dengan cara memulai bisnis pet shop.

Bisnis ini terus ada sejak dahulu. Hal ini karena ada banyak orang yang senang memelihara binatang peliharaan. Mulai dari binatang sahabat seperti kucing dan anjing, hias seperti burung dan ikan, hingga beragam binatang lainnya seperti reptil.

Semua penggemar binatang tersebut memiliki kebutuhan. Di sanalah keberadaan bisnis pet shop dibutuhkan. Mulai dari menyediakan makanan, tempat istirahat, dan beragam peralatan dan kebutuhan lainnya.

Selain itu, pet shop juga terkadang menyediakan jasa jual beli atau juga adopsi binatang peliharaan untuk para pelanggannya.

Hanya saja, seperti bisnis lainnya, bisnis pet shop juga memiliki kunci untuk sukses, yang tentunya berbeda dari bisnis lainnya. Karena ada banyak aspek yang harus dilihat, selain mendapatkan keuntungan, juga harus memperhatikan kondisi toko, hewan peliharaan, dan juga kepuasan pelanggan sehingga mereka akan kembali ke toko kita.

Untuk itulah, berikut ini adalah beberapa kunci untuk memiliki bisnis pet shop yang sukses.

Kenali hukumnya

Menyelesaikan masalah dan kewajiban legal atau hukum untuk membuka bisnis memang tidak terlalu rumit. Tapi, kita perlu untuk mengetahui hukum tentang binatang yang ada di tempat kita beroperasi. 

Apakah peraturan daerah memperbolehkan kita melakukan jual beli binatang? Apakah hanya boleh mengadopsi saja? Apakah tempat yang kita gunakan boleh ditempati sebagai bisnis pet shop? Apakah terlalu dekat dengan tempat makan? Dan lain-lain.

Hal ini harus diketahui saat mempersiapkannya. Bahkan sebelum kita mulai membuat bisnis pet shop. Hal ini agar nantinya tidak akan menjadi masalah di masa mendatang saat bisnis sudah berjalan.

Berpartner dengan dokter hewan lokal

Dengan memiliki banyak hewan peliharaan di dalam toko, sebaiknya kita juga menjaga kesehatan mereka. Salah satu caranya adalah dengan bekerja sama dengan dokter hewan lokal di dekat toko.

Tidak hanya itu, dengan berpartner dengan dokter hewan lokal, kita bisa mereferensikan dokter tersebut kepada pelanggan. Kerja sama atau partnership seperti ini bisa sangat menguntungkan kedua belah pihak. Karena keduanya saling membutuhkan.

Ikuti acara hewan peliharaan

Salah satu untuk menambah eksposur pet shop yang dimiliki adalah dengan mengikuti beragam acara hewan peliharaan. Biasanya hal ini dilakukan atau diadakan oleh komunitas. Di dalam acara tersebut biasanya juga diisi oleh para pecinta hewan. Sangatlah tepat untuk mengikuti acara tersebut. Kita bisa menginformasikan bisnis kita pada para pecinta binatang. Persiapkan beragam hal agar tempat atau stand kita lebih menarik. Bawa hewan peliharaan kita yang sangat lucu dan menggemaskan. Selain itu jangan lupa juga untuk membawa beragam makanan hewan dan aksesoris lainnya. Karena biasanya di acara tersebut ada yang membutuhkan hal tersebut.

Gunakan foto binatang lucu untuk media sosial

Tidak hanya secara offline, kita juga bisa menambah eksposur bisnis kita dengan membuat akun media sosial. Di sana kita bisa mempromosikan beragam hal tentang bisnis kita. Salah satu caranya adalah dengan memasang foto-foto dan video-video menggemaskan hewan peliharaan seluruh akun media sosial.

Hal ini karena hewan peliharaan cenderung mendapatkan lebih banyak likes dan share dibandingkan dengan beragam foto lainnya. Karenanya bisa sangat membantu promosi bisnis pet shop.

Sediakan jasa grooming

Dengan adanya media sosial, kini para pemilik hewan peliharaan juga sering memposting foto dan video hewan peliharaan mereka. Karenanya, mereka biasanya ingin agar hewan peliharaan mereka memiliki tampilan yang keren. 

Di sanalah kita perlu menyediakan jasa grooming hewan peliharaan. Dengan begitu, pelanggan akan bisa dengan mudah meminta bantuan kita untuk menjadikan tampilan hewan peliharaan mereka menjadi lebih baik.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi