Jumat

JumatT08.47

Cara Melamar Kerja Agar Diterima di Perusahaan

Cara Melamar Pekerjaan di Perusahaan

Bekerja merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap individu. Sebab dengan bekerja seseorang akan mendapatkan uang atau imbalan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ada beberapa tips sukses lamar pekerjaan dengan cara mudah untuk freshgraduate yang bisa digunakan guna mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Coba baca : Tips Lolos Wawancara Posisi Staff Accounting

Cara Melamar Pekerjaan di Perusahaan

Applying Job

Selain itu dengan memiliki pekerjaan seseorang akan mendapatkan nilai tambah di mata orang lain dengan pekerjaan yang dimilikinya. Berikut ini ada beberapa tips sukses lamar pekerjaan yang diinginkan agar cepat diterima perusahaan yang diinginkan:

Pilih Bidang yang Sama

Pilihan bidang yang sama merupakan suatu nilai tambah bagi para pencari kerja di mata HRD. Sebab dengan mendaftarkan diri dengan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya HRD akan lebih percaya ketimbang yang tidak memiliki pengalaman yang sesuai lowongan.

Tapi jangan khawatir, bagi freshgraduate bisa mencoba dengan membuat Blog atau yang lain untuk mengisi portofolio pencari kerja. Terlebih hal tersebut akan menjadikan nilai tambah untuk diterima sebagai calon pekerja atau karyawan.

Gunakan Kata yang Menarik

Tips sukses lamar pekerjaan yang kedua adalah dengan menggunakan kata-kata yang menarik. Hal ini merupakan senjata yang ampuh untuk menarik HRD untuk sekedar mempertimbangkan kinerja ketika di lapangan nantinya. Sebab kata-kata juga bisa dapat membuat portofolio yang dimiliki akan terkesan professional dan dapat dipertimbangkan untuk bekerja.

Selama kata-kata yang dibuat tidak keluar jalur normal, dengan kata lain tidak melebih-lebihkan sesuatu passion yang dimiliki. Yang akan menjadikan boomerang untuk menyerang balik di hadapan pemuka perusahaan.

Cara Melamar Kerja Lewat Email

Sebut Gaji dengan Jujur

Apabila ditanya tentang mau gaji berapa, mungkin bisa dijwab sesuai dengan kualitas dan kuantitas yang dapat diberikan. Sebab kalau bicara tentang gaji, sebagai pencari kerja merupakan hal yang wajar apabila memberikan nominal angka yang sesuai standar gaji biasanya.

Dengan menyikapi pertanyaan yang seperti itu HRD akan bisa menilai kualitas dan kuantitas yang dimiliki oleh calon pekerja tersebut. apakah pantas diterima ataukah lebih pantas mencari pelamar yang lainnya, sebab kualitas dan kuantitas diri sendiri harus diketahui diri sendiri dulu.

Pasang Foto yang Profesional

Kiat mencari pekerjaan yang ketiga yaitu dengan memasang foto pada portofolio yang professional. Bukannya tidak diperbolehkan memasang foto yang tidak professional, akan tetapi attitude dari calon pelamar kerja bisa dilihat dari portofolio yang disampaikan.

Foto yang profesional akan membuat HRD lebih tertarik untuk membaca lebih lanjut portofolio yang sekiranya menarik dan mumpuni untuk bekerja di perusahaan atau instansi terkait. Dengan memasang foto yang menarik diharapkan bisa menjadi tips sukses lamar pekerjaan dengan mudah.

Cermati Cover Letter dengan Baik

Sudah mengatahui tentang cover letter? Cover letter merupakan gambaran atau cerminan dari kemampuan softskill yang dapat dilihat oleh pihak perusahaan agar bisa mempertimbangkan pantas atau tidaknya bekerja di instansi yang dituju.

Dengan kata lain ini adalah salah satu tips sukses lamar pekerjaan yang harus dipersiapkan secara matang, sebab dengan adanya gambaran dari cover letter akan memudahkan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Hindari Terlalu Banyak Resign Kerja

Resign merupakan kata lain untuk mengundurkan diri dari pekerjaan dengan banyak alasan. Mulai dari tidak cocok dengan suasana kantor, dengan teman kantor atau juga beban yang diberikan oleh kantor untuk dikerjakan.

Hal ini sebenarnya diperbolehkan, akan tetapi terlalu banyak untuk mengundurkan diri akan menimbulkan efek negative bagi pekerjaan selanjutnya. Pihak perusahaan atau instansi akan memikirkan dua kali untuk memilih, sebab pihak perusahaan akan menimbang kemungkinan terburuk yang akan didapat.

Pelajari Perusahaan yang dituju

Mempelajari perusahan mulai dari detailnya juga diperlukan, terlebih HRD suka menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan yang dituju. Hal ini sebagai bukti bahwa calon pekerja paham betul perusahaan yang dilamar dan tidak seenaknya sendiri.

Cara ini juga termasuk salah satu tips sukses lamar pekerjaan yang harus dipersiapkan secara matang. Terlebih pertanyaan seperti itu merupakan hal yang tak terduga yang dapat dialami oleh pekerja selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas.

Cara Melamar Kerja di Bank 

Desain Dengan Bagus Portofolio

Yang terakhir adalah mendesain portofolio sebagus mungkin, sebagaimana yang telah disebutkan bahwa desain portofolio merupakan yang sangat mempengaruhi diterima atau tidaknya di perusahaan. Sebab dalam portofolio bisa dijelaskan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan terakhir yang ditempuh.

Serta dalam portofolio dapat diberi aksen yang menarik perhatian dengan corak warna atau beberapa tema yang sudah ada di internet. Hal ini juga sebagai tips sukses lamar pekerjaan yang bisa diwajibkan untuk para pencari kerja.

Poles Sosial Media

Mungkin yang ada di benak adalah kenapa harus memoles Sosial Media? Sosial Media merupakan hal yang krusial yang sering dipertimbangkan oleh HRD dalam menyeleksi calon pekerja yang akan mendaftar. Sebab dengan melihat sosial media, rekam jejak di Sosial Media akan terpantau apakah pantas untuk diterima atau tidak.

Terlebih sosial media di jaman sekarang merupakan senjata untuk bisnis dan marketing, jadi bisa dikatakan gunakan Sosial Media sebijak mungkin, sebab apa yang sudah tertulis di sosial media akan mencerminkan tingkah laku dan attitude orang tersebut.

Dengan adanya 9 tips sukses lamar pekerjaan yang sudah disebutkan di atas, besar kemungkinan perusahaan atau kantor yang dituju akan segera menerima portofolio yang sudah dilampirkan. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi