Senin

SeninT15.55

Contoh Proposal Kerjasama yang Menarik Bagi Perusahaan

Kalian punya usaha dan ingin menjalin kerja sama dengan perusahaan? Sebelum mengajukan permintaan tersebut, ada baiknya kalian ketahui dulu cara membuat proposal kerja sama yang menarik bagi perusahaan. Mengapa? Pasalnya sekarang ini banyak perusahaan yang selektif dalam memilah dan memilih partner kerja sama, seiring banyaknya permintaan kerja sama.

Apa Itu Proposal Kerja Sama?

Permohonan yang di dalamnya tertulis rencana kegiatan serta dituangkan ke dalam lembar tulisan secara rinci dan sistematis, disebut dengan proposal. Berdasarkan pengertian tersebut, maka proposal bisa turut diartikan sebagai permohonan atas kerja sama dengan suatu pihak dengan maksud dan tujuan tertentu. Biasanya proposal ditujukan sebagai upaya membangun jalinan relasi.

Lebih jelasnya, proposal kerja sama diartikan sebagai bentuk proposal yang diajukan oleh pihak pertama. Untuk apa? Tidak lain adalah sebagai pelaksana dan pihak kedua berperan sebagai pihak terkait dalam kepentingan kerjasama. Proposal kerja sama diajukan untuk kegiatan bisnis maupun non bisnis, tergantung dengan kebutuhan pihak yang mengajukan.

Perlu diketahui bahwa proposal kerja sama dihadirkan guna memperkuat maupun melegalkan sebuah kesepakatan kedua belah pihak. Terutama kedua belah pihak yang menjalin berbagai upaya tertentu demi memajukan kepentingan bersama. Oleh karena itu, pembuatan proposal kerja sama harus menarik agar mudah diterima oleh perusahaan.

Cara Menyusun dan Membuat Proposal Kerja Sama yang Menarik bagi Perusahaan

Sebagaimana kalian tahu, bahwa sekarang banyak orang mengajukan proposal kerja sama kepada perusahaan, namun tidak sedikit pula yang mengalami penolakan. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Tidak lain adalah karena proposal kerja sama yang diajukan tidak menarik. Maka, jika kalian benar ingin mendapatkan persetujuan dari perusahaan, baiknya simak cara membuat proposal kerja sama yang menarik, berikut ini:

1. Survey Kebutuhan Lebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan agar kalian bisa membuat proposal kerja sama yang menarik adalah lakukan survey kebutuhan lebih dahulu. Namun, bukan berarti yang kalian survey hanya sebatas kepentingan salah satu pihak saja, melainkan kedua belah pihak. Mengingat proposal diajukan untuk menjalin simbiosis mutualisme antar kedua belah pihak.

kebutuhan apa saja yang harus disurvey? Tentu saja ada bermacam-macam. Seperti misalnya apa kebutuhan perusahaan yang hendak diajak menjalin relasi, lalu sinkronkan dengan usaha serta pengajuan yang hendak kalian ajukan. Jangan sampai kalian hanya mengutarakan kepentingan sendiri dan tidak menyebutkan keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan tersebut.

2. Buat Draft Perumusan Proposal

Ketika kalian membuat proposal kerja sama, pasti tidak bisa begitu saja langsung diterima, melainkan harus melalui tahap revisi berulang kali. Oleh karena itu, demi menghindari kesalahan yang sama, maka kalian harus membuat draft. Adanya draft nanti bisa membantu kalian untuk memperbaiki isi proposal agar tersaji lebih menarik pada saat diberikan kepada perusahaan.

Draft perumusan proposal juga akan membantu kalian untuk memilah dan memilih apa saja yang nantinya akan disajikan dalam proposal. Seperti misalnya, anggaran dana, alat-alat dan lain sebagainya. Sehingga, pada saat menuliskannya di proposal, kalian tidak kebingungan menyusun bagian mana saja yang harus ditampilkan lebih dahulu.

3. Mengetahui Format Penulisan Proposal

Tahukah kalian bahwa proposal yang menarik menurut perusahaan adalah yang dibuat sesuai dengan format penulisan? Sejauh ini begitu banyak orang berlomba mendesain semenarik mungkin proposal yang dibuat, namun mengabaikan kaidah format penulisan yang baik dan benar. Sehingga, tidak mengherankan apabila banyak proposal yang diajukan berakhir tanpa kejelasan.

Oleh sebab itu, kalian harus memahami dengan benar perihal format penulisan proposal agar bisa membuatnya dengan benar dan menarik. Apabila masih bingung, kalian bisa melihat berbagai contoh proposak yang menarik di berbagai website maupun platform. Jangan lupa cantumkan dan buat visi serta misi pengajuan proposal dengan singkat, jelas dan padat agar pihak perusahaan tertarik dengan proposal kalian.

4. Lakukan Meeting Pendahuluan Bisnis

Cara membuat proposal kerja sama yang menarik berikutnya adalah kalian harus melakukan meeting lebih dahulu dengan pihak perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu upaya jitu yang bisa kalian manfaatkan untuk mendapatkan informasi sedalam-dalamnya mengenai perusahaan tersebut. Sehingga nanti, pada saat kalian membuat proposalnya, kalian bisa memikirkan cara paling tepat untuk merangkai kalimat.

Apakah pihak perusahaan berkenan jika diajak untuk meeting? Tentu saja, apalagi jika kerja sama yang kalian ajukan memberikan potensi yang menjanjikan, pasti pihak perusahaan akan mudah mengiyakan ajakan kalian untuk meeting. Pada tahap ini, pihak perusahaan juga bisa lebih mengenal calon partner kerja samanya sebelum benar-benar proposal di ajukan. Pada kesempatan ini juga, kalian bisa berusaha memunculkan citra dan kesan yang baik dihadapan calon client.

5. Maksimalkan Revisi Sebelum Disetujui

Untuk bisa membuat proposal kerja sama yang menarik, baiknya kalian harus merevisinya lebih dulu sebelum benar-benar naik ke tahap persetujuan. Jangan lupa untuk mendesain bagian-bagian akhir yang berkaitan dengan brand maupun objek. Hindari pembuatan proposal yang monoton.

CONTOH PROPOSAL KERJA SAMA


Kalian bisa membaca secara lengkap contoh tersebut di CONTOH PROPOSAL KERJA SAMA 

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kalian masih bingung dalam membuat proposal kerja sama yang menarik? Tentu tidak, bukan? Ikuti cara membuat proposal kerja sama yang menarik bagi perusahaan seperti di atas, agar pengajuan kalian mudah diterima. Serta pastikan hal yang ditawarkan memiliki value lebih dibanding yang sudah ada pada umumnya. Bagaimana, tidak sulit lagi bukan?

Related Posts

2 komentar:

  1. Wah, saya juga lagi cari contoh proposal kerjasama dengan perusahaan nih kak, terima kasih tips-tipsnya

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi