Jumat

JumatT22.05

Kumpulan Contoh Surat Kuasa untuk Berbagai Keperluan

Memberikan suatu kewenangan kepada seseorang maupun kepercayaan tentu tidak bisa dilakukan begitu saja. Pasalnya, kalian harus menggunakan surat kuasa agar wewenang maupun kepercayaan tersebut bisa dipertanggung jawabkan. Namun, tahukah kalian perihal pengertian, macam-macam dan cara membuat surat kuasa yang baik dan benar?

Apa Itu Surat Kuasa?

Lembaran berisi perihal wewenang maupun kuasa dari salah satu pihak tertentu kepada orang lain, disebut sebagai surat kuasa. Adanya surat ini dilayangkan karena orang yang seharusnya memberikan kuasa secara langsung tidak dapat memandatkannya sendiri. Biasanya, bersama surat ini terdapat pengacara maupun pihak lain yang menggantikan dan membacakan perihal isi kuasanya.

Keberadaan surat kuasa ini sangat penting, baik untuk perseorangan, instansi maupun perusahaan. Oleh sebab itulah ketika membuat surat ini isinya dan semua formatnya harus lengkap. Pasalnya, jika ada bagian penting yang tidak dicantumkan, maka surat kuasa tersebut dianggap tidak sah. Bagi kalian yang hendak membuat surat kuasa, sebaiknya ketahui dulu secara detail perihal kriteria surat ini.

Unsur-unsur Surat Kuasa

  1. Judul
  2. Kalimat pembuka (berisi keterangan waktu)
  3. Identitas pemberi kuasa
  4. Identitas penerima kuasa
  5. Perihal yang dikuasakan
  6. Jenis pemberian kuasa (umum, khusus, perantara, insidentil, atau istimewa)
  7. Klausul hak retensi
  8. Klausul hak subtitusi
  9. Penutup surat kuasa
  10. Tanda tangan semua pihak yang terlibat

Macam-Macam Surat Kuasa dan contohnya

Tahukah kalian bahwa ternyata surat kuasa memiliki banyak macam/jenis? Untuk menghindari kesalahan dalam penulisan, alangkah baiknya kalian mengetahui macam-macamnya lebih dahulu. Apa saja? Lebih jelasnya, simak penjabaran di bawah ini:

Surat Kuasa Perseorangan

Suratresmi.net

Macam surat kuasa yang pertama adalah surat yang dibuat oleh seseorang guna melimpahkan kuasanya kepada pihak lain untuk tujuan tertentu. Perlu kalian tahu, bahwa surat kuasa perseorangan ini memiliki sifat pribadi. Salah satu contoh tujuan surat kuasa jenis ini adalah untuk penarikan uang tunai melalui teller dan menggunakan rekening bank. Contoh surat kuasa perseorangan seperti di atas. 


Surat Kuasa Kedinasan


Sholahknows.com

Beda halnya dengan surat kuasa di atas, jenis surat kuasa kedinasan lebih dikhususkan dan dibuat oleh suatu ormas, perusahaan maupun lembaga pemerintah. Apa isinya? yakni berupa pemberian kuasa untuk kepentingan dalam menjalankan suatu tugas. Tidak hanya itu, surat kuasa kedinasan pada umumnya berkaitan dengan pekerjaan maupun alih jabatan tertentu.

Surat Kuasa Istimewa


id.scribd.com

Sedangkan, surat kuasa istimewa adalah surat yang berisikan perlimpahan kuasa ke pengacara maupun lembaga hukum lainnya. Surat kuasa ini diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lain guna kepentingan yang kaitannya dengan permasalah hukum. Oleh karenanya surat kuasa ini sangat sakral dan rahasia.

Surat Kuasa Khusus

Slideshare
Di atas merupakan contoh surat kuasa khusus. Yang mana, surat kuasa khusus berisi penyerahan kuasa terhadap pihak lain dengan disebutkan maksudnya secara terperinci dan jelas. Misal penjual rumah memberikan surat kuasa untuk kegiatan penjualan rumah saja. Atau ketika sedang di persidangan, kuasa diberikan untuk keperluan yang benar-benar jelas, mulai dari apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. 


Cara Membuat Surat Kuasa yang Baik dan Benar

Sekalipun tampilannya terlihat sederhana dan mudah, namun ternyata masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam membuat surat kuasa. Apalagi sekarang banyak oknum tidak bertanggung jawab menyalah gunakan surat kuasa yang diamanahkan untuk kepentingan pribadi. Untuk itu, jika kalian adalah pihak yang hendak melayangkan surat kuasa, maka ketahui lebih dahuu perihal cara membuatnya.

Cantumkan KOP Surat dengan Benar

Untuk membuat kuasa, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencantumkan kop surat dengan benar. Biasanya kop yang ada di atas surat berisikan alamat lengkap pihak yang menulis surat, nomor telepon/fax serta website (jika ada) Pastikan penulisan kopnya benar dan tidak terdapat kesalahan.

Tulis Keterangan Mengenai Jenis Surat Kuasa yang Dibuat

Cara kedua adalah dengan menuliskan keterangan jenis suratnya, seperti ‘Surat Kuasa Kedinasan’ Tidak hanya itu, jangan lupa mencantumkan tanggal, bulan dan tahun saat surat kuasa di tulis. Hal ini bertujuan untuk memudahkan seseorang memahami keberadaan surat tersebut, mengingat surat kuasa bersifat rahasia apapun jenisnya.

Tulis Nomor Surat

Tahukah kalian bahwa setiap surat resmi pasti memiliki nomor? Lantas, apakah kalian mengetahui kegunaan dari nomor yang tertera? Keberadaan nomor pada surat kuasa maupun surat resmi lain adalah untuk memudahkan pengarsipan data maupun dokumen. Oleh karena itu, dalam penulisan nomor ini jangan sampai mengalami kesalahan, ya?

Sertakan Data Diri Lengkap

Mengingat surat kuasa adalah bentuk pengalihan wewenang, maka sudah seharusnya kalian mencantumkan data diri lengkap. Pihak yang harus dicantumkan data dirinya adalah pihak pemberi dan penerima kekuasaan. Sehingga ketika sudah dilayangkan, informasi yang didapatkan jelas serta bisa dipertanggung jawabkan di kemudian hari.

Data diri yang harus ada di dalam surat kuasa beberapa diantaranta adalah nama lengkap, nomor identitas hingga jabatan yang diduduki. Bahkan, untuk memperjelas dan memvalidkan informasi, disarankan agar menuliskan alamat tempat tinggal pihak pemberi maupun penerima surat kuasa.

Berikan Tambahan Informasi Data

Cara membuat surat kuasa yang berikutnya adalah kalian harus memberikan informarsi tambahan. Pada bagian ini biasanya berupa data-data penting yang harus diketahui oleh penerima kuasa. Bahkan, pihak pemberi harus menyertakan berbagai kebijakan yang ada dalam suatu instansi (untuk surat kuasa kedinasan) agar penerima kuasa memahaminya.

Tulis Isi Surat Kuasa Secara Jelas dan Rinci

Surat kuasa tentu tidak akan berarti apapun jika kalian tidak menuliskan isinya. Perlu dipahami, bahwa ketika menuliskan isi dalam surat kuasa harus jelas dan rinci. Artinya, jangan terlalu singkat maupun panjang, apalagi jika jenis surat kuasa tersebut adalah istimewa.

Bubuhkan Nama Terang, Materai dan Tanda Tangan

Cara membuat surat kuasa yang terakhir adalah dengan membubuhkan nama terang serta materai 6000 sebelum ditanda tangani. Untuk apa? yakni sebagai bukti penguat bahwa surat kuasa tersebut benar adanya dan bisa dipertanggung jawabkan secara hukum. 

Penjabaran mengenai pengertian, macam-macam dan cara membuat surat kuasa di atas, apakah sudah kalian pahami? Apabila masih belum juga memahami perihak cara membuatnya, maka ada baiknya jika melihat contoh surat kuasa yang sudah banyak tersedia. Serta jangan segan bertanya dan meminta bantuan kepada orang yang sudah berpengalaman dalam membuat surat kuasa demi menghindari kesalahan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi