Senin

SeninT09.00

Contoh Surat Resign/Pengunduran Diri yang Benar

Contoh surat resign/pengunduran diri - Bagi kalian yang bekerja di suatu perusahaan dan ingin resign dengan alasan tertentu, maka harus mengajukan surat pengunduran diri. Oleh karena itu, sudah selayaknya kaliana mengetahui cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan bener sebelum memutuskan untuk resign. Pasalnya, jika terdapat format penulisan yang salah, maka pihak perusahaan akan menyuruh kalian merevisinya lebih dahulu,

Fungsi Surat Pengunduran Diri 

Sejauh ini masih banyak orang yang menganggap bahwa surat pengunduran diri tidak terlalu penting dipelajari cara pembuatannya. Padahal, selain untuk resign, surat tersebut memiliki banyak fungsi yang jarang mengetahui. Apabila kalian termasuk dalam golongan orang yang tidak mengetahuinya, maka simak ulasan mengenai fungsi surat pengunduran diri, berikut ini:

Menentukan Kejelasan Status Seseorang di Perusahaan

Fungsi pertama dari adanya surat pengunduran diri adalah untuk menentukan kejelasan status seseorang di perusahaan. Hal ini dikarenakan tanpa surat pengunduran diri, seseorang masih dianggap aktif bekerja di perusahaan. Lantas, apakah jika seseorang tersebut tidak pernah masuk kerja akan dianggap mengundurkan diri dengan sendirinya? Tentu saja tidak, pasalnya perusahaan tidak bisa mengklaim dengan secara sepihak.

Memberi Kesempatan Perusahaan Untuk Mencari Pekerja Pengganti

Adanya surat pengunduran diri juga berfungsi agar memudahkan perusahaan dalam mencari pekerja pengganti. Apalagi jika seseorang yang mengundurkan diri tersebut menduduki jabatan penting dalam perusahaan. Oleh karena itu, pihak perusahaan tidak boleh sekenanya mencari pekerja pengganti apabila seseorang yang hendak resign belum mengajukan surat pengunduran.

Sarana Resmi dalam Mengundurkan Diri dari Perusahaan

Kalian pasti tahukan bahwa ketika masuk dan diterima bekerja di sebuah perusahaan, pasti diberikan surat perjanjian kerja? Surat yang diberikan tersebut merupakan salah satu bukti bahwa kalian diterima secara resmi. Begitu juga jika kalian hendak resign karena suatu alasan, maka sudah selayaknya menggunakan surat pengunduran diri. Untuk apa? yakni sebagai sarana resmi dan dapat dipertanggung jawabkan di kemudian hari.

Sebagai Bentuk Cerminan Keprofesionalan dalam Bersikap

Fungsi lain dari adanya surat pengunduran diri adalah sebagai cerminan keprofesionalan seorang pekerja dalam bersikap. Mengapa dikatakand demikian? Tentu saja, seorang pekerja yang mengundurkan diri tanpa kejelasan dianggap tidak profesional dan tidak bertanggung jawab. Apabila hal tersebut terjadi, maka akan meninggalkan rekam jejak buruk di perusahaan tersebut.

Mengakhiri Proses Pekerjaan

Fungsi terakhir dari adanya surat pengunduran diri adalah sebagai proses akhir dalam mengakhiri perjalanan dan proses pekerjaan. Apabila kalian mengajukannya dan pihak perusahaan menyetujui, maka kalian sudah resmi terbebas dari segala bentuk aturan dan tututan perusahaan. Sehingga dengan demikian, kalian bisa mencari pekerjaan lain atau melanjutkan rencana selanjutnya.

Inilah Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui beberapa fungsinya, kalian harus mengetahui cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Mengapa? Pasalnya sejauh ini banyak dijumpai pekerja di perusahaan yang gagal mengajukan resign karena surat pengunduran dirinya tidak kunjung di terima. Oleh karena itu, jika kalian tidak ingin mengalami hal serupa, simak penjabaran mengenai cara membuatnya di bawah ini:

Tulis Data Diri Lengkap

Sama seperti surat resmi lainnya, surat pengunduran diri yang baik dan benar harus terdapat data diri pihak yang hendak mengundurkan diri. Data diri tersebut beberapa diantaranya berisi nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat hingga posisi pekerjaan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan atasan mengetahui secara jelas mengenai siapa yang hendak mengundurkan diri dari perusahaannya.

Berikan Alasan Pengunduran Diri

Cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar adalah kalian harus memberikan alasan yang jelas. Bagian ini merupakan salah satu bagian paling penting dalam surat pengunduran diri. Sangat disarankan agar kalian menuliskan alasan yang masuk akal dan jangan dibuat-buat. Seperti misalnya, pindah tempat tinggal, ikut dengan suami dan masih banyak lagi.

Harus Ditulis Berdasarkan Kaidah Penulisan Surat Resmi

Surat pengunduran diri yang baik adalah surat yang ditulis berdasarkan kaidah penulisan surat resmi. Jangan sampai kalian menulisnya tanpa tata aturan yang sudah ditetapkan. Mengapa? karena pihak perusahaan tidak akan menyetujuinya dan kalian harus melakukan revisi ulang apabila benar-benar ingin resign. Untuk mempermudah pemahaman, kalian bisa mencari tahu mengenai format penulisan surat pengunduran diri resmi yang sudah banyak tersedia di berbagai webisite.

Diajukan Selambatnya 30 Hari Sebelum Resign

Cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar salah satunya tercantum dalam Pasal 162 UU 13 Tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan. Apa isinya? yakni pekerja yang hendak mengajukan pengunduran diri (resign) harus menyerahkan surat pengundurannya paling lambat 30 hari sebelumnya. Mengapa demikian? yakni untuk mempermudah pihak perusahaan dalam mengelola administrasi.

Memberikan Kesan yang Baik Kepada Perusahaan

Cara terakhir yang tidak kalah penting diperhatikan pada saat membuat surat pengunduran diri adalah upayakan memberu kesan baik kepada perusahaan. Seperti misalnya kalian tidak mencemarkan nama baik perusahaan dalam surat pengunduran diri atau mengklaim keburukan salah satu pihak. Tetap berusaha berikan kesan baik sekalipun kalian akan mengundurkan diri.

Contoh Surat Resign Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Status Kemahasiswaan

Kini, kalian tidak bingung lagi bukan jika harus membuat surat pengunduran diri dengan sendirinya? Apabila cara membuat surat pengunduran diri di atas masih membuat bingung, maka silahkan mencari berbagai contoh yang sudah banyak tersedia. Serta jangan lupa memahami lebih dulu pokok isinya agar pengunduran diri kalian bisa disetujui oleh atasan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca : Cara Melamar Kerja Agar Diterima di Perusahaan


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi