Senin

SeninT18.06

Berapa Jumlah Gigi Orang Dewasa yang Ideal?

 Mengenal Fungsi, Serta Jumlah Gigi Orang Dewasa

Berapa Jumlah Gigi Orang Dewasa?

Gigi merupakan salah satu organ terpenting yang ada di dalam mulut. Tanpanya, maka manusia tidak bisa menikmati makanan yang disajikan. Pada dasarnya, kalian harus mengenal fungsi serta jumlah gigi dewasa karena struktur dan jumlahnya tidak sama dengan anak-anak. Hal ini juga penting diketahui guna mencegah bilamana terjadi kelainan pada pertumbuhan gigi kalian.

Macam-Macam Fungsi Gigi Orang Dewasa yang Jarang Diketahui Beserta Jumlahnya

Sekalipun sudah beranjak dewasa, pasti sejauh ini orang cenderung abai perihal keadaan gigi bukan? Asalkan tidak bermasalah, seperti misalnya sakit gigi, berlubang atau gusi berdarah, orang pasti tidak terlalu perduli dengan berbagai fungsi gigi. Padahal fungsi dan jumlah gigi pada orang dewasa sangat penting diketahui agar bisa digunakan dengan benar dan menjaga gigi tetap sehat. Bagi yang belum tahu, simak ulasan tentang fungsi serta jumlah gigi orang dewasa di bawah ini:

Gigi Seri

Orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 20 tahun pasti memiliki gigi seri. Letaknya di bagian depan sendiri dan sering terlihat jika seseorang sedang tersenyum maupun bicara. Bentuk gigi seri setiap orang juga berbeda-beda, ada yang berbentuk besar dan kecil seperti kelinci. Perlu kalian ketahui, jumlah gigi seri normal orang dewasa adalah sebanyak 8 buah. 4 di atas dan 4 lainnya di bawah.

Gigi seri ini bahkan selalu muncul pertama kali sejak bayi berusia 6 bulan. Lantas, apa fungsi dari gigi seri itu sendiri? Tidak lain adalah untuk mengigit makanan yang hendak dikunyah. Secara medis, gigi seri berbentuk seperti alat ukir kecil dengan ujung yang tajam. Namun, kalian harus tahu bahwa gigi seri pada orang dewasa akan berubah menjadi permanen mulai usia 6 sampai 8 tahun. Artinya, jika seusai usia tersebut gigi seri mengalami cedera seperti patah atau lepas, maka tidak bisa tumbuh kembali.

Gigi Taring

Selain gigi seri, orang dewasa juga memiliki gigi yang berjenis taring. Letaknya berada di samping kanan kiri gigi seri, di atas dan di bawah. Gigi taring sendiri memiliki fungsi untuk menyobek makanan yang hendak dikunyah. Umumnya terjadi pada saat kalian memakan makanan berserat, seperti daging maupun lainnya. Bentuk dari gigi taring sendiri lebih mudah dikenali dari pada gigi lainnya karena berbentuk lancip.

Berapa jumlah gigi taring orang dewasa? Secara normal, struktur gigi taring orang dewasa jumlahnya ada 4 (empat) Berdasarkan penelitian medis, gigi taring bagian atas akan muncul pertama kali dibandingkan dengan gigi taring bawah. Gigi taring orang dewasa akan berubah menjadi permanen pada saat kalian berusia 11 sampai 12 tahun.

Gigi Premolar

Gigi yang terletak di sebelah gigi taring sebelum geraham disebut dengan gigi premolar. Ukuran gigi premolar sendiri lebih besar dibandingkan gigi seri dan taring. Berapa jumlah gigi premolar orang dewasa? Jumlah gigi premolar lengkap yang dimiliki oleh orang dewasa adalah 8 gigi, yakni 4 di atas dan 4 lainnya di bawah. Lantas, tahukah kalian apa fungsi dari gigi premolar?

Fungsi dari gigi premolar sendiri adalah untuk menghancurkan makanan menjadi lebih kecil agar memudahkan saat ditelan. Selain itu, kalian juga harus tahu bahwa bayi maupun anak-anak tidak memiliki gigi premolar. Gigi tersebut baru akan tumbuh ketika seseorang sudah berusia sekitar 10 tahun lebih dan biasanya kerap diiringi dengan demam ringan.

Gigi Geraham

Gigi terakhir yang dimiliki orang dewasa adalah gigi geraham. Jumlah gigi geraham normal adalah sebanyak 12, yakni 6 di atas dan 6 lainnya di bawah. Ukuran gigi ini jauh lebih besar dan kuat serta permukannya juga lebih lebar. Fungsinya dari gigi geraham sendiri hampir sama dengan gigi premolar, namun gigi geraham akan lebih memaksimalkan penghancuran makanan.

Berdasarkan ulasan di atas, berapakah total gigi orang dewasa yang kalian ketahui? Tidak lain secara keseluruhan berjumlag 32 gigi. Kini, kalian sudah tahu kan fungsi dan jumlah dari masing-masing gigi? Jika sudah, maka gunakan dan rawat gigi sebaik mungkin demi menghindari kerusakan yang menyebabkan sakit gigi. Semoga penjabaran di atas bermanfaat, ya?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi