Jumat

JumatT15.14

Cara Mengatasi Kamera Smartphone Tiba-tiba Mati Sendiri

Beberapa waktu yang lalu, tetangga saya mengeluh katanya kamera smartphone tidak bisa digunakan alias error. Sebenarnya kita tidak perlu panik atas apa yang terjadi. Asal kita tau bagaimana cara mengatasi kamera Android yang eror seperti itu.

Kamera android eror bisa terjadi disebabkan beberapa hal, bisa karena hardwarenya yang rusak mungkin karena habis jatuh, tercelup air, dan lain sebagainya. Bisa juga terjadi karena sistem internal dalam smartphone Android yang membuat kamera menjadi not responding.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kamera Smartphone yang Eror?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Mari kita simak bersama-sama.

1. Uninstall Aplikasi Kamera

Langkah ini bisa kalian coba, hapus semua aplikasi kamera yang pernah kalian unduh, kecuali aplikasi kamera bawaan ya. Kemudian, bisa restart smartphone.

2. Hapus Cache

Jika langkah pertama tidak berhasil, gunakan cara selanjutnya, yakni hapus cache. Aplikasi kamera pun menyimpan banyak data, history, sehingga mungkin saja cache smartphone-mu terlalu banyak sehingga harus dihapus.

Caranya:


  • Buka menu setting
  • Kemudian klik setelan tambahan >> manajemen aplikasi
  • Lalu pilih aplikasi kamera
  • Klik paksa berhenti >> hapus data

3. Lakukan reset factory

Cara selanjutnya bisa lakukan reset factory atau kembalikan ke mode pabrik. Perlu diperhatikan untuk selalu mem-back up data-data penting seperti kontak telepon, foto berharga, dokumen penting, dan lain sebagainya sebelum me-reset smartphone Android sobat, agar dapat terjaga file penting tersebut.

Demikian tutorial singkat kali ini. Terima kasih telah membaca artikel tentang kamera Android eror serta solusinya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi