Rabu

RabuT16.48

Apa itu Pemasaran? Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Pemasaran adalah suatu proses yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan bisnis baik perorangan maupun kelompok. Lalu apa si pengertian pemasaran, dan apa jenis-jenisnya? Nah, diartikel ini saya akan membahas secara ringkas beberapa hal tentang pemasaran, di antaranya yaitu :

Pengertian Pemasaran

Secara universal, pengertian pemasaran adalah suatu proses merata, terpadu, serta terencana, yang dilakukan oleh suatu organisasi ataupun institusi dalam melaksanakan usaha supaya sanggup mengakomodir permintaan pasar dengan metode menghasilkan produk bernilai jual, memastikan harga, dan silih bertukar tawaran yang bernilai untuk konsumen, klien, mitra, serta masyarakat umum.

Singkatnya gini, pengertian pemasaran lebih diidentikan dengan proses pengenalan produk ataupun layanan kepada konsumen yang potensial. Aspek-aspek untuk pemasaran ini meliputi periklanan, public relation, promosi, distribusi, penjualan, serta pelayanan konsumen.

Dalam industri, seorang profesional yang bekerja di bagian pemasaran berusaha agar dapat  mendapatkan perhatian dari khalayak potensial melalui periklanan. Umumnya, promosi ditujukan untuk audiens tertentu dan mungkin akan melibatkan dukungan selebriti, penggunaan slogan, kemasan atau desain grafis yang mudah diingat, dan eksposur media secara keseluruhan.

Jadi, tujuan utama dari pemasaran yaitu untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan. 

Baca juga : Pengertian Iklan

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Menurut Tung Desem Waringin, definisi pemasaran adalah media untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi.

Menurut Kotler, definisi pemasaran adalah aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh perorangan ataupun sekelompok orang dengan tujuan untuk mendapatkan tujuan mereka dengan jalan membuat produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lain.

Menurut Basu Swastha Dharmamesta dan Hani Handoko, desfinisi pemasaran adalah proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga barang dan jasa tersebut, hingga proses promosi maupun pendistribusiannya, dimana keseluruhan proses pemasaran itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh laba.

Fungsi Pemasaran Pada Perusahaan

Setelah memahami pengertian pemasaran, tentu kita juga harus mengetahui apa saja fungsinya. 

Kegiatan dari pemasaran dilakukan dengan cara membuat produk, menentukan harga, menentukan tempat penjualan, dan mempromosikan produk kepada konsumen.

Berikut adalah beberapa fungsi pemasaran :

1. Dengan adanya pemasaran, maka konsumen dapat mengetahui dan membeli sebuah produk yang dijual oleh produsen, baik dengan menukar produk dengan uang maupun menukar produk dengan produk. 

2. Proses pemasaran ini juga dapat dalam bentuk distribusi fisik terhadap sebuah produk, dimana distribusi dilakukan dengan cara menyimpan atau mengangkut produk tersebut. Proses pengangkutan produk bisa melalui darat, air, dan udara. Sedangkan kegiatan penyimpanan produk berjalan dengan cara menjaga pasokan produk agar tetap tersedia ketika dibutuhkan.

3. Aktivitas penyampaian produk dari produsen ke konsumen dilakukan melalui perantara pemasaran yang menghubungkan kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik. Pada proses aktivitas ini perantara terjadi kegiatan pembiayaan, pencarian informasi, klasifikasi produk, dan lain-lain.

Jenis-jenis Pemasaran

Selanjutnya saya akan membahas tentang jenis-jenis pemasaran. Nampaknya pengertian pemasaran tidak hanya terbatas pada pengenalan produk saja, pembagiannya juga sangat luas dan efeknya juga bermacam-macam jenis.

Misalnya seperti berjualan produk fashion. 

Tentu dengan memakai strategi sosmed misalnya bermain endorse di Instagram akan menghasilkan jumlah yang berbeda dibanding hanya memasang baliho di seberang jalan.

Ketika targetnya adalah anak muda, sepertinya Instagram menjadi media paling tepat. Oleh sebab itu, agar penggunaan dana untung marketing jadi lebih efektif, dan sepertinya sangat baik mengenali jenis-jenis marketing yang berkembang sekarang.

Berikut adalah beberapa jenis pemasaran :

Word of Mouth Marketing

Word of Mouth Marketing (WOMM) adalah calon konsumen mendapatkan informasi produk dari customer lain. Promosi dari mulut ke mulut disampaikan secara oral dan ia sangat exited ingin membagikan informasi penting ini pada orang lain. Ini menjadi kebiasaan mereka sebagai konsumen saat berkumpul dengan orang lain. Nah, meskipun strategi ini dikenal sangat tua, tapi cara ini masih ampuh sampai sekarang. Apa lagi kalau bidang makanan.

Call to Action

Kalo traffic dari website berhasil menghasilkan penjualan, itu artinya website tersebut telah melakukan pemasaran CTA. Jenis dari kampanye ini memanfaatkan website yang menggunakan teks, grafik dan elemen web yang lainnya. Cara satu ini cukup ampuh untuk menarik konsumen online dengan jangkauan yang lebih luas. Namun, bukan berarti pemilik website terserbut tidak melakukan analisis. Pemasaran dengan CTA seperti ini justru harus benar-benar spesifik, karena biasanya pengunjung lebih suka mencari produk berdasarkan kata kunci.

Relationship Marketing

Banyak yang berpendapat bahawa relationship marketing jauh lebih efektif. Bahkan banyak dari perusahaan yang melakukan hal ini ketimbang menghabiskan dana untuk menggaet konsumen baru. Alasannya apa? Karena kebanyakan pelanggan lebih loyal pada saat peluncurkan produk baru. 

Baca juga : Kenali Pengertian dan Jenis-jenis Digital Marketing

Cloud Marketing

Jenis pemasaran yang satu ini masih terbilang baru. Cloud marketing memasukkan semua sumber daya dan asetnya melalui online. Salah satu contoh cloud marketing adalah affiliate program yang dilakukan oleh Amazon. Amazon memungkinkan associates untuk memodifikasi serta mengembangkan sumber daya tersebut. Tidak heran bila buku, acara televisi, film dan lainnya bisa diakses secara online oleh konsumen melalui Kindle Fire.

PR Marketing

Public Relations merupakan salah satu jenis pemasaran yang paling penting. Ada banyak sekali perusahaan yang bekerjasama dengan media untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya suatu produk mereka dan keuntungan yang dimiliki saat produk ini dimiliki oleh konsumen.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian pemasaran, fungsi, dan jenis-jenis pemasaran. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi