Jumat

JumatT10.26

11 Peluang Usaha di Daerah Sepi Paling Menguntungkan

Banyak sekali yang mencari tentang Peluang Usaha di Daerah Sepi. Yups, benar sekali. Jangan berkecil hati untuk teman-teman yang ingin membuka usaha di daerah sepi (pedesaan, maupun daerah terpencil), karena kali ini, aku akan berbagi gambaran tentang apa saja bisnis yang dapat dikembangkan di daerah sepi masyarakat, sehingga dapat menambah wawasan bagi kita semua. 

Semasa pandemi virus merebak di seluruh dunia, tidak sedikit orang kehilangan pekerjaannya. Fenomena tersebut akhirnya membuat masyarakat berfikir untuk tetap bertahan hidup meski di rumah saja. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjalankan bisnis. Namun, bagaimana jika wilayah tempat tinggal cenderung sepi? Tenang saja, pasalnya ada 11 peluang usaha di daerah sepi yang bisa kalian jalankan dan berpeluang memperoleh keuntungan besar.

Selama ini, sebagian orang terdistrac pemikiran yang menganggap bahwa berbisnis harus di tempat ramai dan mudah dijangkau pengunjung. Pola pikir tersebut akhirnya membuat hasrat untukt berbisnis down atau bahkan nekat mencari hutang demi menyewa tempat ramai. Padahal, sekalipun kalian tinggal di daerah sepi, sebuah usaha masih bisa dijalankan. Tidak percaya? Simak 11 peluang usaha berikut ini:

Ternak Hewan

Usaha pertama yang bisa kalian jalankan di daerah sepi adalah beternak. Usaha ini sangat cocok dijalankan karena semakin sepi daerahnya, maka usaha ternak kalian tidak akan menganggu masyarakat sekitar. Bahkan, jika kalian sungguh-sungguh dalam mengembangkan usaha ini, keuntungan yang diperoleh tentu tidak main-main. Apalagi jika kalian berhasil menjalin kerjasama dengan pihak lain.

Hewan Apa saja yang berpotensi mendatangkan keuntungan jika diternakkan? Pada dasarnya, semua hewan ternak seperti ayam, sapi, kambing maupun itik bisa kalian ternakkan. Namun, hal tersebut tentu saja harus disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Jika kalian tinggal di daerah yang dekat dengan area persawahan, maka ternak itik, sapi dan kambing berpotensi mendatangkan prospek tinggi.

Budidaya Tanaman


Apabila tinggal di daerah pegunungan sejuk, sepi dan jauh dari kebisingan kota, maka budidaya tanaman adalah salah satu peluang usaha. Tanaman yang bisa kalian budidayakan salah satunya adalah tanaman hias yang berbungan. Kemudian, hasil dari budidayanya bisa kalian jual ke pusat kota ataupun memasarkannya melalui situs online. 

Benar sekali. Progres budidaya tanaman ini cukup bagus loh, di masa depan. Aku pernah menulis tentang bisnis tanaman hias (Baca aja langsung di >> Peluang Bisnis Tanaman Hias yang Menguntungkan) di situ aku jelasin bagaimana tata caranya, juga tips-tipsnya, yang mungkin bisa membantu mengembangkan usaha budidaya tanaman hias. 

Dan lagi, aku mau ngasih tau nih, pasti di antara kalian, banyak yang bingung tentang "bagaimana pengiriman tanamannya kak?". Nah, sekarang sudah ada Jasa pengiriman Surabaya Jakarta jadi bisa mempermudah distribusi tanaman kalian deh. 

Budidaya Jamur

Tahukah kalian bahwa sekarang ini jamur krispi menjadi makanan yang digemari khalayak? Bahkan, tidak sedikit rumah makan maupun cafe yang menyajikan menu jamur sebagai sajian? Oleh karena itu, dalam menanggapi hal ini, kalian bisa menjalankan usaha budidaya jamur. Apalagi jika kalian tinggal di daerah sepi, prospeknya sangat menguntungkan jika berhasil menjalin relasi dengan pemilik bisnis kuliner.

Industri Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah Setempat

Setiap daerah pasti memiliki icon berupa destinasi wisatanya, bukan? Maka, sekalipun kalian berada di daerah sepi, kalian masih bisa menjalankan usaha berupa membuka industri makanan oleh-oleh khas daerah setempat. Apabila sudah jadi, kalian bisa mempromosikannya melalui sosial media atau menjajakannya di pusat kota. Usaha ini bahkan bisa kalian jalankan meskipun modalnya kecil.

Toko Sembako

Tinggal di daerah sepi pasti jauh dari pusat perbelanjaan, bukan? Membaca situasi ini kalian bisa memanfaatkan peluang usaha berupa membuka toko sembako. Sehingga dengan demikian, orang-orang disekitar kalian pasti akan senang karena tidak perlu pergi jauh-jauh jika ingin membeli kebutuhan sehari-hari. Namun, kalian juga jangan mematok harga terlalu mahal agar pelanggan tetap datang.

Jasa Membersihkan Rumah

Tidak punya modal sama sekali namun ingin membuka usaha sendiri? Jangan putus asa, pasalnya kalian masih bisa memutar otak untuk membuka jasa membersihkan rumah. Sekalipun tempat tinggal kalian berada di daerah sepi, bisa jadi beberapa orang yang tinggal di sana adalah pekerja kantoran yang sangat sibuk. Hasil dari menjual jasa ini bisa kalian kumpulkan untuk modal menjalankan usaha yang lain.

Pertamamini

Mendirikan pertamini di daerah sepi? Apakah ada peminatnya? Tentu saja, apalagi jika kalian berada di daerah pelosok yang sering kali dilalui para wisatawan, pasti akan laku terjual. Pasalnya, dengan kondisi geografis tersebut pasti pom bensin lokasinya sangat jauh. Sehingga dengan usaha pertamini, kalian bisa memudahkan orang untuk mengisi bahan bakar apabila terpepet.

Jasa Fotografi

Peluang usaha yang bisa kalian jalankan di daerah sepi berikutnya adalah dengan menawarkan jasa forografi. Usaha ini sangat cocok dijalankan bagi kalian yang memiliki skill fotografi mumpuni dan didukung dengan alat-alatnya. Bahkan, jika kalian sudah mendapatkan nama maka kalian bisa mendapatkan penghasilan yang fantastis. Tidak percaya? Sebaiknya coba saja mempromosikan jasa kalian di sosmed.

Budidaya Lele

Peluang usaha di daerah sepi yang mampu mendatangkan keuntungan banyak adalah budidaya lele. Nantinya, hasil dari ternak lele bisa kalian jual kepada masyarakat sekitar yang ingin membeli lele atau menjualnya ke pasar di pusat keramaian. Namun dalam melakukan hal ini, kalian harus benar-benar memperhatikan kualitas lele yang dihasilkan agar tidak kalah saing dengan pembudidaya lainnya.

Usaha Kerajinan Khas

Bagi kalian yang memiliki keterampilan membuat kerajinan, sebaiknya coba saja menjalankan peluang usaha berupa membuat kerajinan khas. Sekalipun kalian tidak berada di wilayah pusat wisata, nantinya hasil dari kerajinan yang kalian buat bisa dipasarkan atau menjalin relasi. Cara tersebut tentu terbilang lebih mudah dan simple serta tidak membutuhkan modal besar.

Jasa Pijat

Peluang usaha di daerah sepi yang menjanjikan, bermodal kecil dan menghasilkan keuntungan besar adalah menjalankan jasa pijat. Peluang usaha ini tentu saja cocok bagi kalian yang memiliki keahlian dibidang tersebut. Namun, disarankan agar memijat sesama jenis saja guna menghindari hal-hal negatif yang membahayakan diri senidiri.

11 peluang usaha di daerah sepi yang sudah dijelaskan di atas, bisa kalian pertimbangkan sembari melihat keadaan sekitar. Pastikan juga memilih ekspedisi Surabaya Jakarta terbaik agar produk-produk yang kalian jual dapat sampai dengan selamat. Untuk kriteria produknya, bisa menyesuaikan dengan minat dan kemampuan kalian agar tidak bosan ketika menjalankannya. Namun, sebagai masukan sebaiknya mulai jalankan usaha tersebut dengan ruang lingkup kecil kemudian berusaha memaksimalkan strategi martketing agar semakin dikenal khalayak.

Semoga artikel ini memberi manfaat kepada semua orang, khususnya untuk kalian yang membaca artikel ini. Kalau ada pertanyaan apapun itu, sampaikan di kolom komentar, aku akan seneng banget kalau kalian ikut komen, apalagi share artikel ini kepada orang yang membutuhkan bacaan sebelum membuka usaha. Salam. 

Related Posts

2 komentar:

  1. Masih ada peluang ya walaupun di tempat sepi, yang penting telaten.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, asalkan mau bersemangat buat ciptain peluang usaha di pedesaan

      Hapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi