T11.38

7 Contoh Usaha Kecil-kecilan Untung Jutaan Rupiah

Lesunya keadaan ekonomi karena semakin meningkatkan kebutuhan hidup, membuat orang harus berupaya memutar otak demi menambah penghasilan. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah menjalankan sebuah bisnis. Untuk memulai, sebaiknya jalankan dahulu bisnis kecil-kecilan yang berpeluang mendatangkan omset jutaan rupiah. Apa saja? Berikut adalah 7 Usaha yang jarang tapi dibutuhkan. :


1. Makanan Ringan Olahan

Bisnis Makanan Ringan Paling Diminati 2020

Siapa sih yang tidak suka jajan dan nyemil? Setiap orang pasti menyukainya, bahkan biasanya kerap kali disajikan sebagai teman untuk bercengkrama bersama keluarga, teman, menonton televisi maupun mengerjakan suatu pekerjaan. Menanggapi hal demikian, tentunya kalian bisa memanfaatkan keadaan tersebut untuk mulai menjalankan bisnis kecil-kecilan berupa membuat makanan ringan olahan.

Bahkan, jika kalkulasikan modal untuk menjalankan bisnis ini terbilang cukup murah bahkan tidak mencapai Rp. 50.000,00.- Namun, apabila kalian komitmen dan bersungguh-sungguh menjalankannya, omset yang dihasilkan bisa menjacapai Rp. 1.000.000,00.- sampai Rp. 2.000.000,00.- setiap bulannya. Bagaimana, lumayan bukan untuk menambah penghasilan tambahan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari?

Usaha Kecil-kecilan Dirumah yang Menguntungkan


2. Pesanan Makanan Rumahan (Catering)

Bisnis Katering Menjanjikan 2021

Sejauh ini kalian pasti memandang bahwa masakan rumah adalah sesuatu yang terlihat sederhana, bukan? Namun ternyata apabila dikelola dengan baik bisa menjadi salah satu bisnis kecil-kecilan yang mendatangkan omset jutaan. Mengapa demikian? Pasalnya, makanan rumahan tidak pernah kekurangan peminat, apalagi saat ini banyak orang tengah sibuk dengan rutinitas sehari-hari.

Namun, apabila kalian ingin meraih peminat dari pelanggan, upayakan untuk memberikan kualitas terbaik dan harga yang lumayan terjangkau. Varian masakan yang bisa kalian sajikan juga bisa disesuaikan dengan minat khalayak. Serta, tambahakan pula menu tradisional dari beberapa daerah dan buatlah menu unggulan untuk usaha makanan rumahan kalian. Bahkan, kalian juga bisa membuat menu ala diet atau menu khusus anak sekolah guna menarik minta konsumen.

3. Jasa Jahit

Trend fashion di Indonesia kini kian mengalami perkembangan pesat seiring banyaknya serial film di berbagai layar kaca. Bagi kalian yang memiliki keahlian dibidang desain pakaian dan jahit menjahit, maka bisnis berupa jasa jahit adalah keputusan yang tepat. Mengapa? Pasalnya untuk menjalankan bisnis ini kalian tidak membutuhkan modal besar, apalagi jika sudah memiliki mesin jahit sendiri.

Memang untuk memulai bisnis berupa jasa jahit ini tidak bisa langsung besar, melainkan kalian harus memulai dengan kecil-kecilan. Upayakan untuk menghasilkan kualitas jahitan yang rapi dan bagus agar pelanggan puas dengan hasil kerja kalian. Sangat disarankan untuk mematok harga standart dan naikkan harga secara bertahap sesuai dengan kualitas jahitan yang mampu kalian hasilkan.

4. Reparasi Sepatu dan Tas Kulit

Sepatu dan tas dari kulit saat ini memang tengah trend di kalangan khalayak. Sekalipun harganya mahal, namun ternyata kualitas yang dihadirkan sangat mumpuni dan sangat stylis. Lantas, bagaimana jika sepatu maupun tas dari kulit sobek atau mengalami kerusakan? Apakah harus membeli lagi? Bukankah harganya sangat mahal?

Jangan khawatir, untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa membuka jasa reparasi sepatu dan tas kulit. Bahkan, kalian bisa mempromosikannya secara kecil-kecilan asalkan mampu menggenggam kepercayaan dari pelanggan. Apabila sudah mendapatkan nama dari khalayak, maka bersiaplah untuk mendapatkan omset jutaan rupiah dari hasil reparasi sepatu dan tas kulit.

5. Laundry Kiloan

Jasa cuci pakaian alias laundry memang masih menjadi unggulan bagi para pebisnis pemula. Bisnis kecil-kecilan ini bisa kalian jalankan dengan peralatan seadanya lebih dahulu. Namun, apabila sudah mendapatkan kepuasan dari pelanggan, maka jasa laundry kalian bisa kebanjiran orderan. Oleh karena itu, dibutuhkan kecepatan dan kebersihan ekstra untuk menjalankan bisnis ini.

Kalian juga harus memaksimalkan hasil akhir cucian berupa wangi yang tahan lama dan tidak menyengat. Menginga, sebagian besar orang yang menggunakan jasa laundry pakaian lebih senang mencari laundry yang mampu memberikan hasil akhir yang wangi agar pakaian bisa tahan lama meskipun digunakan seharian.

6. Cuci Kendaraan Bemotor

Apabila kalian memiliki lahan yang cukup luas di depan rumah, maka sebaiknya jalankan saja bisnis kecil-kecilan berupa cuci kendaraan bermotor. Untuk menjalankan bisnis ini kalian hanya membutuhkan air bersih yang mengalir, sabun dan kanebo. Meskipun modal yang dikeluarkan pertama kali bisa dibilang sangat murah, namun omset yang bisa kalian dapatkan berpotensi mencapai jutaan rupiah.

Namun, sangat disarankan agar kalian memahami dahulu bagian-bagian kendaraan bermotor yang tidak boleh terkena air guna menghindari kerusakan. Sekalipun terlihat mudah, namun ternyata bisnis ini membutuhkan ketelitian dalam hal kebersihan dan kenyamanan pemilik kendaraan bermotor.

7. Potong Rambut

Peluang bisnis kecil-kecilan yang mampu mendatangkan omset jutaan rupiah berikutnya adalah jasa potong rambut. Usaha ini sejak jaman dahulu sampai saat ini tidak pernah mengalami penurunan peminat karena jumlah manusia di muka bumi terus bertambah seiring berjalannya waktu. Belum lagi kini mode style rambut terus mengalami perkembangan dan kemajuan berkat banyaknya para influencer dan tokoh-tokoh inspiratif di berbagai layar kaca.

Oleh karena itu, apabila kalian memiliki keahlian berupa memotong rambut, sebaiknya pelajari trik memotong dari berbagai sumber. Untuk apa? Tidak lain adalah guna mampu memenuhi permintaan pelanggan perihal mode rambut yang diinginkannya. Jangan lupa untuk menyediakan fasilitas tambahan agar pelanggan semakin betah datang merapikan penampilan di jasa kalian.

Akhir artikel ini, apabila punya produk jualan sebaiknya didaftarkan paten hak cipta merek dagang untuk menghidari masalah kemudian hari agar semakin aman dan terjamin secara hukum. 

Selain itu, dengan mendaftarkan gak cipta merek dagang tentu akan menambah branding dan kepercayaan dari pembeli kepada produk yang dijual. 

Ketujuh peluang bisnis kecil-kecilan omset jutaan rupiah yang sudah disebutkan di atas, bisa kalian pilih sesuai dengan minat masing-masing. Jangan lupa untuk membaca peluang pasar, sebaiknya jalankan bisnis yang benar-benar laris dipasaran agar omset semakin meningkat. Serta, pastikan untuk mencatat setiap alur keuangan agar omset yang didapatkan termanajemen dengan baik.


Related Posts