Minggu

MingguT07.21

Memulai Bisnis Kios yang Menguntungkan

Selain menyediakan berbagai kebutuhan dengan harga murah, kalian juga harus mengetahui tips bisnis kios yang menguntungkan. Apalagi jika lapak yang kalian masih berstatus sewa, pasti membutuhkan pemasukan lebih agar keuntungannya cukup untuk menutup biaya sewa. Tentunya, tidak semua orang yang mendirikan kios paham perihal cara mendapatkan keuntungan lebih pada saat menjalankannya.

Kios menjadi lapak yang pemiliknya harus siap memberikan layanan maksimal untuk memenuhi kebutuhan semua orang, baik secara grosir maupun ecer. Kalian pasti tahu kan, bahwa kebanyakan kios yang sudah banyak berdiri kerap kali mengalami kerugian? Hal tersebut terjadi karena masyarakat lebih memilih berbelanja di supermarket maupun toko besar lainnya, sebab dianggap harganya lebih murah.

Lantas, mengetahui fenomena tersebut apakah kalian tidak memiliki peluang untuk menjalankan bisnis dengan membuka kios? Tentu saja masih bisa. Namun, demi meminimalisir kerugian, kalian harus mengetahui tips bisnis kios yang menguntungkan. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjabaran di bawah ini baik-baik, ya?

Tentukan dan Pilih Lapak yang Akan Digunakan

Tips pertama yang harus kalian ketahui agar bisnis kios tetap menguntungkan adalah perihal lapak yang akan digunakan. Apabila kalian tidak memperhatikan hal ini, maka tentu saja akan kesulitan untuk dikenal oleh khalayak dan kebingunan untuk menggelar barang dagangan. Oleh karena itu, sebaiknya kalian benar-benar memilih lapak yang akan digunakan untuk membuka kios. Usahakan yang mudah diakses oleh masyarakat dan berlokasi strategis.

Sebenarnya, jika kalian ingin mendapatkan keuntungan yang cukup besar, kalian bisa membuka kios di area pasar. Mengapa? Pasalnya, prospek jualnya lebih tinggi karena orang mengklaim bahwa barang dagangan yang dijual di pasar, harganya jauh lebih murah. Namun, jika ingin memanfaatlakn halaman yang ada di depan rumah, kalian juga bisa menggunakannya.

Susun Rencana Bisnis Kios Sematang Mungkin

Sebenarnya, apapun usaha yang akan atau sedang kalian dirikan seharusanya dimulai dengan perencanaan bisnis yang matang. Mengapa? Pasalnya hal ini menjadi salah satu tips yang mampu mendatangkan keuntungan. Namun, ternyata sejauh ini masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut karena dianggap bisa dipikirkan sembari berjalan.

Hitung Banyaknya Modal Usaha

Tips berikutnya adalah kalian harus menghitung banyaknya modal usaha yang dibutuhkan nantinya. Hal ini sangat penting agar kalian bisa menentukan harga dari masing-masing produk yang dijual, baik secara ecer maupun grosir. Untuk meminimalisir kerugian, kalian bisa menggunakan modal yang tidak terlalu besar lebih dahulu sembari membaca kemajuan bisnis kios yang sedang kalian jalankan.

Pahami Tingkat Persaingan Pasar

Keuntungan dari bisnis bisa kalian dapatkan dengan mudah apabila kalian menerapkan tips satu ini. Memahami tingkat persaingan pasar merupakan salah satu tips ampuh yang sudah banyak dibuktikan oleh pendiri kios lain. Untuk mendapatkan data yang akurat, sebaiknya kalian melakukan riset perbandingan harga, tata letak kios hingga metode marketing yang digunakan oleh kios lain. Paling tidak, risetlah sebanyak tiga sampai 5 kios lain, mulai dari yang terdekat sampai terjauh dari kios kalian.

Analisis Perilaku Konsumen

Kalian bisa saja mendapatkan keuntungan besar dari menjalankan bisnis kios asalkan pandai dalam menganalisis perilaku konsumen. Artinya, kalian harus pandai membaca berbagai hal yang kemungkinan dipilih oleh konsumen. Misalnya, jika kalian mendirikan kios di lingkungan perumahan, maka pembelinya pasti hanya orang-orang komplek saja. Sehingga barang yang kalian jual harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat komplek.

Tentukan Aneka Barang yang Akan Dijual



Menyangkut poin nomor 5, kalian juga harus menentukan aneka barang yang akan dijual. Ketika menentukan barang yang akan dijual, kalian harus menyesuaikan dengan kebutuhan khalayak. Jangan hanya menyediakan barang yang kalian ingini saja. Pasalnya, nanti yang akan membeli dagangan kalian adalah orang lain, bukan diri kalian sendiri.

Hubungi Distributor Terpercaya

Selanjutanya, kalian harus menghubungi distributor terpercaya setelah memastikan dan menentukan barang-barang yang hendak dijual. Apabila modal yang kalian miliki berlebih, kalian bisa langsung menghubungi agen agar mendapatkan harga lebih murah. Sehingga, keuntungan yang kalian dapatkan bisa jauh lebih banyak.

Pastikan Perlengkapan Kios Sudah Disediakan

Menjalankan bisnis kios tentu tidak semata-mata hanya membutuhkan lapak maupun barang yang akan dijual. Melainkankan kalian juga harus menyediakan perlengkapan pendukung. Beberapa diantaranya adalah kalkulator, mesin cetak struk pembayaran, nota dan masih banyak lagi. Bahkan, apabila dibutuhkan, kalian juga bisa menyediakan keranjang belanja khusus, guna memudakan pembeli berbelanja dalam jumlah banyak.

Atur Susunan Toko dan Tata Letak Barang

Tips yang tidak kalah penting adalah kalian harus mengatur susunan barang di dalam kios. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? yakni untuk memudahkan pembeli mencari barang yang hendak diambil. Kalian bisa memetakkan barang sesuai dengan kriterianya, misalnya rak untuk sabun, rak untuk makanan ringan dan lain sebagainya.

Bersikap Ramah Kepada Konsumen

Terakhir, sebagai pemilik kios yang juga berperan sebagai penjual, kalian harus bersikap ramah kepada konsumen. Hindari melayani konsumen dengan raut wajah masam, maupun dengan nada tinggin. Mengapa? Pasalnya hal tersebut jelas akan membuat pelanggan merasa enggan berbelanja di kios kalian. Apabila sudah demikian, maka waspadalah karena kios kalian terancam bangkrut.

Setelah mengetahui tips bisnis kios yang mengutungkan di atas, kini kalian tidak perlu takut lagi kehilangan pelanggan. Apalagi bagi yang akan mendirikan kios. Usahakan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, atur strategi marketing dan tentukan apa saja yang akan kalian jual. Sehingga dengan demikian, pada saat sudah memiliki lapaknya, kalian hanya tinggal memperhatikan semua tips di atas. Semoga sukses, ya?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi