Sabtu

SabtuT12.15

Mengenal EKRUT, Cara Baru Cari Kerja di Era Digital

"Alhamdulillah, dapat 50 ribu dari blog"

Saya ingat waktu itu, pertama kali mendapatkan job dari seseorang untuk mengulas suatu hal. Saya kegirangan sekali, karena itu merupakan upah pertama yang saya dapatkan sendiri dari menulis di blog. "Wah, berarti benar, di buku yang saya baca tertulis bahwa blog dapat mendatangkan uang. Ajaib". Seperti itulah kegembiraan saya kala itu.

Dengan berbekal uang 50 ribu tadi, saya semakin semangat mengeksplor dunia digital, saya sering ke warnet untuk mencari tahu tata cara coding, desain, dan lain-lain. (maklum, saat itu saya penuh keterbatasan sehingga hanya mengandalkan warnet). Ternyata, banyak sekali kesalahan yang saya buat, lalu saya perbaiki sedikit demi sedikit, sambil bertanya-tanya dengan blogger-blogger yang lebih senior.

Proses tersebut memakan waktu yang cukup lama, berbulan-bulan hingga 6 tahunan lamanya. Perlahan tapi pasti pendapatan yang diperoleh dari menulis blog pun meningkat. Semua yang saya pikir adalah keajaiban dari blog saja, ternyata saya salah. Penghasilan tersebut meningkat sedikit demi sedikit, bukan tanpa alasan. Bukan karena blog saya saja. Namun karena skill digital yang saya upgrade perlahan demi perlahan, mengikuti prosesnya, hingga sampailah pada tingkatan saat ini.

EKRUT, Solusi Dapat Kerja Di Tengah Pandemi

Berbicara penghasilan, tentu didapat dari adanya job atau pekerjaan. Baik itu pekerjaan tetap maupun freelance. Sedihnya, saat pandemi seperti sekarang ini, banyak pekerja-pekerja yang di-PHK karena ketidakpastian ekonomi yang terjadi. Namun, bagaimana solusi yang tepat untuk cari kerja di era digital seperti sekarang ini?

 Langkah awal yang bisa kita lakukan adalah menguasai skill digital. Yup, benar. Skill digital sangat dipertimbangkan di masa yang penuh teknologi ini. Mulai dari skill programming, Internet marketing, dan lain sebagainya, dapat membuka peluang yang besar bagi kalian untuk mendapatkan pekerjaan dan job yang sesuai. 

Saya bersyukur sekali, bisa mengenal dunia blogging. Karena di dalamnya kita bisa belajar banyak hal tentang dunia digital. Ada setidaknya 4 skill utama yang harus diperhatikan untuk menghasilkan blog yang berkualitas bagi pembaca. Ada skill copywriting, yakni bagaimana kita meng-influence pembaca dengan baik, kemudian ada juga skill coding/programming, skill me-manage media sosial, dan skill desain grafis. 

Skill-skill tersebut bisa dijadikan basic untuk mendapatkan pekerjaan di era digital saat ini. Karena dengan menguasai kemampuan yang beragam, maka kita bisa mendapatkan benefit yang tidak sedikit. Apa saja benefit yang kita dapatkan? Berikut saya tulis 5 Manfaat Skill Digital. 

1. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Kinerja dan produktivitas perusahaan tentu akan semakin meningkat apabila semua pekerjanya mampu memahami dan menguasai IT. Seperti misalnya, jika dahulu data-data perusahaan hanya disimpan di lembaran kertas, maka sekarang sudah bisa menggunakan google drive. Sehingga tentu saja pemahaman mengenai segala macam aplikasi sudah seharusnya dipahami.

2. Mempermudah dalam Pengelolaan Data

Perusahaan maupun instansi pasti memiliki banyak data yang harus diolah. Seperti misalnya pendapatan mingguan, bulanan sampai tahunan. Bahkan masih banyak data lain yang perlu diolah guna mengetahui hasil akhirnya. Adanya skill digital seperti menghitung menggunakan software pengolah angka tentu sangat dibutuhkan. Pasalnya, selain mampu mempersingkat waktu, data yang diperoleh juga lebih akurat.

3. Membantu Mengembangkan Bisnis di Sebuah Perusahaan

Bagi kalian yang nantinya bekerja disebuah perusahaan yang berbasis bisnis, maka kalian sangat perlu untuk terus mengupgrade skill digital. Mengapa? Pasalnya sebuah bisnis di suatu perusahaan tidak akan mampu berkembang pesat tanpa bantuan teknologi. Kalian bisa memanfaatkan teknologi berupa digital marketing untuk mendapatkan perhatian khalayak. Misalnya memanfaatkan akun sosial media Instagram, Youtube, Facebook hingga membuat website resmi untuk perusahaan.

4. Sebagai Benteng dari Serangan Cyber

Pernahkah kalian mengalami kejadian di mana salah satu akun sosial media tiba-tiba tidak bisa dibuka? Nah, hal tersebut bisa jadi karena ulah hacker yang menggunakan serangan cyber demi mendapatkan keuntungan sepihak. Saat ini bahkan banyak akun influencer, perusahaan maupun instansi yang di hack guna diambil data-datanya.

Apalagi akun rekening perusahaan yang menyimpan dana tidak sedikit. Bisa jadi jika ada pihak yang tidak suka dan ingin menghancurkan suatu perusahaan, maka rekeningnya bisa dibekukan hanya dalam sekali klik. Oleh sebab itu, kalian harus memahami skill digital. Beberapa diantaranya seperti programming, IT dan coding demi membentengi perusahaan tempat kalian bekerja dari hal demikian.

5. Memudahkan Diri Mendapatkan Lapangan Pekerjaan

Salah satu alasan yang membuat kalian harus memiliki dan meningkatkan skill digital adalah untuk mempermudah diri dalam mendapatkan pekerjaan. Apabila dipikir secara nalar, perusahaan atau instansi mana yang akan menolak kandidat yang sudah memiliki kemampuan tersebut. Pasalnya, semakin banyak pekerja yang memiliki skill digital, maka kejayaan suatu perusahaan bisa terjamin. Oleh karena itu, bagi kalian yang belum menemukan skill digital dalam diri, sebaiknya segera asah dengan mengikuti berbagai pelatihan online.

Untuk mewujudkan kemudahan mendapatkan pekerjaan tersebut, kita bisa memanfaatkan talent marketplace bernama EKRUT. 

Ya benar. Sebuah talent marketplace yang mengangkat konsep berbasis data science, itulah EKRUT. Konsep yang dihadirkan EKRUT menjadikan perusahaan lebih mudah dalam mendapatkan kandidat pekerja yang sesuai dengan kriterianya. Tidak hanya itu, EKRUT juga sangat membantu para pencari kerja yang masih berstatus freshgraduated maupun masyarakat pada umumnya dalam mendapatkan pekerjaan yang cocok. Bahkan, mampu mengkoneksikan kalian dengan berbagai perusahaan impian.

Hal yang saya sukai dari EKRUT, yakni sistem yang diaplikasikan sangat up-to-date. Dengan menggunakan "talent marketplace" maka pelamar tidak perlu lagi mengirim CV sana-sini yang membuang-buang waktu, tinggal apply saja, beserta menampilkan resume yang terbaik untuk memperbesar peluang diterima oleh employer. Sangat efisien, bukan? 

Tidak sampai di situ saja, di situs EKRUT tersedia banyak sekali informasi yang menarik seputar dunia kerja yang bisa kita jadikan referensi untuk meningkatkan kualitas diri sebelum apply job-job di sana. Seperti salah satu yang saya rekomendasikan, yakni artikel berjudul "8 Contoh soft skill untuk profesional muda". Saya rasa, informasi-informasi ini sangat dibutuhkan oleh job seekers, sehingga sumber daya manusia di Indonesia menjadi SDM yang makin unggul dan lebih siap. 

Bahkan, kalian bisa kepoin media sosial EKRUT, karena banyak sekali informasi menarik yang sayang untuk dilewatkan. 

Di akhir artikel ini, satu hal yang ingin saya sampaikan sekaligus sebagai penutup bahwa kunci dari keberhasilan kita adalah dengan menguasai skill. Seluruh pekerjaan membutuhkan skill di bidangnya masing-masing, terutama di bidang digital. Dengan begitu, kita bisa apply job yang diinginkan di website EKRUT, semua kemudahan sudah ada di dalamnya. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi