Minggu

MingguT04.47

Mengenal Skin Type (Tipe Kulit) Sebelum Menggunakan Skincare

Baik pria maupun wanita, sudah selayaknya terlebih dahulu mengenal skin type (tipe kulit) sebelum menggunakan skincare. Mengapa? Pasalnya, tidak semua produk skincare yang memiliki harga mahal pasti cocok dan mampu memberikan hasil terbaik saat digunakan. Oleh karena itulah setiap dokter kecantikan selalu meminta pasiennya untuk berkonsultasi lebih dahulu perihal tipe kulit yang dimiliki.

Mengapa Bisa Jenis Kulit Setiap Orang Berbeda dan Apa yang Menjadi Penentu?

Tahukah kalian bahwa jenis kulit setiap orang bisa berbeda tergantung pola kehidupan yang diterapkan. Misalnya, makanan yang dikonsumsi maupun pola diet yang sedang dijalankan. Oleh karena itulah dalam memilih produk perawatan wajah tidak bisa sembarangan atau hanya asal ikut-ikutan. Lantas, apa saja menentukan perbedaan kulit seseorang? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini:

Fluktuasi Hormon

Sejauh ini, sebagian dari kalian pasti belum mengetahui bahwa flukatuasi hormon merupakan salah satu penentu perbedaan jenis kulit. Apalagi bagi perempuan yang baru saja menginjak usia 15 tahun, pasti akan sering mengalami fluktuasi. Oleh karena itu, pada saat usia tersebut, kulit masih cenderung berubah-ubah dan tidak bisa sembarang memilih skincare.

Pola Konsumsi Obat-Obatan

Bagi kalian yang sering mengkonsumsi obat-obatan, maka bisa dipastikan harus lebih waspada dalam memilih skincare. Mengapa? Pasalnya, kandungan bahan kimia yang ada di dalam obat-obatan berpotensi membuat kulit kalian rusak. Oleh karena itu, jika kalian sering kali terserang sakit, maka seimbangkan diri dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dan buah-buahan.

Perawatan Kulit

Perbedaan tipe kulit juga ditentukan dari cara perawatan kulit masing-masing orang. Misalnya bagi yang sering beraktifitas di luar ruangan, namun malas untuk membersihkan kulit. Apa yang terjadi? Tentu saja kulit akan cenderung memproduksi minyak berlebih dan rawan muncul jerawat. Demikian juga jika kalian bekerja di dalam ruangan ber-AC, jika tidak diseimbangi dengan air putih maka kulit kalian akan kering.

Faktor Genetika

Penentu tipe kulit lainnya juga disebabkan karena faktor genetika. Bagaimana maksudnya? Yakni misalnya kalian memiliki kulit yang cenderung berminyak dan ingin mengusahakan agar minyak tersebut hilang, maka tentu saja tidak bisa. Pasalnya, sedari lahir baik ayah atau ibu kalian sudah mewariskan gen kulit yang berminyak. Oleh karena itu, kalian hanya bisa mengatasinya bukan menghilangkannya.

Tingkat Stress yang Dialami

Faktor penentu lain yang menentukan skin type masing-masing orang adalah tingkat stress yang dialami. Misalnya, kalian memiliki tanggungan masalah yang cukup rumit, maka bisa saja produksi hormon kulit kalian menjadi meningkat. Sehingga, biasanya cenderung timbul jerawat batu dan sulit dihilangkan.

Jenis-jenis Skin Type 

Setelah memahami hal-hal yang menentukan jenis kulit, kalian juga harus mengetahui berbagai jenis kulit yang dimiliki oleh setiap orang. Hal ini tentu sangat dibutuhkan demi memudahkan kalian dalam membeli produk skincare yang akan digunakan untuk perawatan. Apa saja itu? demi memudahkan pemahaman kalian, simak penjelasan di bawah ini:

Kulit Wajah Normal

Tipe kulit pertama yang mudah dirawat adalah tipe kulit normal. Jika kalian memiliki tipe kulit yang seperti ini, maka kalian cukup menggunakan skincare yang diformulasikan secara khusus untuk kulit yang normal. Untuk langkah awal, kalian bisa menggunakan produk sabun pembersih wajah yang mengandung bahan kimi yang lembut. Setelah itu, hindari menggosok kulit terlalu kasar.

Kulit Wajah Kering

Jika kulit kalian cenderung terasa kering dan tidak terlalu berminyak, maka tipe kulit kalian adalah kering. Oleh karena itu, kalian harus pandai dalam memilih skincare yang mampu membersihkan dan melembapkan kulit. Seperti misalnya emolien, serta kalian harus menghindari skincare yang mengandung alkohol maupun pewangi.

Kulit Wajah berminyak

Sering mendapati wajah terlihat glowing namun ketika disentuh menggunakan tangan, kulit tangan terasa licin? Maka itu artinya, kalian memiliki tipe kulit yang berminyak. Apabila tipe kulit kalian berminyak, maka sebaiknya gunakan produk skincare yang mengandung ekstrak lemon untuk mengontrol minyak berlebih.

Kulit Wajah Sensitif

Apabila kalian sering kali merasakan kulit mudah mengalami iritasi ataupun alergi jika menggunakan produk baru, maka tipe kulit yang kalian miliki adalah sensitif. Ketika hendak membeli skincare untuk perawatan, usahakan untuk mengkonsultasikan lebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, jika kalian tidak berhati-hati, maka kulit akan rusak dan sulit untuk dikembalikan.

Kulit Wajah Kombinasi

Bagi kalian yang memiliki tipe kulit kombinasi, sebaiknya menggunakan produk skincare yang mampu mengurangi minyak berlebih di area T dan mampu melembabkan pipi. Demi mendapatkan kulit sehat untuk tipe kombinasi, kalian harus rajin mencuci muka sebanyak 2 kali sehari menggunakan facila foam yang sudah diformulasikan khusus. Serta, selalu jaga pola makan dan konsumsi air putih dengan cukup.

Itulah lima jenis kulit wajah yang harus kalian ketahui sebelum memutuskan untuk membeli produk skincare. Memang yang paling sulit mendapatkan produk skincare yang cocok adalah jika kalian memiliki tipe kulit kombinasi. Oleh karena itu pastikan kalian memahami tipe kulit kalian, ya?

Kini, apakah kalian masih bingung menentukan skin type (tipe kulit) sebelum menggunakan skincare? Tentu tidak bukan? Pastikan kalian merawat kulit dengan benar agar tidak semakin rusak dan memberikan hasil yang memuaskan. Apabila masih belum terlalu yakin, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu kepada dokter kecantikan sebelum memustukan untuk membeli skincare.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi