Rabu

RabuT05.20

Menguasai Pasar Bisnis, dengan Teknik Digital Marketing yang Kece Abis

Promosi di era revolusi industri 4.0 yang saat ini banyak dilakukan oleh para pelaku usaha adalah dengan menggunakan digital marketing. Berbeda halnya dengan jaman dahulu yang hanya mengandalkan cara manual untuk memperoleh minat dari masyarakat maupun pihak lain. Kini, semua hal yang berkaitan dengan bisnis maupun usaha bisa dilakukan dengan mudah. 

Saya ambil contoh, sosok Denny Santoso, yang dikenal luas sebagai wirausahawan dan digital marketer di Indonesia. 

Source: trentech

Selama 15 tahun terakhir, ia berhasil mengelola bisnis dari banyak sektor, mulai dari kecantikan hingga properti ditekuninya, dan dengan sertifikasi digital marketing yang ia miliki, menjadikannya sebagai mentor dalam beragam event bisnis, juga membantu pengembangan dan strategi e-commerce. 

Baginya, yang terpenting adalah bagaimana brand bisa membangun engagement dengan konsumen melalui digital marketing ini. Serta kemampuan untuk membangun awareness yang pada akhirnya juga akan kembali pada peningkatan penjualan. 

Se-berpengaruh itukah digital marketing ini? Dan tentu saja masih banyak di antara kita yang bertanya-tanya mengenai mengapa digital marketing penting untuk bisnis/usaha, bukan?

Digital Marketing Sebagai Jalur Kemudahan Memajukan Bisnis

Apabila kalian tahu, sebenarnya konsep digital marketing sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Namun, karena saat itu perkembangan teknologi belum sepesat sekarang, konsepnya masih cenderung diabaikan. Kini, setelah era digitalisasi semakin merebak dan maju dengan pesat, para pelaku jasa digital marketing semakin banyak dicari oleh pebisnis. Untuk apa? Tidak lain adalah demi meningkatkan penjualan produk.

Digital marketing sendiri diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik serta jaringan internet. Kegiatan tersebut bahkan telah diintegrasikan dengan berbagai strategi pemasaran maupun platform digital guna memudahkan konsumen untuk menjalin komunikasi secara online. Sehingga dengan demikian, antara pelanggan maupun konsumen satu dengan lainnya bisa saling bertukar informasi mengenai produk maupun jasa yang tengah dipasarkan.

Mengapa Digital Marketing Penting Untuk Usaha/Bisnis? Ini Dia Jawabannya!

Sekalipun pada intinya digital marketing bertujuan untuk memaksimalkan penjualan, namun masih ada alasan lain yang mendasari penting penggunaannya. Bagi kalian yang berperan sebagai pemilik usaha maupun bisnis dan masih ragu perihal jasa digital marketing, berikut ini jawaban atas pertanyaan kalian.

1. Memudahkan Pelaku Usaha/Bisnis Terhubung dengan Konsumen

Salah satu hal yang membuat digital marketing sangat penting untuk bisnis/usaha adalah memudahkan komunikasi dengan konsumen. Apalagi sekarang ini konsumen lebih senang memilih pelaku usaha yang merespon cepat dan ramah. Oleh karena itu, apabila kalian memiliki usaha sesederhana apapun usahakan untuk menjalin komunikasi dengan baik kepada konsumen.

Ada banyak media perantara dalam dunia digital marketing yang bisa memudahkan kalian menjalin hubungan dengan konsumen. Apa saja? Beberapa diantaranya seperti e-mail, WhatsApp, Direct Message dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, sebagai pelaju bisnis di era industri 4.0 seperti sekarang ini, kalian harus aktif dalam bersosial media demi mendapatkan keuntungan.

2. Melacak Perilaku Konsumen dengan Cepat

Selama ini banyak didapati bahwa pelaku usaha/bisnis kesulitan dalam menemukan topik maupun hal sedang trending. Akibatnya banyak usaha/bisnis mengalami gulung tikar karena tidak mampu mengikuti perkembangan trend. Namun, berkat adanya digital marketing kini hal tersebut bukan suatu masalah.

Namun, untuk bisa melacak perilaku konsumen tersebut tentu sebagai pelaku bisnis/usaha kalian harus mampu menggunakan fitur Artificial Intelligence (AI). Apalagi berdasarkan data dari Forrester’s Global State of Artificial Intelligence Online Survey perusahaan yang menggunakan digital marketing cenderung lebih sukses. Hal ini disebabkan karena produk yang ditawarkan akan meningkat sebesar 44 persen.

3. Berlomba Untuk Meraih Kompetitor

Apabila bisnis maupun usaha yang kalian jalankan tidak bisa mengerahkan sumber daya yang kuat untuk menggunakan digital marketing, maka bersiaplah tergerus. Mengapa demikian? Pasalnya, penggunaan digital marketing mampu memudahkan kalian dalam menjalin komunikasi maupun hubungan baik dengan pelanggan maupun kompetitor guna bekerja sama. Oleh sebab itu, usahakan untuk menggunakan strategi digital marketing yang tepat untuk meraih kompetitor.

4. Pangsa Pasar Meluas dengan Pesat

Mendapatkan konsumen baru sudah menjadi hal wajib bagi para pelaku usaha/bisnis. Mengapa? sebab hal tersebut berguna untuk menstabilkan penjualan. Menggunakan digital marketing untuk bisnis/usaha membuat konsumen kalian tertarik terhadap produk yang tengah ditawarkan. Beberapa upaya yang bisa kalian manfaatkan adalah dengan membuat website, sosial media maupun e-mail marketing.

Lantas, apakah konsumen yang berada di jangkauan yang amat luas tetap bisa mendapatkan informasi tersebut? Tentu saja bisa, sebab digital markering sudah memiliki jangkauan yang sangat luas hingga ke luar negeri sekalipun. Namun, untuk bisa menjangkau konsumen lebih luas, kalian harus kreatif dalam mengelola konten penjualan.

5. Menekan Biaya Marketing Konvensional

Pada 2016 seorang eMarketer melakukan penelitian bahwa biaya untuk digital marketing mampu melampui jumlah iklan yang ada di televisi. Apalagi dahulu kalian harus membayar pajak dengan jumlah yang tidak sedikit serta mengurus berbagai perizinan yang rumit. Namun, sekarang ini kalian tidak perlu mengeluarkan biaya besar demi bisa menggunakan digital marketing. Apalagi kalian berpotensi bisa menggandeng sebuah agency guna memasarkan produk kalian di ranah digital secara profesional.

6. Membantu Pebisnis Menumbuhkan Nilai Online yang Konvensional

Sekarang menjalankan bisnis apa saja bisa dibilang cukup mudah. Apalagi jika website kalian banyak dikunjungi, maupun akun sosial media kalian yang memiliki banyak followers. Pasalnya, sebagian besar pengguna sosial media akan melihat citra dari akun produk yang akan dikunjungi. Oleh karena itu, bagi kalian yang belum memiliki brand untuk usaha, baiknya gunakan jasa digital marketig.

7. Menjadikan Bisnis Semakin Dinamis

Selalu ingat bahwa seiring bergantinya tahun, dunia bisnis akan mengalami perubahan cepat. Oleh karena itu, sudah seharusnya kalian cermat dalam mengikuti semua perubahan yang ada dan beradaptasi. Bagi kalian yang masih kesulitan dalam membaca segala perubahan di media online, maka digital marketing akan sangat membantu.

Ternyata, digital marketing memiliki peran yang sangat penting ya, untuk kemajuan bisnis atau usaha kita. Lantas, bagaimana cara agar kita bisa menguasai skill digital marketing ini? Tenang, kita bisa memanfaatkan Kursus Digital Marketing Dumetschool sehingga nantinya kita bisa merasakan ketujuh manfaat digital marketing seperti yang sudah dijelaskan di artikel ini.

Have a nice day.... 

Related Posts

2 komentar:

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi