Selasa

SelasaT11.06

Teknik-Teknik Dasar Permainan Sepak Bola


Sebagai sarana olah raga, kita tentu pernah bermain sepak bola bersama teman-teman, bukan? Apalagi saat memasuki musim penghujan seperti sekarang ini. Dahulu permainan sepak bola yang kita lakukan cenderung asal-asalan yang penting bisa masuk ke gawang lawan. Tapi ternyata, permainan sepak bola ada teknik-teknik dasarnya, loh!

Sepak bola ternyata bukan hanya sekedar permainan yang menyenangkan dimainkan saat kecil. Melainkan juga menjadi salah satu olahraga yang digemari banyak orang di dunia. Sehingga, seiring berjalannya waktu sepak bola telah membudaya di kalangan masyarakat, hingga membentuk euforia. Bahkan, tidak sedikit orang yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola handal layaknya pemain-pemain bola dunia.

Jika salah satu atau sebagian besar dari kalian memiliki keinginan untuk menjadi pemain bola, maka setidaknya harus mengetahui teknik-teknik dasarnya. Pasalnya, setelah dipelajari lebih mendalam, sepak bola bukanlah suatu permainan yang bisa dengan mudah di mainkan. Apa saja teknik dasar sepak bola? Nah, untuk memudahkan pemahaman kalian, berikut ini beberapa teknik dasar permainan dasar sepak bola yang harus kalian ketahui:

1. Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik dasar bermain sepak bola yang paling penting adalah menggiring bola (dribbling). Teknik dasar ini berupa gerakan kaki yang membawa bola sambil bergerak ke ujung lapangan lawan. Gerakan ini dilakukan dengan tujuan membuat ruang guna bisa menembakkan bola, serta membuat umpan kepada teman satu tim. Kalian juga harus tahu bahwa untuk melakukan teknik dribbling ini terdapat beberapa teknik lain. Apa saja? berikut ini beberapa diantaranya:

Speed Dribbling dan Closed Dribbling

Menggiring Bola Menggunakan Punggung Kaki

Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam

Menggiring dengan Kaki Bagian Luar

2. Menendang Bola (Shooting)

Menendang bola (shooting) juga teknik dasar lain yang harus diketahui dan dipahami dalam permainan sepak bola. Teknik ini dilakukan dengan cara menggunakan kaki bagian luar, dalam dan punggung kaki. Untuk bisa menembak pola tepat sasaran, kalian harus memfokuskan pandangan pada sisi gawang. Serta, atur perkiraan kemudian ayunkan kaki untuk menendang bola. Gerakan ini tidak lain digunakan untuk membobol gawang lawan dari jarak yang sudah ditentukan.

3. Mengoper Bola (Passing)

Teknik dasar permainan sepak bola yang jauh tidak kalah penting diperhatikan, dipahami dan dikuasi adalah mengoper bola (passing). Untuk bisa melakukan teknik ini dengan baik dan benar, kalian harus berlatih paling tidak bersama sepuluh orang teman di lapangan. Teknik dasar ini sangat efektif dalam menembus pertahanan lawan. Oleh karena itu, selain mengoper bola, kalian dan tim harus bisa mengatur strategi dengan cepat saat di lapangan.

4. Menghentikan Bola

Setelah mengoper, apabila kalian berperan sebagai penerima bola yang telah dioper, maka selanjutnya kalian harus bisa melakukan teknik menghentikan bola. Perlu kalian ketahui, bahwa menghentikan bola tidak hanya menggunakan kaki, melainkan juga dada maupun paha. Teknik juga terbilang cukup sulit karena membutuhkan keterampilan khusus untuk bisa melakukannya dengan benar.

5. Menyundul Bola (Heading)

Pernahkah kalian menjumpai bola yang dioper melambung terlalu tinggi? Jika pernah, lantas bagaimana cara kalian menggapainya? Mengingat sepak bola merupakan salah satu permainan bola besar yang dilarang menggunakan tangan. Oleh karena itulah teknik dasar berupa menyundul bola harus kalian kuasai. Untuk bisa menyundul bola dengan sempurna, kalian harus mengatur posisi badan dan memperkirakan waktu yang tepat untuk melompat.

6. Merebut Bola (Intercepting)

Ketika ingin menghentikan laju umpan musuh dan merebut bola dari kaki lawan, kalian harus menguasai teknik dasar merebut bola (intercepting). Teknik dasar ini begitu penting dikuasai demi mempertahankan serangan dari serangan lawan. Untuk bisa melakukan teknik ini dengan sempurna, kalian harus cermat membaca gerakan lawan agar tidak salah merebut. Usahakan jangan menjegal kaki lawan pada saat merebut bola karena kalian bisa terkena pelanggaran.

7. Menyapu Bola

Teknik berikutnya yang turut digunakan untuk bertahan dari serangan lawan adalah menyapu bola. Saat melakukan teknik ini, kalian harus berhati-hati karena memiliki potensi resiko besar. Mengapa? Pasalnya, apabila kalian tidak jeli, maka kalian bisa mencederai lawan. Usahakan untuk menyesuaikan kecepatan kalian dengan musuh agar bola bisa kalian rebut dengan mudah.

8. Teknik Dasar Lemparan ke Dalam

Bagi kalian yang sering menonton laga sepak bola, pasti pernah menjumpai bola yang keluar dari sisi kanan dan kiri lapangan, bukan? Ketika hal tersebut terjadi, maka kalian harus melakukan teknik dasar lemparan ke dalam. Bagaimana caranya? yakni melempar bola menggunakan dua tangan yang diposisikan dari belakang kepala. Apabila hendak menambah tenaga saat melempar, kalian bisa menjinjitkan kaki.

9. Menangkap Bola (Goalkeeping)

Jika beberapa teknik di atas diperuntukkan untuk pemain bola, maka bagi kalian yang menduduki posisi kiper harus memahami teknik goalkeeping. Teknik dasar ini harus kalian kuasai pasalnya, seorang kiper menjadi pertahanan terakhir tim. Untuk bisa melakukannya dengan baik, maka kalian harus sesering mungkin melatih refleks menangkap bola yang tertuju kepada kalian. Serta seimbangkan dengan melatih diri untuk menendang bola dengan power sekuat mungkin.

10. Juggling Bola

Teknik dasar yang terakhir adalah juggling bola. Apakah itu? yakni sebuah teknik yang bisa melatih untuk mengontrol bola guna menipu musuh. Bagaimana cara melakukannya? Pertama-tama kalian harus memfokuskan padangan ke arah bola, tarik menggunakan telapak menuju ujung kaki, angkat sampai bola ikut terangkat ke atas. usahakan agar bola tidak jatuh ke tanah.

Itulah teknik-teknik dasar permainan sepak yang harus kalian ketahui. Untuk bisa memahaminya dengan mudah, kalian bisa langsung menerapkannya di lapangan bersama teman-teman. Serta, mintalah bantuan teman yang sudah mahir bermain sepak bola untuk saling mengkoreksi kesalahan dalam mempelajari teknik dasar. Bagi kalian yang memiliki keinginan menjadi pesepak bola handal, usahakan untuk berlatih dengan tekun, ya?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi