T05.06

7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog 2021

Cara Menghasilkan Uang Secara Online 2021

Ingin tambah penghasilan tapi tidak bakat dalam berbisnis? Bukan berarti kalian tidak bisa mendapatkan peluang cuan tambahan. Apalagi tahun 2021 ini kalian bisa dengan mudah menghasilkan uang dari mana saja, salah satunya termasuk dari blog. Bagi yang tidak tahu bagaimana memulainya, kalian bisa membaca dahulu tujuh cara menghasilkan uang dari blog tahun 2021.

Jika selama ini yang kalian pahami blog hanya untuk tempat curhat atau membuat artikel, maka di tahun 2021 nanti fungsinya tidak hanya itu. Melainkan, siapa saja bisa memanfaatkannya sebagai media yang menghasilkan uang, baik dengan menjadi blogger, Google AdSense hingga endorsment. Kalian bisa memilih salah satu yang memang kalian kuasai agar uang yang dihasilkan maksimal.

Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menjadikan blog sebagai lapak penghasil cuan. Sehingga sebagian hanya berakhir sebagai harapan yang tanpa realisasi. Apabila kalian termasuk salah satunya, maka jangan putus asa. Ulasan di bawah ini akan membahas mengenai tujuh cara menghasilkan uang dari blog terbaru di tahun 2021. Apa saja? Beriku ini penjelasannya:

1. Buat Blog dari Platform Terbaik

Cara pertama yang harus kalian lakukan untuk mulai menghasilkan uang dari blog adalah dengan membuat blognya terlebih dahulu. Sebelum membuat, pastikan kalian sudah memilih salah satu platform terbaik yang sedang naik daun tahun 2021 ini. Hindari menggunakan platform yang sudah tertinggal jaman sekalipun mudah digunakan karena hal tersebut akan menghambat penghasilan cuan kalian.

Sebagai bahan pertimbangan, kalian bisa menggunakan Wordpress maupun Blogger untuk membuat blog. Selama ini, kedua platform tersebut masih banyak digunakan oleh para blogger profesional karena dianggap mudah dan lebih valid dalam mengkoreksi SEO konten nantinya.

Untuk cara membuat blog, kalian bisa membaca : cara membuat blog

2. Isi Blog dengan Konten yang Menarik dan Bermanfaat

Setelah akun blog berhasil dibuat, kalian bisa mengatur lebih dahulu tampilannya. Seperti misalnya tata letak, foto profil dan berbagai privacy lainnya. Setelah semua beres, kalian bisa langsung merencanakan niche blog yang hendak digunakan untuk menghasilkan cuan. Usahakan memilih niche yang memang kalian sukai atau banyak dicari masyarakat agar memudahkan optimisasi.

Apabila niche sudah berhasil kalian pilih, selanjutnya kalian bisa mulai mengisi blog dengan konten yang menarik. Seperti misalnya artikel tentang lifestyle, foto kalian yang mengenakan OOTD dan mereviewnya atau mengulas mengenai suatu produk. Usahakan agar konten yang kalian sajikan tidak membosankan dan mampu menarik perhatian pembaca. Jangan terlalu belibet dalam menyampaikan ulasan.

Untuk mengedit layout blog dan beberapa hal lainnya, seorang Blogger juga bisa mempelajari tentang bahasa pemrograman. Teman-teman bisa membacanya di belajar  bahasa pemrograman website

3. Pahami dan Tingkatkan Kualitas SEO Blog

Cara menghasilkan uang dari blog selanjutnya adalah dengan memahami dan meningkatkan kualitas SEO blog. Sehingga, ketika kalian menuliskan atau membuat sebuah konten di dalam blog, tidak bisa begitu saja uang datang dan masuk ke rekening kalian. Melainkan, kalian harus memahami SEO lebih dahulu. Lantas, apa pentingnya SEO dalam sebuah blog?

Tentu saja sangat penting, pasalnya SEO nanti akan membantu blog kalian agar muncul di halaman pertama Google. Sehingga dengan demikian, blog kalian bisa dengan mudah dikunjungi dan diklik oleh pengguna internet. Tanpa SEO tentu saja blog kalian akan sulit muncul di halaman pertama Google dan sulit mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Lakukan Promosi di Berbagai Media Sosial

Selanjutnya, setelah kalian mengoptimalisasikan SEO blog pastikan untuk melakukan promosi blog di berbagai sosial media yang kalian miliki. Seperti misalnya Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Hal ini akan sangat berguna agar blog kalian dikenal dan dikunjungi publik. Oleh karena itu, perhatikan juga penyertaan caption dan usahakan agar pengguna sosial media tertarik untuk berkunjung ke blog kalian.

Kalian juga harus tahu bahwa sosial media saat ini sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan bisnis. Sehingga tidak hanya digunakan untuk media komunikasi alias chatting saja. Oleh karenanya, kalian harus cerman dan cerdas dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi agar mampu menghasilkan pemasukan.

5. Jaga Kepercayaan Pembaca

Bukan hanya hati kepada si dia saja yang harus dijaga. Untuk bisa menghasilkan uang dari blog, kalian juga harus senantiasa menjaga kepercayaan pembaca setia blog. Bagaimana maksudnya? Maksudnya, informasi alias konten yang kalian buat harus sesuai dengan fakta alias tidak hanya sekedar omong kosong. Seperti misalnya kalian membuat konten mengenai review suatu produk, maka usahakan menjabarkan dengan jujur.

Jangan melebih-lebihkan atau menjelek-jelekkannya. Jabarkan saja argumen dan hasil testimoni kalian dalam menggunakan produk tersebut. Selebihnya biar pembaca menangkap berdasarkan versinya masing-masing. Sehingga, dengan cara ini pembaca akan lebih netral dalam mengunjungi blog kalian dan mencari informasi yang ada di dalamnya.

Anda perlu menjaga kepercayaan pembaca di blog Anda dengan memberikan mereka informasi asli. Jika data di blog Anda sudah dibaca oleh pembaca di tempat lain melalui web, mereka akan kehilangan kepercayaan pada Anda. Semua kredibilitas Anda akan sia-sia bahkan dengan satu contoh plagiarisme. Oleh karena itu, Anda dapat mengakses https://searchenginereports.net/id/plagiarism-checker dan mendeteksi contoh duplikasi sebelum menerbitkan blog apa pun. Layanan online ini akan memberi Anda hasil dalam hitungan detik. Anda dapat cek plagiarisme sebanyak yang Anda inginkan dengan utilitas plagiarisme checker ini.

6. Beri Value Diri dengan Menjalin Komunikasi dengan Pembaca

Cara selanjutnya adalah kalian harus membeli value (nilai) diri kalian di kalangan pembaca. Caranya adalah dengan membuka kolom komentar blog. Biarkan pembaca blog berkomentar sesukanya dan tanggapi dengan tanggapan yang netral serta ramah. Apalagi jika pembaca kalian bertanya mengenai suatu hal, maka jangan segan-segan untuk menjawabnya.

Bahkan, kalian juga bisa menggunakan cara yang lebih friendly, yakni dengan saling bertukar akun sosial media. Sehingga hubungan kalian dengan pembaca tidak hanya sebatas di blog saja. Cara ini bahkan terbilang sangat efektif digunakan untuk menaikkan traffic kunjungan dan minat khalayak.

7. Pahami dan Lakukan Cara Monetisasi Blog

Setelah semua cara di atas kalian lakukan dengan benar, langkah terakhir agar blog kalian bisa menghasilkan uang adalah lakukan monetisasi. Bagaimana caranya? kalian tinggal menghubungkan blog ke Google AdSense. Daftarkan blog dan pahami cara-caranya. Apabila masih bingung, kalian nisa langsung bertanya kepada orang atau kerabat yang lebih berpengalaman.

Ada beberapa bentuk monetisasi blog. Saya sudah pernah menulisnya. Untuk selengkapnya, bisa membaca di Cara Monetisasi Blog 

Itulah tujuh cara menghasilkan uang dari blog terbaru tahun 2021. Kalian bisa segera mencobanya dan pastikan untuk memahami dahulu langkah-langkah pembuatan blog. Untuk pengguna blog pemula, baiknya fokuskan diri untuk mendapatkan pembaca agar blog kalian semakin dikenal. Sehingga, ketika nanti memutuskan untuk menentukan konten promosinya, pembaca lebih mudah mengenal blog kalian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Posts