T15.57

7 Media Promosi Online Paling Efektif untuk Bisnis UKM

Media Promosi Online - Usaha Kecil Menengah (UKM) memang masih hangat diperbincangkan. Tidak sedikit orang berduyun-duyun ingin menjalankan usaha agar nantinya mampu mendatangkan banyak profit. Apalagi UKM yang cenderung lebih menjanjikan dibanding dengan bisnis lainnya. Namun, kalian harus tahu bahwa untuk memaksimalkan bisnis ini diperlukan media promosi online paling efektif untuk bisnis UKM.

Apa Itu Media Promosi Online?

Sekian banyak artikel maupun ulasan yang membahas tentang bisnis menguraikan bahwa promosi online sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan penjualan. Tetapi, tidak sedikit pula khalayak yang tidak mengerti arti promosi online itu sendiri jika ditanya mengenai artinya. Apakah kalian juga belum tahu apa itu arti dari promosi online?

Suatu tahap mengenai cara atau strategi pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi internet, itulah yang disebut sebagai promosi online. Adanya promosi semacam ini akan sangat membantu para pelaku bisnis termasuk UKM dalam memajukan usahanya, baik dalam lingkup sekarisidenan hingga ke seluruh Indonesia.

Berbeda dengan jaman dahulu yang mengenalkan bisnis UKM hanya melalui iklan, baik di media massa atau di bazar-bazar. Kini, bisnis UKM bisa dikenal dengan mudah oleh publik hanya dalam waktu singkat. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan adanya penerapan promosi online menggunakan media promosi yang tepat serta mudah dijangkau oleh khalayak.

Inilah Beberapa Media Promosi Online yang Paling Efektif untuk Bisnis UKM

Sekalipun saat ini sudah banyak media promosi online yang digunakan oleh para pelaku usaha, namun kalian harus tahu bahwa tidak semua media tersebut efektif. Oleh karena itu, kalian harus jeli dalam melakukan riset mengenai penggunaan media promosi online agar bisnis UKM kalian berjalan dengan lancar. Apabila masih bingung, berikut ini beberapa media promosi online paling efektif.

1. Instagram

Sosial media paling terkini yang tengah ngetrend di kalangan publik adalah Instagram. Aplikasi ini bahkan selalu ada di setiap ponsel penggunanya. Apalagi lambat laun begitu banyak fitur terbaru yang disediakan oleh Instagram sehingga memanjakan penggunanya, mulai dari filter wajah, games dan lain sebagainya. Namun, tahukah kalian bahwa ternyata Instagram bisa dimanfaatkan sebagai media promosi online?

Apabila kalian jeli melihatnya, ternyata tidak sedikit user Instagram yang menjajakan dagangannya di sana. Tetapi, bagaimana cara menggunakan instagram sebagai media promosi online? Kalian bisa menggunakan Instagram hastag agar produk lebih dikenal khalayak. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mempromosikannya melalui Instagram for Bussiness atau Instagram Ads.

2. Twitter

Selain Instagram, aplikasi lain yang turut memiliki rating tertinggi dan banyak digunakan kaum milenial saat ini adalah Twitter. Sekalipun platform ini membatasi jumlah tweetnya, namun ternyata tidak sedikit user yang memanfaatkan lapak ini sebagai ajang pengenalan brand yang dijual. Caranya juga sangat simple, yakni pelaku UKM hanya tinggal membuat dan mengelola akun Twitter lalu melalukan tweet mengenai brand awareness secara rutin.

3. Facebook

Media promosi online paling efektif untuk bisnis UKM berikutnya adalah Facebook. Media sosial ini bahkan sudah booming digunakan sejak tahun 2014 silam di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, fitur di Facebook juga sangat beragam, sehingga tidak hanya digunakan sebagai ajang mencari teman, membuat status atau mengupload foto saja.

Melainkan, kalian bisa memperjual belikan produk dari bisnis UKM di fitur marketplace yang ada di Facebook. Kalian bisa langsung menjualnya dengan menuliskan nama produk, harga, deskripsi hingga lokasi kalian tinggal atau lokasi barang yang dijual. Kemudian, pengguna Facebook yang tertarik dengan produk kalian bisa bertanya melalui kolom komentar atau langsung menghubungi kalian via inbox.

4. Website Bisnis

Selain melalui media sosial, kalian juga bisa menggunakan website bisnis sebagai media promosi online paling efektif untuk bisnis UKM. Apabila kalian jeli melihat bisnis yang lumayan besar di sekitar, kebanyakan pasti sudah memiliki website sendiri. Adanya website bisnis bagi bisnis UKM nanti mampu digunakan untuk mendipslay serta memasarkan produk sebagai bentuk proses penjualan.

Namun, jika kalian hendak menggunakan media promosi online berupa website bisnis, pastikan untuk menguasi peringkat search engine terlebih dahulu. Peringkat search engine di Indonesia sendiri masih berpatok pada halaman pertama Google. Oleh karena itu, kalian harus berusaha agar website bisnis khusus UKM kalian bisa muncul di halaman pertama Google agar mudah dikenal oleh publik.

5. Marketplace

Tahukah kalian bahwa saat ini begitu banyak situs marketplace besar yang akan membantu kalian dalam mempromosikan produk UKM? Beberapa contoh media promosi online marketplace ini adalah Shopee, Tokopedia, Buka Lapak dan masih banyak lagi. Kalian bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan marketplace ini sebagai tempat berjualan.

Lagipula, marketplace tersebut lebih dipercaya masyarakat karena menyediakan kemudahan dan berbagai fitur unggulan. Beberapa diantaranya adalah fitur bayar di tempat, retur barang, diskon hingga gratis ongkir tanpa minimal pembelian. Agar produk UKM kalian bisa mendapat perhatian pengguna, baiknya pelajari dahulu kiat menaikkan marketplace agar menjadi star seller.

6. Email Marketing

Apabila kalian memiliki email, pasti sering mendapatkan email promosi dari tempat makan, hotel maupun lainnya yang menawarkan berbagai promosi, bukan? Asal kalian tahu, hal semacam itu biasa disebut dengan email marketing atau pemasaran. Sekalipun menurut kalian cara ini terlihat kuno, namun ternyata sangat efektif untuk menarik pelanggan.

Bagaimana cara agar bisa menggunakan email marketing sebagai media promosi online untuk bisnis UKM? Kalian hanya harus berlangganan email marketing, membuat database, lalu mengirimkan email secara massal. Menggunakan media promosi online ini, kalian bisa secara langsung menawarkan produk terbaru dari bisnis UKM kalian kepada pelanggan.

7. Youtube

Media promosi onelien paling efektif untuk bisnis UKM yang terakhir adalah Youtube. Mengapa demikian? Pasalnya, saat ini orang lebih cenderung menyukai menonton Youtube dibandingkan televisi. Bahkan, saat ini banyak influencer maupun pebisnis pemula yang cepat naik daun hanya dengan bermodalkan membuat konten promosi di Youtube.

Sebenarnya, media promosi online yang bisa digunakan untuk memaksimalkan bisnis UKM tidak hanya ketujuh yang ada di atas. Melainkan, ketujuh tersebut adalah beberapa media promosi online paling efektif untuk bisnis UKM. Apalagi semua media promosi secara online tersebut tidak sulit untuk kalian operasikan, bukan? Jangan lupa untuk mempelajari lebih dahulu media yang akan kalian gunakan untuk mempromosikan secara online agar bisnis UKM semakin maksimal.

Related Posts