Selasa

SelasaT18.34

Cara Memulai Bisnis Kos-Kosan Modal Kecil Menguntungkan

Bisnis sewa kos menguntungkan 2021

Rumah hunian memang selalu dibutuhkan oleh setiap orang, baik untuk diri sendiri maupun bersama keluarga. Belum lagi yang sedang berada di wilayah baru dan tidak memiliki kerabat sama sekali, pasti membutuhkan kos-kosan untuk tempat tinggal sementara. Oleh karena itu, kalian bisa memanfaatkan keadaan dengan memulai bisnis sewa kos menguntungkan. 

Tips Memulai Menjalankan Bisnis Sewa Kos-Kosan yang Menguntungkan 

Apabila kalian memiliki modal lebih banyak, maka ada baiknya untuk memulai bisnis sewa kos. Pasalnya, bisnis ini tidak akan mudah mati ditelan jaman, mengapa? Sebab semua orang pasti membutuhkan tempat tinggal, baik dalam hitungan bulanan atau untuk beberapa tahun ke depan sementara. Lantas, bagaimana tips untuk mulai menjalankan bisnisnya? Ini dia cara yang harus kalian lakukan: 

1. Pilih Lokasi yang Strategis 

Tips pertama yang bisa membantu kalian untuk mendapatkan keuntungan dari menjalankan bisnis sewa kos adalah memilih lokasi yang strategis. Tahukah kalian bahwa lokasi menentukan kesuksesan seorang pebisnis dibidang properti? Apalagi kos-kosan yang cenderung dihuni oleh mahasiswa, anak sekolah dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, kalian harus bisa menentukan untuk siapakah kos-kosan ini nantinya ditujukan. Semisal hanya untuk mahasiswa khusus putri, maka carilah lokasi yang ramai khalayak dan mudah dijangkau. Hindari lokasi kos-kosan yang sepi karena dikhawatirkan terjadi tindak asusila. 

2. Desain Kos-Kosan Sesimple dan Serapi 

Mungkin Saat ini kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan harga saat memilih kos-kosan untuk hunian sementara. Melainkan, lebih cenderung melakukan survey perihal desain ruangan dan tata letak kamar kosan. Oleh karena itu, ketika memulai menjalankan bisnis ini sebaiknya kalian mendesain kos-kosan dengan rapi dan sesimpel mungkin. Perhatikan setiap sudut privacy di beberapa tempat. 

3. Sesuaikan Fasilitas dengan Harga yang Ditentukan 

Ketika menjalankan tips poin dua, bukan berarti kalian bisa sembarangan menentukan harga untuk biaya sewa kosnya. Agar kos yang kalian bangun semakin diminati, baiknya sesuaikan harga dengan fasilitas yang kalian sediakan. Misalnya, ada kamar khusus VIP yang isinya televisi, AC, kamar mandi dalam jelas harganya berbeda dengan kamar yang tanpa fasilitas khusus. 

4. Promosikan Kepada Khalayak 

Keuntungan maksimal dari menjalankan bisnis sewa kos juga bisa kalian dapatkan dengan cara sesering mungkin mempromosikannya kepada khalayak. Misalnya dengan menggunakan jasa paid promot di sosial media, menggunakan brosur atau dengan testimoni dari penghuni kos sebelumnya. 

Nah kalian harus tau 7 Media Promosi Online Paling Efektif untuk Bisnis UKM

5. Maksimalkan Pelayanan dan Kebersihan

 Tips terakhir agar kalian bisa mendapatkan keuntungan dari menjalankan bisnis kos ini adalah dengan cara memaksimalkan pelayanan dan kebersihan. Usahakan kalian memiliki tukang bersih-bersih sendiri setiap bulannya untuk membersihkan area kos tertentu, misalnya halaman, kamar mandi dan lain-lain. 

Baca selanjutnya : Peluang Bisnis Terbaik 2021 

Hal-Hal yang Harus Dihindari Oleh Pebisnis Kos-Kosan 

Kebanyakan orang yang menjalankan kos-kosan lebih cepat gulung tikar tanpa disadari. Kejadian tersebut biasa terjadi apabila pelaku bisnis sewa kos mengabaikan beberapa hal penting yang seringkali dianggap remeh. Bagi yang hendak memulai bisnis sewa kos, baiknya ketahui hal-hal yang harus dihindari saat memulainya agar bisnis kos-kosan yang kalian jalankan menguntungkan. 

1. Meremehkan Rencana Bisnis 

Ketika memulai bisnis apapun jangan sampai meremehkan rencana bisnis, apalagi bisnis sewa kos. Usahakan merancenakan bisnis sewa kos dengan matang, mulai dari biaya yang dibutuhkan untuk membangun kos-kosan, fasilitas yang disediakan dan lain sebagainya. 

2. Merasa Sanggup Menghendel Semua Sendiri 

Hal paling salah kaprah yang terlihat remeh namun ternyata berdampak buruk pada saat diabaikan adalah merasa sanggup menghendel semua sendiri. Biasanya, pebisnis kos-kosan yang begini adalah yang tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk mengurus kos-kosannya. Padahal, tentu saja kalian membutuhkan pekerja khusus yang suatu saat pasti dibutuhkan. 

3. Tidak Melakukan Promosi 

Siapa bilang bisnis tanpa promosi akan baik-baik saja asalkan menerapkan harga murah? Pernyataan tersebut jelas salah besar, apalagi sekarang ini persaingan bisnis semakin ketat. Oleh karena itu, kalian harus tetap melakukan promosi apalagi saat mengetahui ada beberapa kamar kos yang kosong. 

4. Mengabaikan Harga Pasaran 

Mematok harga kos yang terlalu mahal sudah pasti akan membuat orang yang hendak menempati kos kalian merasa enggan. Pun demikian mematok harga kos terlalu murah akan menjatuhkan pasaran kos-kosan yang ada disekitar. Oleh sebab itu, jangan sampai mengabaikan harga kos sesuai dengan pasarannya dan tetap perhatikan fasilitas yang disediakan. 

5. Mengandalkan Perjanjian Lisan 

Sekecil apapun kos-kosan yang kalian sewakan jangan sampai hanya menggunakan perjanjian secara lisan. Pasalnya, hal ini jelas akan merugikan salah satu pihak karena tidak ada bukti terlampir. Apalagi perihal pembayaran bulanan, baiknya kalian memiliki rekapan sendiri agar bisa meluruskan apabila ada penghuni kos yang berkilah. 

6. Mengabaikan Keuntungan 

Hal yang harus dihindari selanjutnya agar bisnis sewa kos berjalan lancer adalah jangan mengabaikan keuntungan. Biasanya hal ini banyak dilakukan oleh pebisnis sewa kos yang hanya sekedar iseng, padahal ketika menjalankan bisnis harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. 

7. Tidak Dikelola dengan Baik 

Selalu ingat, apapun bisnisnya usahakan untuk mengelolanya dengan baik. Mulai dari pemasukan hingga pengeluaran yang dibutuhkan. Sebagai pebisnis jangan terlalu sering mengeluarkan biaya pribadi untuk menambal kerugian. Mengapa? karena hal tersebut tidak akan membuat usaha yang kalian jalankan maju dan berkembang. Memulai bisnis sewa kos akan menguntungkan apabila kalian benar-benar serius menjalankannya. Apalagi jika memperhatikan sekian tips dan hal-hal yang harus dihindari sebagaimana disebutkan di atas. Untuk memperluaskan mangsa pasar, kalian bisa menjalin kerjasama dengan beberapa pihak. Seperti misalnya pemilik tanah, percetakan brosur dan lain sebagainya.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi