Selasa

SelasaT23.12

Membuka Bisnis Percetakan yang Menjanjikan

Bisnis Percetakan yang Menguntungkan
 Saat ini bukan suatu hal sulit untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Apapun yang ada disekitar kalian pada dasarnya bisa disulap menjadi penghasil cuan. Serta, kalian juga harus cermat dalam membaca situasi dan kondisi demi memanfaatkan keadaan sebelum menjalankan bisnis. Salah satu usaha yang bisa kalian jalankan saat ini adalah bisnis percetakan yang menjanjikan. 

Mengapa harus percetakan? Sejak jaman dahulu percetakan masih tetap menjadi bagian penting dalam kehidupan. Baik percetakan buku, undangan dan lain sebagainya sebab tidak semua rumah memiliki mesin cetak atau memiliki kemampuan khusus percetakan. Oleh karena itu, sangat cocok sekali jika saat ini kalian membuka bisnis percetakan sebab keuntungannya sangat menjanjikan. 


Macam-Macam Bisnis Percetakan yang Menjanjikan untuk Dijalankan 


Kendati demikian, bukan berarti semua percetakan bisa diklaim sebagai bisnis yang menjanjikan. Ada banyak jenis percetakan besar seperti misalnya offset, home printing, sablon hingga digital printing. Media yang digunakan juga sangat beragam alias bukan hanya kertas. Lantas, bisnis percetakan apa yang keuntungannya menjanjikan namun tidak membutuhkan modal besar? Penasaran? Simak ulasan di bawah ini:

1. Percetakan Undangan 

Khusus kalian yang memiliki modal terbatas maka sangat disarankan untuk mengawali karir dengan membuka percetakan undangan lebih dahulu. Saat menjalankan usaha ini, kalian hanya membutuhkan skill desain grafis, kertas dan printer. Keuntunggan yang bisa kalian dapatkan dengan menjalankan bisnis ini juga menjanjikan apabila benar-benar dikelola dengan baik. 

2. Cetak Formulir Kantor 

Selain cetak undangan di atas, ternyata bisnis percetakan yang menjanjikan berikutnya adalah cetak formulir kantor menggunakan percetakan digital. Sebagai contoh adalah kantor pajak yang selalu membutuhkan formulir. Untuk menjalankan bisnis ini, tentu saja kalian harus memiliki kertas formulir khusus sesuai dengan permintaan client. 

3. Percetakan Buku Ujian Perguruan Tinggi

 Memiliki modal cukup untuk membeli alat percetakan yang lebih bekualitas dan mampu mempekerjakan karyawan? Maka percetakan buku ujian perguraan tinggi adalah bisnis yang menjanjikan. Keuntungan yang dapatkan juga terbilang banyak. Bahkan per satu kloter percetakan, kalian bisa mendapatkan kurang lebih Rp. 1.000.000,00.- sampai dengan Rp. 2.500.000,00.- tentu semua itu tergantung ramai tidaknya pesanan. Cetak Sablon Akhir-akhir ini kebanyakan orang lebih memilih cetak sablon baik di kaos maupun pakaian dari pada harus membeli baju dalam jumlah banyak. Apalagi bagi para pegiat suatu komunitas yang mengharuskan anggotanya mengenakan pakaian seragam. Untuk bisa menjalankan bisnis percetakan sablon ini, tentu saja kalian harus memiliki skill khusus agar hasilnya bisa memuaskan pelanggan. 

4. Percetakan Mug untuk Souvenir

 Sekarang souviner yang diberikan dalam suatu acara baik pernikahan maupun khitanan, tidak hanya jajanan. Melainkan, sudah beranjak ke suatu benda simple, berkesan namun tetap ekonomis, salah satunya mug. Menanggapi hal ini, tentunya kalian bisa membuka bisnis percetakan mug untuk souvenir. Keuntungannya? Jangan ditanyakan lagi, asalkan kualitas cetak yang kalian berikan bagus dan tidak mudah luntur. 

Inilah Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Bisni Percetakan 

Selain mengetahui jenisnya, kalian juga harus tahu tentang hal-hal yang harus dilakukan agar bisnis percetakan semakin berkembang. Mengingat saat ini hampir semua bisnis sudah dibanjiri dengan para pesaing yang ingin mendapatkan pelanggan lebih banyak, tidak terkecuali bisnis percetakan. Berikut ini hal-hal yang harus kalian lakukan agar bisnis percetakan mendatangkan keuntungan yang menjanjikan: 

1. Terapkan Strategi Pelayanan 

Hal pertama yang menjadi poin penting saat membuka bisnis percetakan adalah perihal strategi pelayanan. Mengingat sebagai pemiliki jasa cetak, Anda harus siap sedia menerima berbagai pertanyaan, request, revisi dan kritik lainnya. Oleh karena itu, pastikan kalian sudah menyediakan strategi pelayanan terbaik. Seperti misalnya open request khusus pada jam kerja atau lain sebagainya. 

2. Tentukan Harga Cetak 

Selain strategi pelayanan, kalian juga harus menentukan harga cetak. Untuk menentukannya, kalian bisa menyesuaikan dengan harga tinta, listrik dan bahan-bahan lainnya. Jangan terlalu tinggi atau terlalu murah dalam memberikan harga, serta seimbangkan dengan kualitas cetak yang kalian hasilkan agar pelanggan tidak kecewa. 

3. Promosikan Jasa Percetakan 

Sebuah usaha percetakan yang menjanjikan pasti diiringi dengan usaha pemasaran. Untuk itu, kalian harus pintar dalam mempromosikan jasa percetakan yang kalian miliki. Gunakan berbagai media sosial yang kalian punya, seperti Instagram, WhatsApp, Facebook dan lain sebagainya. Jika perlu, kalian bisa memaksimalkan promosi melalui website khusus agar mudah dijangkau konsumen. 

4. Pastikan Layanan Tepat Waktu 

Setiap pelaku bisnis sudah pasti jangan sampai mengabaikan ketetapan layanan dalam segi waktu. Apalagi bisnis percetakan yang mengedepankan ketepatan deadline. Usahakan jangan pernah mengulur waktu yang sudah dijanjikan antara kalian dengan pelanggan. Sebisa mungkin selesaikan sebelum jangka waktu yang ditentukan agar pelanggan masih memiliki waktu untuk mengecek barang pesanannya. 

5. Jaga Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen

 Hal terakhir yang tidak kalah penting harus kalian lakukan dalam menjalankan sebuah bisnis adalah menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen. Hal ini bisa kalian wujudkan dengan adanya pemberian kualitas yang mumpuni, hasil cetak sesuai dengan request serta tidak mengurangu kualitas. Sehingga dengan demikian, pelanggan pasti akan senang menggunakan jasa kalian di kesempatan berikutnya. 

Setelah membaca ulasan di atas, kalian pasti paham bahwa sebenarnya membuka bisnis percetakan yang menjanjikan tidak sulit. Asalkan, dilakukan dengan sungguh-sungguh dan pandai dalam membaca peluang pasar. Bahkan, jika kalian tidak memiliki cukup dana bisa menjalin kerjasama dengan pihak lainnya agar mudah saat hendak membuka bisnis percetakan tersebut. 

Kalian juga harus tau nih. Apa saja peluang bisnis pada 2021

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi