T13.26

Manfaat Software Inventory bagi Bisnis yang Wajib Diketahui

Software Inventory Indonesia Terbaik

Pengelolaan barang menjadi sesuatu yang sangat penting bagi bisnis. Pengelolaan barang mencangkup berapa banyak barang yang masuk dan keluar. Meski terlihat sepele, namun pengelolaan barang ini dapat mengakibatkan masalah dalam bisnis, seperti ketika ada pesanan barang padahal stok barang tersebut sedang kosong. Untuk mencegah terjadinya permasalahan-permasalahan tersebut, ada cara yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan melakukan pemantauan stok barang yang ada di gudang. Memantau stok barang tidak mudah mudah, terlebih jika Anda memiliki banyak gudang di tempat yang berbeda. Tentu akan sangat ribet jika Anda harus mengecek satu per satu. Tapi jangan khawatir! Saat ini ada banyak cara untuk mempermudah pengelolaan stok yaitu dengan software inventory. Buat Anda yang penasaran dengan software inventory, yuk simak penjelasan di bawah ini:

Pengertian dari Software Inventory

Software inventory adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk melacak tingkat inventaris, pesanan, penjualan, dan pengiriman. Software inventory digunakan agar pemilik bisnis dapat menghindari terjadinya kelebihan atau kekurangan stok barang. Sehingga, dengan adanya software inventory ini, pemilik bisnis tidak perlu khawatir terjadi kekosangan stok atau kelebihan barang.

Manfaat Software Inventory

Untuk membantu pengelolaan bisnis, software inventory memiliki beberapa manfaat yang sangat penting, apa saja?

1. Untuk Menghindari Terjadinya Kekurangan Stok Barang

Manfaat software inventory yang pertama adalah dengan software inventory Anda dapat menghindari terjadinya kekurangan stok barang di gudang. Kekurangan stok ini sering terjadi saat pelanggan atau konsumen ingin membeli barang namun karena stok barang tidak ada. Kekosongan stok ini tidak hanya membuat kesempatan mendapatkan keuntungan jadi hilang. Tapi pelanggan juga dapat kecewa dan berpikir ulang ketika ingin membeli lagi karena takut stok tidak ada lagi.

2. Dapat Meningkatkan Penjualan

Dengan penggunaan software inventory, Anda dapat mengelola stok barang dengan baik, sehingga perusahaan dapat memenuhi semua pesanan dari pelanggan secara cepat dan tepat. Ini akan memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan yang semakin meningkat dan perusahaan dapat meningkatkan penjualan.

3. Meningkatkan Pelayanan

Software inventory akan membantu pemilik bisnis dalam meningkatkan pelayanan. Penggunaan software inventory tentunya berbeda dengan penggunaan pencatatan manual yang membutuhkan waktu lebih lama. Software inventory akan membantu Anda dalam melakukan pengecekan stok secara otomatis yang tentunya akan mempercepat proses pelayanan kepada pelanggan.

4. Mengontrol Persediaan dan Pengambilan Keputusan

Software inventory juga dilengkapi fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengontrol ketersediaan barang, sehingga dapat memudahkan perusahaan dalam mengambil keputusan.

Kelebihan Menggunakan Software Inventory

Dalam memudahkan pengelolaan stok barang, berikut kelebihan yang dimiliki oleh software inventory:

1. Membantu Memantau Produk Terlaris

Dengan software inventory, Anda akan mendapatkan update produk terlaris, profit yang dihasilkan, dan laporan stok barang secara realtime. Informasi ini sangat berguna saat Anda ingin membuat keputusan yang tepat saat reorder dan juga dalam menentukan pricing produk.

2. Import Excel Lebih Mudah

Software inventory membuat Anda tidak perlu repot memasukan data produk dan stok opname satu per satu. Anda dapat membuatnya di excel, kemudian menguploadnya dan semua data tersebut akan masuk ke bagian inventory.

3. Dapat Penyimpanan Multi Gudang

Punya gudang lebih dari satu tapi bingung cara mudah mengontrolnya? Tidak perlu bingung, karena dengan software inventory, Anda dapat mengontrol multi gudang dengan mudah karena adanya penyimpanan multi gudang di inventory.

4. Membantu Membuat Produk Paket

Anda juga dapat menggabungkan beberapa produk menjadi satu paket untuk menaikan penjualan kekola produk paket ini dengan mudah di software inventory.

5. Menyesuaikan Stok

Dengan software inventory, Anda juga dapat menyesuaikan stok barang yang berasal dari bukan penjualan dan pembelian. Contohnya adalah penyesuaian karena promosi, barang hilang dan barang rusak.

6. Stok Opname

Anda dapat membuat stok opname dengan sangat mudah. Caranya adalah dengan unduh laporan stok terkini dalam format Microsoft excel, masukkan perhitungan stok terbaru di Microsoft excel, dan upload ke inventory.

7. Laporan Gudang secara Realtime

Dengan software inventory, Anda dapat melihat laporan stok secara detail dan realtime di setiap gudang, tanpa perlu menunggu akhir bulan. Anda juga dapat memantau pergerakan stok dan tidak perlu khawatir barang hilang tidak terlacak.

8. Memantau dari Mana Saja

Software inventory memungkinkan Anda untuk memantau stok barang dari mana saja, tanpa harus datang ke kantor atau gudang. Anda hanya perlu membuka laporan dari laptop dan handphone dimana pun Anda berada.

9. Gunakan Software Inventory Terbaik di Kledo

Software inventory memiliki manfaat yang sangat penting bagi pengelolaan keuangan bisnis Anda.  Ada berbagai pilihan software inventory yang dapat Anda gunakan, salah satu yang wajib kamu gunakan adalah software inventory dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang tidak hanya akan membantu Anda mengelola keuangan bisnis, tapi juga akan membantu Anda dalam mengelola stok barang dari fitur inventory yang dimiliki oleh Kledo. Jadi, bye-bye ribet kelola stok barang bersama kledo.com.

Kesimpulan

Mengelola stok barang menjadi hal yang sangat penting bagi bisnis. Jadi, pastikan Anda melakukan yang terbaik dan pilihlah software inventory terbaik yang dapat membuat sesuatu yang ribet menjadi lebih mudah.

Related Posts