T20.26

7 Cara Tetap Sibuk dan Produktif Selama Pandemi

Pandemi sudah berlangsung selama beberapa bulan. Tidak mengherankan jika kamu mulai bosan hingga burnout dan tidak lagi produktif. Kamu mungkin sudah bosan juga mendengar banyak tips tetap produktif misalnya dengan olahraga indoor, memulai bisnis online, mulai memelihara tanaman, sampai mendekor ulang meja kerja. Nah, cara tetap sibuk dan produktif selama pandemi bukan cuma itu-itu saja, kok. Sebaiknya kamu coba 7 aktivitas di bawah ini supaya kesibukan lebih beragam. 


Aktivitas Agar Tetap Produktif Selama Pandemi 

1. Ikut Kelas Online atau Webinar Di Luar Pekerjaanmu

Sejak kerja dari rumah, batasan antara jam kerja dan istirahat di rumah sendiri makin menipis. Alhasil kamu jadi burnout dan tidak produktif selama bekerja. Di rumah pun rasanya tetap lelah. Supaya di rumah nggak melulu tentang kerjaan atau rebahan, kamu bisa coba ikut kelas online atau webinar di luar bidang pekerjaanmu.

Kamu bisa mengasah hobi atau aktivitas yang selama ini bikin kamu penasaran melalui kelas online. Misalnya selama ini kamu penasaran tentang cara mengatur keuangan di usia muda, kamu bisa ikut kelas finansial. Atau misalnya kamu punya hobi fotografi, ada banyak kelas fotografi online yang tersedia dari komunitas maupun profesional. 

Aktivitas ini selain dapat menghilangkan rasa bosan kamu di rumah, tetapi juga memicu motivasi untuk berkembang. Siapa tahu setelah mengikuti kelas kamu punya keahlian dan goals baru. 

Artikel menarik untuk dibaca : Kirim Artikel Online Dibayar Hingga Jutaan Rupiah di 15 Situs Ini

2. Decluttering Isi kamar

Merombak kamar supaya lebih nyaman jadi tempat kerja pasti sudah kamu lakukan dari bulan pertama Work From Home. Jadi tip tersebut tentu sudah basi untuk kamu. Kali ini coba kegiatan lain yaitu decluttering alias mengurangi barang yang tidak diperlukan di kamar. Kamu bisa memulainya dengan mengurangi pakaian yang sudah tidak terpakai. Kemudian dilanjutkan dengan bagian rumah lainnya. Biasanya tanpa kamu sadari, ada satu bagian laci yang jadi tempat menyimpan berbagai barang. Padahal barang tersebut sebenarnya tidak begitu penting untuk disimpan. 

Dengan melakukan decluttering kamu mengurangi tingkat stress karena penumpukan barang. Ruangan pun jadi lebih lega sehingga kamu pun turut merasa bahagia. Yang lebih menguntungkan lagi, kini kamu punya ruang lebih untuk memasukkan barang-barang baru yang mungkin akan kamu beli nanti. Lalu bagaimana dengan barang-barang yang sudah tidak terpakai? Kamu bisa menyumbangkannya atau menjualnya. Banyak sekali kan manfaat decluttering. 

Baca selanjutnya : 7 Hobi Ini Bisa Dilakukan di Rumah, Bisa Dapat Uang?

3. Bikin Podcast

Tidak semua orang cukup percaya diri untuk membuat video blog atau blog. Namun, ada hal lain yang bisa kamu buat hanya dengan menggunakan gadget sederhana seperti  Smartphone dan mikrofon yaitu podcast. Podcast adalah siaran berupa berita, musik, bincang-bincang, dan lainnya yang dibuat dalam format audio digital kemudian diunggah di internet. 

Saat pandemi ini banyak orang yang mulai aktif membuat podcast dengan topik yang sangat beragam dan simple. Misalnya cerita horor, nostalgia masa muda, motivasi, dan lainnya. Kamu cukup bincang-bincang santai sendiri atau ajak sahabatmu untuk merekam perbincangan kalian secara online. Menarik, kan? Bikin podcast selain menambah daftar kegiatan selama pandemi supaya tidak bosan, tapi juga bisa membantu kamu mengasah kemampuan berbicara. Tak hanya itu podcast dengan gadget sederhanamu ini mungkin bisa menghibur banyak orang. 

4. Ikut Tur Virtual Museum

Tidak bisa jalan-jalan selama pandemi lama-lama memang bikin frustasi. Tapi sebenarnya ada berbagai cara kamu bisa jalan-jalan online yang nggak cuma sekadar lihat foto saja, salah satunya dengan ikut tur virtual museum. Tahu nggak sih kalau ternyata banyak museum ternama di berbagai negara membuat tur virtual ini. Bayangin saja, jika sebelumnya kamu cuma bisa berangan-angan kesana karena kepentok biaya yang mahal, sekarang semuanya bisa kamu lakukan secara online. 

Nah, beberapa museum yang memiliki virtual museum adalah British Museum London, National Gallery of Art New York, National Museum of Modern and Contemporary Art Seoul, Van Gogh Museum Amsterdam, National Gallery of Victoria Melbourne, dan Museum of Modern Art New York.Tidak ketinggalan Museum Nasional Indonesia juga turut mengadakan tur virtual. Kamu bisa melihat karya-karya dari seniman ternama di seluruh dunia dengan mengikuti tur ini. Nggak kalah seru dengan kegiatan lainnya! 

5. Nonton Konser Virtual

Kangen nonton konser musik secara langsung? Tenang, sekarang sudah mulai banyak konser yang dilakukan secara virtual. Beberapa band besar seperti BTS atau solois Dua Lipa sudah menggelar konser online yang bisa ditonton di rumah aja. Selain itu beberapa penyanyi Indonesia juga sudah mulai membuat konser virtual juga, lho. Konser ini memang tidak semuanya gratis, tapi musisi-musisi ini sudah merancang pertunjukan yang mampu membuat kamu terhibur selama satu hingga dua jam. 

Apalagi yang kamu butuhkan cuma alat untuk nonton seperti laptop, HP, televisi, atau proyektor, dan tidak lupa koneksi internet. Selebihnya kamu cukup gunakan pakaian yang nyaman dan siapkan makanan favoritmu. Iya, kamu boleh makan selama nonton konser virtual. Soalnya kamu nontonnya kan dari rumah sendiri. 

6. Menyusun Jigsaw Puzzle atau Lego

Ada satu lagi nih kegiatan yang bikin kamu tetap sibuk selama pandemi yaitu menyusun jigsaw puzzle atau lego ukuran besar. Puzzle jigsaw rata-rata punya 1000 keping puzzle yang harus kamu susun hingga menghasilkan sebuah gambar. Sementara lego ukuran besar punya banyak bagian yang harus kamu susun supaya menjadi miniatur yang berbentuk. Apalagi Lego punya banyak pilihan dari Lego Harry Potter, Lego City, Lego Stranger Things, atau kalau mau lebih sulit lagi kamu bisa pilih Lego Creator. 

Kegiatan ini cukup memakan waktu karena tidak mungkin satu puzzle atau Lego ukuran besar bisa selesai hanya dalam waktu satu hari saja. Merasa tertantang untuk melakukan aktivitas satu ini? Kalau masih ingin tantangan lainnya, kamu juga bisa coba Paint by Numbers yaitu melukis sesuai dengan angka. Layaknya puzzle, supaya lukisan selesai kamu harus mewarnai semua bagian kanvas. 

7. Eksplorasi Aplikasi Digital yang Membantu Produktivitas 

Aplikasi digital yang bisa membantu produktivitas bukan melulu soal pekerjaan. Kamu juga bisa mencari aplikasi yang dapat membantu kegiatanmu sehari-hari. Misalnya kamu sedang rutin menjalani hidup sehat, kamu bisa mencari aplikasi yang bisa membantu menghitung kalori makanan seperti Fat Secret. 

Atau jika kamu sedang mencoba meningkatkan kemampuan berbahasa asing, kamu bisa mencari aplikasi untuk membantu kamu berbicara bahasa asing. Contohnya Hiragana Quest untuk bahasa Jepang atau Quiz Your English untuk Bahasa Inggris. Untuk kamu yang mau coba baca buku tapi mau lebih hemat, bisa unduh Kindle for App yang bisa digunakan di HP apapun berbasis iOS dan Android. Beli buku jadi lebih murah karena hanya berbentuk digital saja. Buku-buku digital ini bisa kamu beli di berbagai e-commerce, kok. 

Nah, tenang saja. Kebanyakan aplikasi ini gratis jadi kamu tidak perlu ragu untuk eksplorasi. Jadi buka HP nggak cuma untuk cek sosial media saja, tetapi kamu juga bisa lebih sibuk dengan aktivitas lainnya.

Selain itu, untuk urusan kesehatan, di masa pandemi ini harus tetap dijaga ya, oleh karena itu, harus rajin berolahraga dengan teratur menggunakan air mat tumble track, salah satu produk terbaik dari tumble mat, yang merupakan supplier dan the best tumbling mat for home

Related Posts