T10.15

Tips Memperbaiki iPhone Dari Rumah

Seperti perangkat lainnya, ponsel secanggih iPhone pun bisa mengalami masalah. Dari mulai yang paling sederhana, seperti baterai cepat panas, hingga kerusakan yang lebih kompleks seperti layar pecah. Kabar baiknya, tidak semua masalah tersebut harus di bawa ke tempat service iPhone. Info lanjut tentang memperbaiki iphone secara aman, anda bisa cek  Repair iphone Top rated di bandung.

Kamu bisa memperbaiki iPhone di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya. Namun, ada beberapa hal yang tentu harus diperhatikan. Ikuti tips berikut.

Tips Memperbaiki iPhone Dari Rumah

1. Cek Garansi

Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum memperbaiki sendiri atau membawa ke tempat service iPhone adalah mengecek garansi. Apabila masa berlaku garansi masih ada, manfaatkanlah kesempatan tersebut. Apple tidak akan menerima garansi jika iPhone pernah dibongkar oleh pihak lain, meskipun masa berlaku masih ada. Klaim garansi yang kamu ajukan kemungkinan besar akan ditolak pihak Apple. 

Hal yang sama jika kamu memiliki garansi dari toko tempat kamu membeli iPhone. Mereka biasanya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Ketika mereka menemukan bahwa iPhone tersebut pernah dibongkar pihak lain, maka dipastikan garansi tersebut hangus alias tidak bisa digunakan.

2. Mulai Dari Troubleshot Yang Paling Sederhana

Jangan terburu-buru beranggapan harus mengganti part baru dan membongkarnya ketika iPhone bermasalah. Secara umum, setiap ponsel memiliki dua bagian penting, yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Sebelum memutuskan untuk membongkar atau membawanya ke tempat service iPhone, lakukan troubleshot di ranah software terlebih dulu. 

Troubleshot bisa berbeda-beda, tergantung jenis masalah yang dihadapi. Biasanya dimulai dari yang paling sederhana, seperti me-restart iPhone, mengisi daya (untuk iPhone yang tidak bisa menyala), hingga me-reset ulang iPhone. Umumnya, tindakan ini tidak terlalu beresiko tinggi. Hal paling buruk adalah kehilangan data. Oleh karenanya, selalu disarankan untuk melakukan cadangan data sebelum melakukan troubleshot. 

3. Cari Referensi Yang Valid

Baik melakukan troubleshot maupun mengganti part yang mengharuskan membongkar iPhone, pastikan kamu mencari referensi yang valid dan detil. Bukan hanya mencari, tetapi juga mempelajarinya hingga kamu benar-benar paham dan yakin. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir resiko yang mungkin terjadi. 

Alangkah lebih baik jika kamu mengambil lebih dari satu sumber sebagai acuan sebagai perbandingan. Selain sumber acuan dalam bentuk artikel, disarankan juga untuk mencari sumber dalam bentuk video tutorial, terutama untuk memperbaiki iPhone pada ranah hardware. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di YouTube. 

Untuk troubleshot software, pastikan referensi yang kamu dapat sesuai dengan versi iOS pada iPhone kamu. Jika menemukan sumber acuan yang sesuai dengan model iPhone yang dimiliki akan lebih baik.

4. Siapkan Peralatan Yang Sesuai

Sumber gambar. Pinterest

Kamu tidak bisa memperbaiki iPhone sendiri di rumah dengan menggunakan peralatan elektronik biasa. Diperlukan obeng dan peralatan khusus iPhone untuk membongkarnya karena iPhone menggunakan sekrup yang tidak umum. Kamu bisa mendapatkan satu set peralatan tersebut di berbagai online shop dengan mudah dan harga terjangkau. Bahkan, ada pula yang menjual satu paket sekaligus dengan part yang diinginkan, seperti baterai atau layar sentuh.

Sebelum membelinya, pastikan kamu sudah mempelajari cara membongkar iPhone dengan baik dan benar. Dengan begitu, kamu tidak akan keliru membeli alat. 

5.Matikan iPhone

Sebelum memulai membongkar, matikan iPhone terlebih dahulu dan keluarkan SIM card. Jangan lupa untuk mencadangkan data. Siapkan tempat yang cukup untuk membongkar dan menyimpan peralatan. Pastikan permukaan tempat tersebut bersih dan bebas dari minyak, air, debu, dan barang-barang lain untuk mempermudah pengerjaan. 

Pencahayaan merupakan bagian yang sangat penting juga. Hindari memperbaiki iPhone di ruangan yang temaram. Usahakan untuk menyimpan sekrup dan bagian-bagian iPhone lainnya dengan rapi dan tempat yang mudah di lihat. 

6. Siapkan Dana Lebih

Dengan memperbaiki iPhone sendiri di rumah, biaya yang kamu keluarkan bisa jauh lebih kecil. Kamu bisa menghemat hingga 3 kali lipat dari tempat service iPhone baik yang resmi maupun bukan. Tetapi, kamu tidak akan mendapatkan garansi seandainya terjadi apa-apa pada iPhone kamu selama perbaikan atau setelahnya. Resiko tersebut harus kamu tanggung sendiri.

Alih-alih memperbaiki, mungkin iPhone kamu malah tambah hancur. Itu resiko yang mungkin terjadi terutama jika kamu belum pernah membongkar iPhone dengan baik sebelumnya. Oleh sebab itu, sebaiknya siapkan mental dan dana lebih apabila hal terburuk terjadi dan akhirnya harus membawa iPhone ke tempat service.

Related Posts