T13.15

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Baterai hp cepat habis

Baterai hp cepat habis - Setiap manusia saat ini pasti tidak bisa terlepas dari ponsel, pasalnya kehadiran benda elektronik tersebut sangat dibutuhkan. Baik untuk urusan pekerjaan, pendidikan hingga sekedar hiburan. Apalagi sejak pandemi, kebutuhan manusia terhadap ponsel terus meningkat. Semua pekerjaan dan sistem pendidikan sementara waktu diubah menjadi sistem daring.

Hal tersebut bahkan turut menjadi peluang sendiri bagi para pebisnis ponsel. Penggunaan ponsel dalam waktu lama kini juga semakin merebah. Namun sayangnya, penggunaan ponsel dalam jangka panjang ini kerap menjadi masalah tersendiri. Berbagai kerusakan ponsel pun sering kali dialami oleh penggunanya, salah satunya seperti baterai yang cepat habis.

Permasalahan berupa cepat habisnya baterai hp ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Bahkan, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kebiasaan yang dilakukan bisa menyebabkan baterai hp cepat habis. Sehingga, sebagian besar orang mengabaikan masalah tersebut dan beranggapan bisa diatasi seiring berjalannya waktu. Padahal, jika diabaikan masalah berupa cepat habisnya baterai bisa menjadi serius.

Apa Saja Penyebab Baterai HP Cepat Habis?

Bagi yang masih belum mengetahui penyebab pasti perihal baterai hp yang cepat habis, baiknya jangan diam saja. Segera cari tahu penyebabnya agar permasalahan tersebut bisa segera ditangani. Lantas, apa saja yang menjadi penyebabnya? Penasaran? Simak ulasan singkat berikut ini:

Tidak Mencharger Sesuai Petunjuk Saat Pertama Kali Membeli HP

Penyebab baterai hp cepat habis yang pertama adalah karena saat membeli tidak memperhatikan petunjuk. Pada umumnya, saat hp baru saja dibeli dari konter, penjual selalu menyarankan agar hp terlebih dahuli di charger selama 3-5 jam. Hal tersebut berguna untuk menjaga tingkat ketahanan daya baterai. Oleh karena itu, jangan diabaikan anjuran tersebut.

Tidak Menggunakan Charger Ori

Hal yang sering kali diabaikan oleh pengguna ponsel adalah menggunakan charger sembarangan. Padahal, hal ini memicu terjadinya beterai hp cepat habis. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, setiap charger memiliki ukuran ampere yang berbeda. Oleh karena itu, setiap ponsel baru selalu memiliki charger sendiri karena sudah disesuaikan dengan kapasitas.

Sering Terburu Mencabut Charger Sebelum Baterai Full

Apakah kalian pernah mencharger hp dan tidak lama kemudian mencabutnya karena terburu hendak pergi? Tanpa kalian sadari, hal ini ternyata bisa menyebabkan baterai hp cepat habis jika dilakukan secara terus menerus. Oleh karenanya, alangkah lebih baik jika mencharger hp sebelum bepergian agar tidak terburu-buru.

Terlalu Sering Membiarkan HP Ngedrop

Beberapa orang mungkin lebih suka membiarkan hpnya mati secara tiba-tiba alias ngedrop. Padahal, hal ini sangat berbahaya jika diteruskan. Baterai hp yang sering ngedrop mampu menjadi penyebab cepat habisnya baterai. Oleh karena itu, jika daya baterai sudah di bawah 20% segera matikan dan charger sampai full.

Menggunakan HP Untuk Bermain Game, Telepon hingga Video Call Sambil Dicharger

Tanpa disadari, para pecandu hp kebanyakan sering menggunakan hp saat sedang dicharger. Parahnya, sambil dicharger digunakan untuk bermain game, telepon maupun video call. Padahal, hal tersebut bisa memperpendek umur baterai hingga menyebabkan kerusakan komponen ponsel lainnya.

Inilah Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis dengan Mudah

Setelah mengetahui berbagai penyebab yang menjadi pemicu baterai hp cepat habis, kini kalian harus tahu cara memperbaikinya. Selama baterai hp kalian masih bisa berfungsi segera saja tangani agar tidak berdampak pada kerusakan parah. Apalagi jika baterai hp kalian bertipe baterai tanam, pasti harganya sangat mahal. Untuk mempersingkat pembahasan, ini dia caranya:

Matikan Semua Fitur yang Tidak Dibutuhkan

Cara memperbaiki baterai ponsel yang pertama adalah dengan mematikan semua fitur yang tidak dibutuhkan. Seperti misalnya, GPS, WIFI, bluetooth dan lain sebagainya. Jangan sering menghidupkan semua fitur kecuali saat penting. Pasalnya, beberapa fitur yang ada di dalam ponsel membutuhkan daya baterai tinggi.

Setting Pencahayaan Agar Tidak Terlalu Terang

Selanjutnya, kalian harus mengatur pencahayaan layar ponsel agar tidak terlalu terang. Matikan saja pencahayaan otomatisnya agar baterai kalian tidak cepat habis. Selain itu, pencahayaan layar ponsel yang terlalu terang bisa merusak mata jika kalian tidak menggunakan kacamata antiradiasi.

Usahakan Tidak Terlalu Sering Menggunakan Mode Vibrasi/Getar

Apabila kalian sedang tidak di dalam ruangan, sebaiknya matikan mode vibrasi di ponsel. Gunakan saja nada dering dengan volume rendah atau mode diam. Tanpa disadari, mode vibrasi/getar memicu cepat habisnya baterai.

Gunakan Wifi

Cara memperbaiki yang selanjutnya adalah kalian bisa menggunakan wifi saja. Namun, caranya kalian harus menggunakan mode pesawat terlebih dahulu, kemudian baru nyalakan wifinya. Mode pesawat bisa membantu ponsel kalian untuk menghemat baterai dan ini sangat berguna jika kalian dalam perjalanan. Apabila tidak mendapatkan jaringan wifi, matikan saja ponsel kalian.

Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Terakhir, kalian bisa mematikan live wallpaper. Pasalnya, live wallpaper membutuhkan daya baterai tinggi. Memang, live wallpaper terlihat lebih bagus dan cantik sehingga membuat tampilan hp tidak membosankan. Namun, jika dipasang secara berkepanjangan bisa membuat baterai hp cepat habis. Bagaimana, apakah kini kalian sudah mendapatkan jawabannya?

Pembahasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis di atas, apakah cukup menjadi informasi kalian? Jika sudah, segera saja lakukan berbagai cara di atas agar baterai hp kalian tidak cepat habis lagi. Pastikan juga menjaga penggunaan ponsel dan jangan terlalu overtime dalam menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Related Posts