T15.22

Daftar Film Pendek Indonesia yang Paling Keren Harus Tonton!

Film Pendek Indonesia Terbaik - Menonton film di rumah adalah kegiatan hiburan yang sangat mengasyikkan di tengah anjuran pemerintah soal sosial distancing.  Selain drama Korea, kini film pendek juga sangat di gemari masyarakat Indonesia. Apalagi saat ini bamyak bioskop yang telah ditutup, sehingga banyak orang mengobati kerinduan mereka dengan menyaksikan film pendek.

Film pendek sendiri memiliki durasi singkat, dengan alur yang padat serta banyak memberikan pelajaran atau motivasi yang bisa di ambil. Tidak pendek Indonesia sendiri tidak kalah keren dengan film pendek luar negeri. Kini banyak generasi muda Indonesia yang membuat karya film pendek keren hingga mendapatkan penghargaan baik secara nasional maupun Internasional.

Film pendek indonesia terbaik motivasi

Berikut Daftar Film Pendek Indonesia yang paling keren yang paling keren yang bisa kalian tonton di akhir pekan bersama teman maupun keluarga:

  •  Tilik 

Tilik adalah film yang di produksi tahun 2018 dan di sutradai oleh Wahyu Ageng Prasetyo. Film ini sangat viral dengan jargonnya bu tejo yakni "dadi wong ki mbok sing solutif.. (jadi  orang itu harus solutif)". Film ini mengisahkan perjalanan ibu-ibu yang hendak menjenguk bu lurah ke rumah sakit dengan mengendarai truk. 

Sepanjang perjalanan yang mereka tempuh, para ibu-ibu ini membicarakan tentang sosok yang bernama Dian. Berbagai dugaan dan spekulasi tentang dian di bicarakan oleh ibu-ibu, dan yang terlihat paling antusias ialah sosok bu tejo.

Film tilik sendiri menggambarkan kisah realita masyarakat Indonesia. Film ini berhasil  memenangkan penghargaan di tingkat nasioanl dan internasional yakni Film Pendek Terpilih di Piala Maya di 2018, Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018, dan Official Selection World Cinema Amsterdam tahun 2019

  • Anak Lanang

Salah satu film yang tak kalah keren buatan Wahyu Agung Prasetyo ialah film yang berjudul Anak Lanang. Film ini mengisahkan empat anak laki-laki SD yang baru saja pulang sekolah dan naik satu becak. Mereka saling membicarakan banyak hal dengan aksen bahasa Jawa.

Membicarakan kehidupan sehari-hari mereka dengan sedikit ada perdebatan di antara mereka. Sama halnya dengan Film Tilik, film Anak Lanang berhasil meraih penghargaan Outstanding Achivemen dalam Indonesia  Film Festival Australia ke 14.

  • Lemantun

Lemantun memiliki arti lemari/almari. Sesuai judulnya film ini menceritakan tentang almari tua yang di wariskan oleh seorang ibu kepada anak-anaknya.Film ini memiliki alur pendek dan durasi singkat namun bisa membuat  tersenyum dan juga terharu. 

Berbagai prestasi yang berhasil di raih oleh film lemantun ialah tampil di JAFF tahun 2014, serta meraih penghargaan film fiksi terbaik terbaik XCU Short Film Festival 2015,pilihan juri Indonesian Motion Picture Associations (IMPAS) dan juri resmi festival. Sangat recomended untuk di tonton bersama keluarga di rumah.

  • Natalan

Film ini di produksi Tahun 2015 dan di sutradari oleh Sidharta Tata. Natalan mengisahkan sorang anak laki-laki bernama Reanu. Film ini memiliki kisah haru yakni tentang kerinduan seorang anak kepada ibuknya dan begitu juga sebaliknya. Reanu berjanji akan merayakan misa Natal bersama ibunya di Yogyakarta. 

  • Unbaedah

Film keren berikutnya ialah film yang memiliki judul unbaedah. Film ini di sutradarai oleh Iqbal Ariefurrahman yang juga di perankan oleh Siti Fauziah bu Tejo.Mengisahkan tentang seorang ibu yang suka mengambil jatah nasi berkat tetangganya. Sehingga tetangganya sering tak menerima bagian.

Hingga terjadilah teror yang menimpa keluarga Baedah. Film ini bisa kalian tonton karena mengandung pesan yang tak kalah menarik dari film lainnya. Berisi cerita teguran kecil yang tidak membosankan tapii bisa mengingatkan bahwa hal tersebut adalah salah. Karena alur dan ceritanya yang bagus serta mengandung pesan moral film Unbaedah berhasil menjadi film favorit Anti Corruption Film Festival 2019 yakni Festival Film yang di selenggarakan oleh KPK.

  • Asa

Satu lagi film pendek yang juga tak kalah keren ialah Asa yang di sutradarai oleh Loe Loe Hendra. Cerita ini sangat akrab dengan remaja saat ini tepi mengandung pesan yang sangat menyentuh. Asa mengisahkan tentang seorang remaja SMU yang bernama Sinta. Ia Memiliki Pacar yang di kenalanya melalui media sosial Facebook.

Sinta di hamili dan di tinggalkan oleh pacarnya,  Tak di sangka pacarnya tersebut sudah memiliki anak dan istri. Belum cukup sampai di situ, pacarnya tersebut mengunggah video persetubuhan mereka di Facebook. Akibatnya sinta di keluarkan dari sekolah. Film yang memberikan pesan bahwa kita harus selalu berhati-hati saat berkenalan di soaial media.

Film Pendek Indonesia yang Mendapatkan Penghargaan Baik Nasional maupun Internasional 


  • Nilep

Salah satu film menarik lain yang bercerita tentang anak-anak ialah Nilep. Mengisahkan mengenai anak-anak yang sedang berkumpul di pos kampling. Tak lama kemudian, seorang penjual mainan lewat. Salah satu di antara anak-anak tersebut telah mencuri mainan tanpa diketahui oleh sang penjual. Melihat temannya mencuri, anak-anak tersebut berdebat dan saling menyalahkan satu sama lain. Film ini  sangat seru untuk di tonton.

Film Nilep juga berhasil meraih prestasi di bamyak penghargaan baik Nasional maupun Internasional, di antaranya Pemenang Film Pendek Favorit di Movie festifval Kantor Pos Indonesua 2015, Film Aksi Pendek Terbaik di Accfest 2015, Film Pilihan Juri di Accfest KPK 2015, Dilm Fiksi Pendek Terbaik Kategori Drama/Komedi Pilihan Juri di XXI Short film Festival 2016 dan masih banyak lagi.

Itu Dia daftar Rekomendasi Film pendek Indonesia yang paling keren bisa kalian tonton bersama teman dan keluarga. Film-Film tersebut di jamin seru karena sudah mendapatkan banyak prestasi dan penghargaan. Untuk menontonnya anda bisa searching di Youtube. Selamat Menonton.

Related Posts