T08.40

Rekomendasi Tempat Wisata Kebun Teh Jember, Harga Tiket, dan Rute


instagram @torao431

Kebun Teh Jember - Jember merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang banyak dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara. Apalagi tempat wisata kebun teh Gunung Gambir.  Apakah kalian sudah pernah berkunjung ke tempat wisata ini? Jika belum, maka saya akan memberikan mengulas tempat wisata ini agar kalian memiliki referensi dan gambaran sebelum berkunjung.

Selayang Pandang Kebun Teh Gunung Gambir di Jember

Kebun teh Gunung Gambir ini terletak di kawasan desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember. Agrowisata ini dulunya hanya berupa perkebunan teh yang dikelola Belanda sejak tahun 1918. Kemudian, pasca Indonesia merdeka, terdapat upaya nasionalisasi aset, hingga menjadikan perkebunan ini dikelola PT. Perkebunan Nusantara XII sampai sekarang.

Sejak pertama kali dikelola oleh Indonesia, kebun teh ini memang tidak seberapa terkenal, pasalnya orang-orang hanya menganggap kebun teh biasa. Padahal, kebun teh ini sangat sejuk dan mampu menyegarkan diri jika dikunjungi disaat penat. Setelah melalui proses panjang, akhirnya kebun teh ini terus dikelola agar mampu menarik wisatawan.

Hingga kemudian, pihak perkebunan mengembangkan destinasi wisata ini menjadi beberapa bentuk. Diantaranya adalah air terjun, kolam renang, perkebunan dan masih banyak lagi. Adanya hal ini tentu saja membuat wisatawan perlahan-lahan tertarik untuk mengunjungi tempat agrowisata ini. Apalagi letaknya berada di Gunung Gambir, Jember dan sekitar 48 km dari pusat kota.

Bagi kalian yang mungkin belum pernah datang ke Jember dan ingin mengunjungi destinasi wisata ini, pasti bertanya-tanya perihal jalurnya, kan? Jangan khawatir! Pasalnya, saat ini akses jalan menuju kebun teh Gunung Gambir Jember sudah mudah dilalui. Namun, jangan heran apabila nantinya kalian akan melewati jalur makadam alias bebatuan besar, sebab lokasinya memang berada di perkebunan.

Apa Saja yang Bisa Dinikmati di Kebun Teh Gunung Gambir Jember?

Setelah menempuh perjalanan panjang demi sampai di kebun teh Gunung Gambir Jember, rasa lelah kalian akan terbayarkan. Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 10.000,00.- per orang dan biaya parkir Rp 2000,00.- untuk motor roda dua, sedangkan Rp 5000,00.- untuk mobil, kalian sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di sana. Apa saja? Ini dia!

  • Gazebo

Saat kalian merasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh, silahkan melepas penat di gazebo yang sudah disediakan. Gazebo ini ukurannya jauh lebih tinggi daripada tanaman teh sekitar 1-2 meter. Setibanya di gazebo ini kalian bisa merenggangkan otot-otot dan melepas lelah sembari memandangi hamparan tanaman teh yang hijau.

Tidak hanya itu, apabila kalian datang bersama keluarga biasanya pasti membawa bekal sendiri, kan? Nah, di gazebo ini kalian bisa menyantap makanan yang kalian bawa sendiri sembari menghirup udara segar. Akan tetapi, jangan lupa untuk membersihkan bungkus dan sisa makanan yang sudah dimakan, lalu buang di tempat sampah. Ingat, jangan sampai mengotori area wisata, ya?!

  • Melintasi Jembatan Diantara Hamparan Kebun Teh

Setelah tubuh merasa tenang dan rileks, kalian harus mencoba untuk melintasi jembatan panjang yang membentang di antara hamparan tanaman teh. Selama melintasi tanaman ini, kalian bisa berpose dan berfoto ria. Tetapi, jangan sampai kalian memetik daun teh yang ada di sekitar, ya? Mengapa? Sebab nantinya kalian bisa mendapat teguran dari pihak pengelola perkebunan.

Jembatan yang membentang panjang ini terbuat dari kayu yang kokoh dan sedikit lebih tinggi dari tanaman teh. Sehingga, kalian bisa menikmati pemandangan hijaunya daun-daun teh yang menghampar luas dan menyejukkan mata. Apalagi jika sembari berjalan kalian menutup mata dan menghirup dalam-dalam aromnya tehnya. Wah, dijamin langsung merasa rileks!

  • Kolam Renang

Selain jembatan dan kolam renang, kalian juga menikmati kolam renang yang tersedia di kebun teh Gunung Gambir ini. Sekalipun kolam renangnya buatan, sensasi dingin dan segar tetap bisa kalian rasakan. Jangan lupa untuk membawa baju ganti dan mempersiapkan segala kebutuhan jika memang ingin berenang di kolam renang ini.

  • Air Terjun Rengganis

Apabila tidak ingin berenang di kolam renang buatan, kalian bisa beralih ke spot berikutnya. Apakah itu? yakni Air Terjun Rengganis. Air terjun ini sangat indah dan cocok sekali dinikmati bagi wisatawan pecinta alam. Kalian bahkan bisa bermain air di sini tetapi tidak boleh mandi, ya? Apakah air terjun ini sama dengan air terjun pada umumnya?

Tentu saja, namun yang membuat berbeda adalah kalian bisa menikmati dinginnya air terjun sembari menghirup aroma wangi teh. Bahkan, tidak jarang air terjun ini banyak dijadikan spot untuk event prewedding karena viewnya sangat indah. Namun, tentu saja harus mendapatkan persetujuan dari pihak pengelola jika memang ingin menjadikan lokasi ini untuk prewedding.

  • Bumi Perkemahan

Terakhir, bagi kalian yang ingin mengadakan acara kemah bersama teman-teman maupun keluarga, maka kebun teh ini menyediakan fasilitasnya. Bumi perkemahan alias bumper yang ada di Gunung Gambir Jember ini memiliki view yang sangat indah. Sehingga, kalian tidak perlu membuang tenaga untuk mendaki ke atas gunung.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kalian semakin yakin untuk berkunjung ke kebun teh Gunung Gambir, Jember? Jangan lupa mengajak seluruh keluarga untuk menghabiskan waktu liburan di tempat ini. Pasalnya, masih ada banyak fasilitas lain yang akan seru dinikmati bersama keluarga. Pastikan juga kalian membawa smartphone ataupun kamera untuk mengabadikan momen selama liburan!

Related Posts