T23.21

Pengertian Kalimat Kompleks Lengkap Beserta Contoh dan Penjelasannya

Kalimat Kompleks adalah

Kalimat Kompleks - Ruang lingkup kehidupan pasti tidak akan pernah terlepas  dari susunan kata, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu keilmuan untuk menyusun pola berkalimat yang baik. Hal tersebut tidak lain adalah untuk memudahkan manusia dalam berkomunikas menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Berbicara mengenai sususan kalimat, sebenarnya ada beberapa susunan kalimat yang salah satunya adalah kalimat kompleks. Adanya perbedaan tersebut tentu untuk memudahkan seseorang dalam menyelesaikan segala kepentingan yang terpaut dengan bahasa. Seperti misalnya membuat surat, menulis novel dan masih banyak lagi.

Apa Itu Kalimat Kompleks?

Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks adalah sebuah kalimat yang memiliki lebih dari satu predikat utama. Serta, memiliki struktur maupun pola kalimat yang berbeda. Kalian harus tahu bahwa kalimat kompleks memiliki dua struktur kalimat yang digabungkan dengan konjungsi (kata hubung), tanda koma atau bisa juga tidak perlu menggunakan keduanya.

Sebenarnya tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari kita sudah banyak menggunakan kalimat kompleks untuk berkomunikasi. Hanya saja, masih sedikit orang yang bingung jika diminta untuk membuat maupun menjelaskan makna dari kalimat kompleks itu sendiri. Sehingga, tidak heran jika nilai mata pelajaran bahasa Indonesia di jenjang sekolah cenderung di bawah rata-rata.

Inilah Contoh Kalimat Kompleks Serta Penjelasannya


Apabila kalian masih belum juga paham mengenai bentuk kalimat kompleks, jangan terburu mengklaim bahwa pelajaran Bahasa Indonesia itu rumit. Pasalnya, kini kalian sudah bisa mempelajari berbagai contoh kalimat kompleks yang lengkap dengan penjelasannya. Beberapa diantaranya ada di bawah ini:

1. Kalimat Komplek Parataktik

Kalimat kompleks dibagi menjadi dua. Pertama, adalah kalimat kompleks parataktik. Kalimat ini memiliki dua struktur pola yang memiliki makna sejajar. Pada umumnya,  kalimat kompleks paratatik menggunakan kata hubung berupa dan, lalu, hanya, tetapi maupun atau. Adapun contohnya adalah sebagai berikut:

  • Rion membeli sepeda baru dan ia sangat mahir dalam menaikinya

Penjelasan:
Apabila kalian amati, kalimat di atas memiliki dua pola yang pemaknannya sejajar. Sekalipun jika dibaca sekilas terlihat biasa saja, namun ternyata ada dua kata yang maknanya sejajar. Apa saja kedua kata itu? Yakni kata “membeli” dan “menaikinya”

  • Mimi Membeli Lima Tahu Bakso dan ia Menghabiskannya Sendiri

Penjelasan:
Sama halnya dengan susunan kalimat kompleks di atas, dalam kalimat ini ada 2 kata dengan dua makna yang sejajar. Pasalnya, pada kalimat di atas terdapat dua pola predikat verbal. Adapaun makna yang sejajar ditunjukkan oleh kata “membeli” dan “menghabiskannya”

2. Kalimat Komplek Hipotaktik

Kalimat Kompleks Hipotaktik yaitu kalimat yang di dalamnya terdapat dua struktur pola yang tidak setara pemaknaannya. Lantas, bagaimana memahami dan mengetahui perbedaan antar kedua kalimat ini? Kalian tinggal melihat kata hubungnya.

Apabila dalam suatu kalimat menggunakan kata hubung berupa jika, apabila, karena dan ketika maka sudah dipastikan bahwa itu adalah kalimat hipotatik. Apabila kalian masih belum cukup paham, maka silahkan memahaminya melalui contoh di bawah ini:

  • Fabiyan sedang melipat baju ketika Maudy mendatanginya di rumah

Penjelasan:
Berdasarkan kalimat yang ada di atas, kalian bisa melihatnya bahwa kalimat tersebut bertingkat. Hal itu ditunjukkan dengan adanya dua peristiwa yang terjadi. Penunjukannya yakni dari klausa 1 dan 2. kedua klausa itu dihubungkan dengan konjungsi (kata hubung) “ketika”. Sehingga, membentuk sebuah kalimat kompleks yang hipotatik.

Sehingga, peran dari konjungsi adalah sebagai penjeda antara klausa satu dengan klausa dua. Oleh karena itu, dalam satu kalimat dapat dijelaskan bahwa terdapat dua kegiatan maupun kejadian yang sedang berlansung sekaligus dalam satu waktu.

Bagaimana, tidak sulit bukan untuk memahaminya? Itulah beberapa contoh Kalimat kompleks yang dilengkapi dengan penjelasan. Apabila kalian merasa kurang puas dengan contoh yang di sajikan di atas, maka kalian bisa mencari referensi tambahan. Untuk memudahkan diri membuat kalimat kompleks, baiknya banyak-banyak membaca dan mengalisis suatu bacaan maupun teks. Sehingga, dengan demikian kalian bisa jauh lebih cepat memahimya.

Related Posts

There is no other posts in this category.