T06.51

RESMI! Bank Syariah Indonesia Mulai Beroperasi 1 Februari 2021

Logo Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia (BSI) - Kabar gembira datang dari sektor perbankan syariah, yakni PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) resmi mulai beroperasi pada 1 Februari 2021. Izin Otoritas Jasa Keuangan sudah dikantongi, berdasarkan surat nomor SR-3/PB.1/2021

PT Bank Syariah Indonesia Tbk merupakan gabungan dari 3 Bank Syariah Terbesar di Indonesia, yakni PT Bank BNI Syariah, PT Bank BRI Syariah Tbk, dan PT Bank Syariah Mandiri yang ketika digabungkan akan menjadi bank syariah terbesar di Indonesia dengan total aset mencapai Rp214,6 Triliun dan menjadi Bank BUKU 3 dengan modal inti sebesar Rp20,42 Triliun.

Kepemilikan saham Bank Syariah Indonesia yakni sebesar 51,2% akan dimiliki oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., kemudian 25% dimiliki PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., 17,4% milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., DPLK BRI-Saham Syariah sebanyak 2%, dan 4,4% adalah bagian investor publik

AKAN MASUK 10 BESAR PERBANKAN SYARIAH TERBESAR DI DUNIA

Bank Syariah Indonesia
Nilai total aset Bank Syariah Indonesia pada 2025 mendatang diperkirakan mampu menyentuh angka Rp390 Triliun, tentu selain menjadi bank syariah terbesar di Indonesia, juga mampu menunjukkan "taring" nya di kancah Internasional, yakni mampu mencapai peringkat Top 10 Global kategori Perbankan Syariah Terbesar di dunia. Berdasarkan data yang dirilis The Asian Banker, Bank Syariah Indonesia akan memiliki total aset mencapai 26,44 miliar USD, yang mana melebihi dari total aset Bank Rakyat asal Malaysia sejumlah 25,85 miliar USD.

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, Bank Syariah Indonesia akan ditargetkan memiliki 1.200 cabang di seluruh Indonesia dengan 1.700 ATM. BSI akan melakukan relokasi kantor cabang ketiga bank tersebut, agar kelak mampu menjangkau lebih luas.

"Saat ini jika digabung ketiga bank tersebut punya 268 kantor cabang, dan 852 kantor cabang pembantu, serta 1.785 ATM" Jelas Hery Gunardi, selaku ketua Project Management Office Integrasi dan Peningkatan Nilai Bank Syariah BUMN sekaligus Direktur Utama Bank Mandiri Syariah, dilansir dari kontan.co.id

Pada Selasa (19/1) Hery menyatakan akan mempertahankan satu platform mobile banking dari ketiga bank tersebut, yang selanjutnya tinggal menambahkan fitur-fitur tambahan seusai kebutuhan nasabah.

3 sektor yang menjadi fokus BSI yakni : Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), retail, dan wholesale syariah. Adanya BSI, merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan dan memperkuat sektor keuangan syariah di Indonesia. Diharapkan, dengan adanya Bank Syariah Indonesia, juga mampu memperkuat posisinya sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia.

Related Posts