Sabtu

SabtuT21.22

Teks MC Acara dan Seminar Formal 2021

Teks MC formal - Menjadi seorang Master of Ceremony (MC) memang bukan hal mudah. Apalgi bagi kalian yang baru pertama kali mendapatkan kesempatan ini. Ada banyak teknik dan hal-hal lain yang harus dipahami lebih dahulu sebelum membuka suara di microphone depan publik. Pasalnya, seorang MC menjadi titik utama berlangsungnya acara dari awal hingga akhir.

Mulai dari ujung kepala sampai kaki, seorang MC maupun pembawa seminar akan menjadi sorotan khalayak. Oleh karena itu, kalian harus mengutamakan style, penampilan, raut wajah hingga intonasi suara saat membawakan teks. Segala laku dan gerak-gerik seorang MC maupun pembawa acara seminar akan dinilai.

Berbicara mengenai teks MC dan seminar formal, bagi Anda yang masih pertama kali menggeluti bidang ini, pasti bingung bukan? Kalian pasti ingin menyampaikan teks terbaru di tahun 2021 agar tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Apabila kalian merasa kebingungan bagaimana menyusun teksnya, berikut ini saya berikan contohnya.

Teks MC Acara Terbaru Tahun 2021

Seorang Master of Ceremony (MC) untuk sebuah acara bisa dibilang cenderung lebih mudah dibawakan. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, MC acara tidak terlalu resmi dan biasanya hanya menyampaikan salam pembuka, menyampaikan rangkaian acara dan sesekali berinteraksi dengan audience saat terjadi kendala saat acara berlangsung.

Sebagaimana diketahui, tidak semua orang bisa melakukan improvisasi dengan lihai dan lancar. Perlu adanya latihan dan kebiasaan agar saat improvisasi tidak terlihat mengada-ada. Namun, yang lebih penting adalah perihal sususan teks MC acara yang paling utama. Bagaimana isi teksnya? Berikut ini saya contohkan.

Assalamualaikum Wr. Wb, Bismillahirrohmannirrohim
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Sebelum memasuki acara, baiknya kita yang hadir dalam kesempatan kali ini memanjatkan syukur dan berterima kasih kepada Tuhan, karena telah memberikan kesehatan kepada kita. Sholawat dan salam juga senantiasa dicurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW.

Yang Terhormat (isi dengan nama lengkap orang paling berkedudukan tinggi dalam acara tersebut)

(Pendiri atau kepala yayasan)

(Staff dan seluruh jajaran yang ada di tempat)

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya (sebutkan nama panggilan kalian) sangat berterima kasih karena telah diberi kesempatan untuk membawakan acara.

Baik, daripada mengulur waktu terlalu lama, saya akan mulai membacakan peraturan yang harus dipatuhi selama acara berlangsung. Adapun peraturannya adalah sebagai berikut:

Selama acara berlangsung, audience dilarang mengeluarkan suara

Audience dilarang meninggalkan ruangan sebelum acara selesai

Apabila ingin meninggalkan ruangan, bisa memohon izin ke bagian sie acara yang berada di sebelah barat

Baik, selanjutnya saya akan membacakan susunan acara yang akan berlangsung pada hari ini. Adapun diantaranya:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
  3. Sambutan-sambutan
  4. Acara Inti
  5. Waktu Istirahat
  6. Siraman Rohani
  7. Penutup

Iya, tidak terasa waktu terus berlalu, untuk itu sekarang waktunya untuk membuka acara seminar dengan bacaan ayat suci Al-Qur’an. Kepada yang bertugas, waktu dan tempat kami persilahkan.

Subhanallah, sungguh indah ayat-ayat-Nya, semoga apa yang dibacakan mampu kita resapi maknanya dan mampu menjadi pembuka yang baik untuk acara ini.

Selanjutnya, kita akan menyimak sambutan dari orang yang memiliki peran penting dalam pelaksaan acara ini, yakni Bapak/Ibu (sebutkan nama). Kepada beliau, waktu dan tempat kami persilahkan.

Terimakasih atas sambutannya. Untuk sambutan berikutnya akan disampaikan oleh bapak/ibu (sebutkan nama), waktu dan tempat kami persilahkan.

-Ulangi sampai sambutan selesai disampaikan oleh seluruh pihak yang berkewajiban menyampaikan sambutan-

Terima kasih atas sambutan yang sudah disampaikan, saat ini waktunya kita memasuki acara inti yang menjadi puncak acara. Untuk acara inti, akan saya serahkan kepada MC non formal yang bertugas. Kepada saudara/saudari (sebutkan nama) saya persilahkan.

Alhamdulillah, kini seluruh audience bisa menikmati waktu istirahat selama 10 menit. Silahkan menikmati hidangan yang sudah kami sediakan. Sembari menunggu waktu seminar dimulai kembali, saya ingin sekedar mengobrol bersama salah satu audience terkait acara yang sedang berlangsung hari ini.

(berjalan mendekati salah satu audience yang tidak sibuk)

Nah, audience yang satu ini begitu lahap menikmati santapannya. Kalau boleh tau siapa ya namanya? (berbincang-bincang dengan audience untuk mencairkan suasana)

Baik, waktu istirahat telah berakhir, saat ini kita akan memasuki acara berikutnya yakni siraman rohani yang akan disampaikan oleh, (sebutkan nama). Waktu dan tempat, dipersilahkan.

Semoga siraman rohani yang sudah disampaikan baru saja bisa menjadi telaah untuk diri sendiri. Acara tersebut sekaligus menjadi penutup perjumpaan kita pada hari ini. Semoga dilain waktu kita bisa kembali berjumpa dalam kesempatan yang berbahagia.

Selaku pembawa acara, saya (sebutkan nama) pamit undur diri, Wassalamualaikum Wr. Wb.

(meninggalkan tempat) 


Teks Seminar Formal 2021

Sebuah teks juga sangat dibutuhkan untuk acara seminar formal. Pasalnya, teks seminar formal cenderung menggunakan bahasa baku, artinya kalian tidak boleh menggunakan intonasi seperti MC acara biasa. Berdasarkan penampilan, kalian juga harus mengenakan pakaian formal, seperti misalnya jas maupun kemeja berdasi. Berikut ini contoh teksnya.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi untuk kita semua.

Rasa terimakasih kita ucapkan pada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberi berkah dan rahmat, sehingga dapat berkumpul untuk acara yang kita tunggu, yakni adalah Seminar Nasional tentang Bahaya Narkoba.

Sebelum itu, saya ingin menyambut (sebutkan nama) dan rombongannya dari Badan Narkotika Nasional.

Selamat datang di Tn. Kapolda Kota Pasuruan

Selamat datang di Tn. (sebutkan nama), dokter rumah sakit di bidang obat-obatan.

Sekali lagi terima kasih atas kehadiran Anda.

Hadirin sekalian, sebelum kita memulai acara ini, mari berdoa bersama sesuai keyakinan masing-masing, semoga Tuhan membuat acara ini bermanfaat bagi kita semua, dan acara ini bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Berdoa, dimulai …

Berdoa Selesai


Hadirin sekalian, sebelum memasuki program utama, saya akan membaca rangkaian acara pagi ini. adapun serangkaian acara tersebut adalah sebagai berikut:

Pembukaan

Pengumuman ketua

Seminar Terkait Narkoba yang dipimpin oleh Bpk (sebutkan nama)

Seminar tentang risiko penyebaran obat-obatan oleh Bpk (sebutkan nama)

Sebuah seminar tentang bahaya penyalahgunaan zat untuk kesehatan – (sebutkan nama yang menyampaikan).

sesi tanya-jawab

Kesaksian dari mantan pecandu narkoba.

Berjanji untuk melawan narkoba

Doa dan penutup

Contoh teks MC acara dan seminar formal terbaru di tahun 2021 yang sudah saya tuliskan di atas, bisa kalian improvisasi sendiri. Gunakan bahasa baku dan jangan terlalu sering melihat teks. Untuk melancarkan penyampaian, baiknya banyak-banyak mencari tips agar tidak gugup saat berbicara di depan microphone. Usahakan untuk rileks, atur pernapasan dan berlatih sejak jauh-jauh hari.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi