T08.37

Jurnal.id VS Simply, Mana Software Akuntansi Terbaik?

Jurnal.id VS Zahir Simply

Artikel kali ini akan membahas tentang software akuntansi yang populer dikalangan penggunanya yakni Simply dan Jurnal.id. Tingginya pengguna membuat topik ini menarik untuk dikaji. Poin penting lainnya adalah alasan mengapa kedua software ini popular kemudian adanya review dari pengguna menjadi faktor penunjang aplikasi ini.

Perbandingan kedua aplikasi ini selain didasari oleh banyaknya pengguna, maraknya iklan sosial media tentang kedua software akuntansi ini membuat seseorang yang tidak memiliki background akuntansi turut melihat bahkan mencoba, hingga tidak menutup kemungkinan kedua software ini semakin eksis. Baik Simply maupun Jurnal.id pasti memiliki sisi plus dan minusnya masing masing lantas lebih nyaman yang mana?

Apa sih Simply dan Jurnal.id itu ?

Sebelum kita membahas Simply vs Jurnal.id alangkah baiknya kita kenalan dulu dengan kedua software tersebut, secara rekam jejak lebih berpengalaman yakni selama 20 tahun menduduki posisi software akuntansi yang eksis di Indonesia. Bahkan pengguna Simply menyebar hingga Malaysia, Singapura hingga Australia. 

Data pengguna Simply dapat dilihat pada official website zahiraccounting.com atau zahironline.com. Sedangkan Jurnal.id adalah kebalikannya, Jurnal.id tergolong baru dikalangan software akuntansi. Walaupun tergolong baru, Jurnal.id memiliki keunggulan yakni teknologi could sehingga mereka cukup diperhitungkan ditambah rekam digital mereka yang termasuk agresif. 

Hingga pada akhirnya software sejenis yang lebih dulu eksis lama kelamaan tenggelam. Selain Simply yang eksis terdapat software yang tergolong pemain lama yakni Accurate dan juga Myob namun perlahan menghilang dengan adanya Jurnal.id. Review dilakukan dengan membandingkan Simply versi Simply dan Jurnal.id versi Stater. 

Jurnal.id memang kalah saing karena tidak memiliki versi desktop seperti Simply Accounting. Namun Jurnal.id memiliki keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh Simply yakni fitur cloud. Dimasa pandemic covid 19 ajaknya fitur2 penyimpanan online atau cloud akan banyak dicari dan di gunakan oleh kaum milenial karena teknologinya yang accessable.

Ketika pertama kali buka aplikasi ini kita disuguhkan oleh tampilan yang berisi poin poin untuk membuat data baru perusahaan. Seperti halnya ketika kita akan membuat usaha, dalam aplikasi ini juga terdapat pemilihan bidang usaha yang cukup banyak jenisnya. Pemilihan bidang usaha ini nantinya akan langsung terhubung pada bagian penentuan data akun, kedua software ini memiliki kemudahan untuk opsi tambah akun, edit dan juga hapus.

Perbandingan Jurnal.id VS Simply

Saat kita menggunakan software, pastinya kita perlu software yang memiliki keunggulan lebih banyak agar dapat membantu mobilitas dan juga pekerjaan kita, apalagi terkait pembukuan dan juga bisnis, tentu harus benar benar akurat dan user friendly.

Memiliki Database Kontak

Fitur database kontak dimiliki oleh Simply, database ini berisi tentang nama atau NIM atau identitas lain. Namun pada Jurnal.id hanya terdapat Nama Panggilan yang wajib untuk diisi. Meskipun pada Jurnal,Id dapat diisi secaara numerik, namun akan tetap mengurangi efektifitas pencarian. Kemudian selain database kedua software ini sama sama memiliki fitur flrksibilitas yang bagus yakni sama sama dapat melalukan import data dari excel.

Adanya  Database Produk

Database produk sangat dibutuhkan bagi pengguna, kedua software ini sama sama memiliki fitur database produk sepertu SKU, nama dan pengelompokan dan keduanya menawarkan fitur yang mudah yakni dapat import data melalui excel. Namun jika ingin lebih teliti dapat juga dilakukan secara manual.

Memiliki Database Rekening

Bicara soal rekening, rekening merupakan hal paling penting bagi semua bidang usaha. Dimana titik akhir sebuah usaha yakni menghasilkan uang atau keuntungan. Pada kedua software ini menyediakan database rekening yang dapat diakses oleh seluruh jenis bidang usaha dan juga sangat flexible.

Pembelian dan Utang Piutang

Fitur pembayaran utang pada Jurnal.id cukup menyulitkan, namun pada software Simply .id hal ini cukup mudah dikarenakan memiliki modul khusus yang digunakan untuk pembayaran utang. Tetapi Jurnal.id memiliki keuntungan lain yakni dapat import data pembayaran melalui excel yang mana Simply tidak memiliki fotur tersebut.

Operasional

Operasional dalam bidang usaha dirasa sangat berpengaruh dimana transaksi harus benar benar akurat. Pada kebutuhan ini Simply unggul karena lebih fleksible yang mana terdapat fitur fitur yang dapat dipilih dalam transaksi operasional.

Laporan Produk

Saat  menjalankan suatu usaha tentu membutuhkan laporan produk guna mengetahui sejauh mana progress usaha tersebut. Dalam konteks ini Simply menang telak dari Jurnal,id dikarenakan pada Simply terdapat fitur laporan sekaligus analisa. Pada Jurnal.id hanya terdapat laporan ringkasan bisnis atau laporan pajak yang mana hal ini belum bisa dikatakan lengkap dibandingkan dengan laporan produk. Laporan produk akan mumpuni jika digunakan dalam ranah UMKM.

Dasbor

Dasbor atau layar beranda merupakan hal yang akan memberikan kesan pertama kepada pengguna. Adanya fitur BEP dan rasio rasio yang dimunculkan oleh Simply membuiat Simply memiliki kesan serius dalam membantu pengguna dengan menawarkan solusi yang lengkap.

Mobile Apps

Di era digital memang dibutuhkan software software yang accessable atau memiliki fleksibilitas akses perangkat lain. Kedua software ini memiliki fitur yang dapat connect dengan smartphone pengguna. Fitur yang ditawarkan adalah monitoring, input data dan juga review dasbor.

User Interface

Kenyamanan pengguna adalah nomor satu, sama halnya dengan kedua software ini yakni memiliki tampilan yang menarik dan terkesan nyaman digunakan oleh pengguna . mulai warna yang pastel dan soft hingga modul modul yang basic dan mudah dipahami.

Harga

Harga dapat menyesuaikan kebutuhan. Namun dalam hal ini Simply memiliki keunggulan yakni memberikan fasilitas yang komplit namun dengan harga yang lebih murah.

Selesai sudah pembahasan mengenai Simply vs Jurnal.id, perihal kenyamanan kembali lagi sesuai dengan kebutuhan kalian. Semua sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Semoga artikel ini membantu  Bagaimana, diantara kedua aplikasi akuntasi di atas, manakah yang akan kalian pilih nantinya?

Related Posts