T07.44

Cara Membuat Google Form untuk Absensi Murid Sekolah

Cara membuat absensi online

Cara membuat google form – Setelah pandemi menerpa terjadi perubahan sistem pendidikan yang cukup besar sehingga butuh penyesuaian dan pelatihan dengan metode terbaru. Tadinya anak-anak sekolah dengan bertatap muka, kini mereka harus melakukan sekolah dari smartphone masing-masing. 

Tentu saja hal ini diperlukan juga absensi online. Jika kalian saat ini adalah guru maka tutorial ini tentu akan sangat membantu untuk menyelesaikan masalah presensi siswa yang kalian bina. Kalian cukup membuat presensi menggunakan Google form tanpa harus membayar software tambahan.

Simak panduan Cara membuat google form lengkap berikut ini.

Cara Membuat Absensi Murid Online dengan Google Form

Cara membuat google form

1. Buka Google Form

Silahkan buka “Google Form” dengan cara searching di Google Atau langsung klik di sini

2. Buka Google Formulir

Kemudian klik Buka Google Formulir  dan jangan lupa login menggunakan akun Gmail yang kalian miliki.

3. Buat formulir

Selanjutnya kita perlu membuat formulir dengan cara klik pada tombol plus pada bagian memulai formulir baru. 

4. Beri nama absen

Lalu setelah halaman formulir muncul, rubah judul form tersebut misal menjadi “Absensi Siswa Kelas 6 SD” dan jangan lupa tambahkan keterangan pada bagian deskripsi.

5. Membuat Kolom Untk Absen

Kemudian tambah beberapa pertanyaan seperti nama, nomer absen dan status kehadiran. Untuk jenis tipe cara menjawab kalian dapat menggunakan Jawaban Singkat, Pilihan ganda, Kotak Centang, Drop Down dan lain-lain. Silahkan sesuaikan sesuai kebutuhan.

6. Buat kolom baru

Silahkan klik tombol “tambah Pertanyaan” untuk menambah kolom isian pertanyaan berikutnya. Kalian bisa tambahkan nomer abse, daftar kelas, pilihan hari dan hal-hal yang berkaitan dengan absensi

7. Buat link

Setelah semua persiapan selesai, silahkan klik pada tombol “Kirim” pada bagian pojok kanan atas. Lalu pilih bagian tengah untuk berbagi link pada menu “Kirim melalui”. Biasanya pilihan pertama kirim email, pilihan kedua berbagi link dan pilihan ketiga sematkan.

8. Absen sudah jadi

Sampai proses ini abses sudah siap digunakan. Kalian cukup membagikan link tersebut kepada murid-murid yang kalian bina. Adapun hasil isian meraka dapat kalian baca melaui menu respond yang ada pada formulir tersebut.

Sekian dulu untuk panduan Cara membuat google form semoga bermanfaat. Tidak hanya digunakan sebagai form presensi, kalian juga dapat membuat dan berkreasi dengan form yang sudah disediakan oleh Google ini secara gratis. Terima kasih


Related Posts