T21.25

Mengenal Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, Cara Mempersiapkannya

Dana Darurat
Dana darurat sebaiknya menjadi salah satu hal wajib yang harus Anda miliki. Ini sebagai investasi di masa mendatang, terlebih untuk mempersiapkan diri menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan begitu, pemilik sudah memiliki cadangan untuk dirinya dan keluarganya.

Apa itu Dana Darurat?

Dana darurat adalah dana yang disimpan seseorang untuk beberapa kondisi tertentu. Salah satunya seperti, kerusakan rumah, kecelakaan, atau bahkan ketika terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan sebuah instansi secara mendadak.

Dengan memiliki dana darurat, Anda tidak perlu khawatir bila mana di masa mendatang terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti yang tersebut di atas menimpa diri. Dana semacam ini, memang wajib selalu siap sedia kapan saja ketika dibutuhkan dan diperlukan pemiliknya.

Manfaat Mempunyai Tabungan Dana Darurat

Dalam kehidupan ini tidak hanya membuat tabungan saja yang harus Anda siapkan, tetapi juga dana darurat untuk mempersiapkan kebutuhan dalam keadaan darurat. Seperti tertimpa suatu hal yang tidak diinginkan dan terpikirkan sebelumnya. Berikut adalah manfaat memiliki tabungan uang darurat:

1. Tidak Perlu Meminjam Uang

Dalam kehidupan ada banyak jenis pengeluaran yang tidak dapat terduga dan terprediksi begitu saja. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki uang tabungan atau cadangan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk berhutang, baik itu ke teman, keluarga atau melalui aplikasi pinjaman uang 

Namun, perlu diingat bahwa berhutang juga memiliki resiko tidak terduga lainnya yang bisa membingungkan Anda dan keluarga di masa mendatang. Sebenarnya ada alternatif lain untuk menyediakan uang untuk keperluan-keperluan mendesak, yakni menyediakan dan darurat.

2. Siap dalam Menghadapi Waktu Krisis

Salah satu dari manfaat adanya dana darurat berikutnya adalah melindungi Anda dan keluarga dari krisis ekonomi, ancaman PHK, kecelakaan dan biaya rumah sakit yang naik sangat tinggi. Mempersiapkan hal ini penting untuk dilakukan agar Anda siap dalam membayar tanggungan tiba-tiba.

Apalagi, ketika terjadi krisi ekonomi atau krisis dunia seperti saat ini. Hal ini bisa berakibat tidak baik pada sumber penghasilan Anda dan keluarga. Dana darurat ini bisa dipakai sebagai penunjang kehidupan nasabahnya selama beberapa bulan hingga bertahun-tahun sampai memperoleh kerja dan gaji normal.

3. Terjaganya Finansial Anda

Selanjutnya yakni terjaganya finansial Anda dalam keadaan apapun. Selain finansial, kesehatan juga akan bisa terjamin dengan baik karena adanya simpanan dana darurat ini. Kebanyakan orang menyiapkan tabungan untuk membeli sesuatu, misalkan rumah, mobil, atau liburan keluarga.

Fungsi dari dana darurat ini untuk memastikan bahwa tabungan yang dikumpulkan oleh nasabahnya tetap terjaga dengan aman. Apalagi bila terjadi hal-hal kurang baik dan tidak diinginkan dalam kehidupan ini. Anda bisa menggunakannya untuk meringankan beban finansial keluarga.

4. Kerja menjadi Lebih Produktif

Sebagian besar orang pasti merasa tertekan dalam pekerjaan yang mereka kerjakan. Karena hanya fokus pada tanggungan juga pengeluaran tiap bulannya saja. Apalagi ditambah dengan kebutuhan hidup yang dari hari ke hari semakin naik dan bahkan akan melebihi jumlah penghasilan bulanan.

Karena hal ini juga, Anda memerlukan untuk menyiapkan dana darurat sebagai antisipasi jika hal-hal tidak diinginkan itu berdampak kepada efektifitas dan produktifitas dalam bekerja. Seseorang juga tidak perlu lagi bingung dalam memikirkan pengeluaran, karena sudah memiliki dana darurat ini.

5. Sebagai Biaya untuk Perbaikan Aset Pribadi

Aset pribadi seseorang kondisinya tidak dapat dipastikan akan baik-baik saja selamanya. Ada waktunya mobil mogok atau rumah mengalami kerusakan atau lainnya. Ada banyak kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Kondisi-kondisi buruk seperti itu terjadi tidak sesuai dengan prediksi dan perhitungan pribadi. Jadi, bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Manfaat menyiapkan dana darurat ini bisa untuk mempersiapkan Anda menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk dalam hidup.

6. Mempersiapkan Diri dalam Keadaan Buruk Apapun

Dalam kehidupan, ada banyak kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja menimpa Anda atau keluarga. Waktunya juga tidak dapat diprediksi atau ditentukan dengan pasti, Satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri dan keluarga adalah mempersiapkannya dengan sebaik mungkin.

Salah satunya yakni dengan menyiapkan dana darurat. Karena dana ini bisa dipergunakan kapan saja saat Anda membutuhkannya. Selain itu, dana darurat membantu nasabahnya untuk mengamankan tabungan yang sudah dipersiapkan sejak dulu. Dengan begitu, bisa Anda pakai pada waktu tertentu.

Tips dan Cara Mempersiapkan

Ada beberapa cara untuk menyimpan dan mempersiapkan dana pada tempat yang aman. Anda bisa menggunakan tempat terpercaya dan sudah memiliki banyak nasabah. Termasuk juga testimoni-testimoni yang baik dari mereka. Berikut adalah penjelasan menggunakan CIMB Niaga.

1. Memulainya dengan Pelan-Pelan

Ketika seseorang memutuskan untuk membuat dan mengumpulkan dana darurat, maka bisa memulainya dengan nominal kecil sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Hal paling memungkinkan dan meringankan adalah menentukan nominalnya sesuai dengan pendapatan bulanan.

Berapapun jumlah gaji Anda, sisihkan berapa rupiah untuk ditabung dalam dana darurat. Manfaatnya mungkin memang tidak akan langsung dirasakan saat ini. Tetapi suatu hari nanti ketika memang dibutuhkan. Persiapan dana darurat sifatnya yakni untuk jangka panjang.

2. Tidak Menunda untuk Menabung

Merasakan manfaat dalam menabung dana darurat memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Saat Anda sudah menentukan jumlah dana darurat untuk dikumpulkan, ada baiknya langsung memulainya saja supaya tidak tertunda lagi dalam proses pengumpulannya.

Karena perlu diingat, semakin menundanya maka akan akan semakin besar juga penyisihan uang bulanan Anda. Maka dari itu, lebih cepat waktu mengumpulkan dana itu akan lebih baik lagi. Dengan begitu, akan bisa memprediksi kemungkinan-kemungkinan di lain hari.

3. Menekan Pengeluaran Bulanan

Cara terbaik untuk dapat menabung dengan rutin adalah menekan jumlah pengeluaran harian yang tidak terlalu mendesak. Dengan menabung, Anda dapat lebih berhemat terhadap jumlah uang keluar setiap harinya. Terlebih lagi untuk keperluan tidak terlalu penting.

Semakin seseorang dapat menekan jumlah uang keluar, maka akan semakin banyak juga sisa uang yang dapat digunakan untuk menabung. Dengan begitu, manfaat menabung dana darurat tidak hanya untuk mengumpulkan uang saja, tetapi juga menghemat pengeluaran.

Contoh Rumus dan Cara Alokasi Dana Darurat

Cara untuk mengalokasikan dana darurat dengan baik dan benar memang bermacam-macam dan tergantung dengan jumlah tanggungan. Untuk orang yang masih sendiri dan belum berkeluarga atau berstatus single, sebaiknya menabung dengan gaji cukup dan jumlah seadanya.

Tetapi, bagi mereka yang telah berkeluarga dan memiliki pengeluaran lebih banyak dengan jumlah keluarga yang lebih dari 2 orang, sebaiknya lebih menyisihkan uang untuk ditabungkan dengan nominal cukup banyak. Apalagi mengingat pengeluaran lebih banyak daripada ketika masih sendiri.

Contoh:

Anda sudah berumur 25 tahun dengan gaji setiap akhir bulan yaitu Rp.5000.000. Untuk pengeluaran, hanya berkisar Rp.2.000.000 saja. Lalu berapa dana darurat yang dibutuhkan?

Rumus: Pengeluaran x 6 (Bulan)

Jadi dana yang harus dipersiapkan adalah: Rp.2.000.000 x 6 = Rp.12.000.000 

Bagi Anda yang tertarik dengan dana siaga, mungkin beberapa penjelasan di atas dapat membantu untuk memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian, manfaat, tips menabung dan rumus untuk mengalokasikan dana tersebut. Sekian informasi ini dan semoga dapat bermanfaat!

Related Posts