T09.30

Perbedaan JPG dan JPEG Pada Gambar Yang Perlu Kalian Ketahui

Perbedaan JPG dan JPEG pada gambar – Bagi kalian yang suka otak atik gambar khususnya photographer atau desainer pasti sering menyimpan gambar dengan berbagai format. Seperti JPG, JPEG, PNG, RAW , GIF dan lain-lain.

Mungkin sebagian dari kalian penasaran apa perbedaan extensi JPG dan JPEG. Karena jika kita lihat secara kasat mata maka kedua tipe extensi ini sangat mirip dan tidak terlihat bedannya. Namun kamu menemukan 5 perbedaan antara JPG dan JPEG yang bisa kalian jadikan bahan perbandingan.

Perbedaan Secara Sejarah JPG dan JPEG

Perbedaan JPG dan JPEG

Perbedaan JPG dan JPEG dari nilai sejarah. Jika kita melakukan peninjauan dari sejarahnya, JPEG (Join Photographics Expert Group) merupakan versi lama yang dikembangkan sejak tahun 1986. Versi JPEG inilah yang menjadi standart ISO pada tahun 1992 dapat mulai kenal oleh masyarakat luas. 

 Adapun Extensi JPEG penggunaan awalnya pada komputer yang menggunakan sistem operasi UNIX.

Dari Sisi Jumlah Huruf JPG dan JPEG

Apa perbedaan JPG dan JPEG

Perbedaan JPG dan JPEG berikutnya pada Era munculnya sistem operasi DOS atau Windows dan memerlukan extensi baru untuk penamaan gambar. Dimana untuk JPEG memilki 4 huruf sehingga tidak bisa digunakan untuk Windows. Akhirnya extensi dibuat extensi dengan 3 huruf yang dinamakan JPG. 

Namun pada saat ini, dimasa kita kedua extensi ini dapat digunakan karena Windows sudah sangat modern sebagai sistem operasi komputer.

Kualitas Gambar JPG dan JPEG

Perbedaan jpg jpeg

Jika kalian membuka file JPG dan melakukan save as tanpa proses editing maka kalian akan mendapati tidak ada pebedaan JPG dan JPEG secara mencolok. Namun jika kalian perhatikan lebih detail maka gambar asli dari JPG lebih terang dan jelas daripada gamar hasil save as dengan penamaan yang baru.

Hal itu juga berlaku pada format JPEG, jika kalian melakukan kompresi dari besar ke kecil dan dari kecil ke besar kalian akan mendapati hasil gambar tidak seperti semula. Tapi lebih condong sedikit gepeng seperti ada bekas tarikan. 

Meski gambar dengan kedua extensi tersebut sekilas terlihat sama. Namun saat kita merubah extensi gambar dari JPG ke JPEG dan sebaliknya akan menghasilkan gambar yang memiliki bercak-bercak. Ini dapat kalian lihat dengan melakukan  zoom pada gambar. 

Itulah 3 point penting dari perbedaan extensi JPG dan JPEG yang dapat kalian ketahui. Mungkin hal ini akan berguna saat kalian bergelut dengan dunia photography. Terima kasih

Source gambar : freepik

Related Posts