Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Apa itu Reksa Dana Pasar Uang? Kenali Keuntungan dan Resikonya

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Senin, 01 Februari 2021

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang - Bagi sebagian orang, investasi merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan kebutuhan masa depan dengan baik. Hal ini karena nilai investasi cenderung naik setiap tahun, sehingga dapat membantu meningkatkan rasio kesejahteraan ekonomi.

Salah satu investasi yang diminati masyarakat milenial saat ini, yakni investasi reksadana online pasar uang, karena memiliki tingkat resiko yang cenderung sangat rendah. Sebenarnya, apa itu investasi reksadana pasar uang? Dan bagaimana keuntungan dan resikonya? Akan saya ulas di artikel kali ini.

Mengenal Apa Itu Reksa Dana Pasar Uang

Mengenal Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang adalah produk investasi yang dikelola oleh manajer investasi untuk dialokasikan ke instrumen pasar uang berupa deposito, sukuk, SBI, dan lain sebagainya. Artinya, kita sebagai pemodal menyetorkan sebagian dana dan akan dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman.

Karena sifatnya pasar uang, jadi instrumen ini hanya bergerak di bidang nilai mata uang saja, seperti deposito. Seperti yang kita ketahui, nilai uang akan selalu meningkat dari masa-ke-masa, jadi nilai investasi kita juga akan meningkat dari tahun ke tahun.

Apa Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana Pasar Uang?

Keuntungan investasi reksadana pasar uang

Pertanyaan bagus. Saya jelaskan, bagi pemula di dunia investasi, khususnya Reksa Dana, memilih pasar uang adalah langkah yang tepat. Karena, seperti yang saya jelaskan tadi, pasar uang sangat minim resiko. Sehingga, pemula dapat beradaptasi dengan dunia investasi secara bertahap.

Tidak seperti instrumen reksadana lain misal saham, itu memiliki resiko yang sangat tinggi, ada capital-loss, sehingga saya rasa jika baru terjun nanti banyak salah mengambil tindakan bahkan takutnya ada yang merasa rugi. Jadi, dari segi resiko mending jika kalian pemula bisa memilih reksadana pasar uang.

Selain minim resiko, investasi reksa dana pasar uang juga akan mengalami kenaikan di angka 7% per tahun, jadi keuntungannya stabil di angka segitu. Cukup tinggi dibandingkan berinvestasi dengan deposito bank yang hanya 3-4% saja. Menarik, bukan?

Keuntungan lainnya, dengan berinvestasi reksa dana pasar uang, kita bisa sewaktu-waktu mengambil dana tersebut jika memang diperlukan dan dapat ditarik dengan mudah. Berbeda halnya dengan deposito bank, yang memiliki tenor (jangka waktu) sebelum bisa ditarik bersama keuntungannya sehingga dari segi efisiensi waktu, reksa dana pasar uang lebih baik dari deposito.

Tak hanya itu, dana yang disetorkan mulai dari 100 ribu rupiah saja, jadi cukup ringan kan, itulah kenapa untuk yang mau belajar reksa dana, kalian bisa memulainya dengan nominal yang terjangkau.

Kemudian, adakah resikonya?

Nah, tadi telah dibahas bahwa reksa dana pasar uang ini minim resiko. Bukan berarti tidak ada. Semua hal di dunia ini memiliki resiko, jelas. Namun, resiko di reksadana pasar uang ini sangat minim atau bahkan sangat jarang terjadi. Salah satunya bisa saja terjadi wanprestasi, atau ingkar janji salah satu pihak. Oleh karena itu, saya selalu tekankan pilihlah aplikasi investasi yang terdaftar dan diawasi OJK, untuk meminimalisir hal-hal buruk terjadi.

Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Pasar Uang?

Cara investasi reksadana pasar uang

Sama seperti reksa dana pada umumnya, kalian harus memilih dimana akan kalian taruh dana itu, apakah di Aplikasi Bibit, tanamduit, bareksa, ajaib, dan aplikasi lainnya. Kalau saya, karena masih menggunakan bibit, ya saya pakai aplikasi Bibit, karena di sana ada sistem roboadvisor yang bisa ngarahin kita untuk memilih portofolio reksa dana yang tepat sesuai tujuan investasi. Wow.

Setelah itu tinggal registrasi deh, dan isi data-data yang diminta, dan juga tinggal upload foto KTP dan nanti akan diberitahukan ketika akun sudah aktif. Mudah, bukan?

Kesimpulannya, investasi reksa dana pasar uang ini cukup fleksibel, mudah, dengan modal yang terjangkau, sehingga menjadi investasi reksadana yang cocok untuk pemula. Semoga dapat memberi manfaat. Dan jika ada pertanyaan, let me know, komen saja di kolom komentar di bawah ini. Semangat investasi untuk masa depan, kawan!

>